valkyr1
TS
valkyr1
Disebut Mahfud Tak Berwenang Swab Habib Rizieq, MER-C Klaim Punya Ahli
Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad (Ari Saputra/detikcom)

Bogor - Menko Polhukam Mahfud Md menyebut Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tes swab COVID-19, termasuk kepada Habib Rizieq. Menanggapi Mahfud, MER-C mengklaim memiliki tenaga ahli untuk mengambil sampel.

"Siapa pun boleh melakukan swab. Siapa pun punya kualifikasi. Kita punya ahli untuk melakukan swab," kata Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad di Polresta Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (30/11/2020).

Sarbini membenarkan bahwa MER-C tidak memiliki laboratorium untuk melakukan pengujian PCR usai tes swab. Tetapi dia mengatakan laboratorium yang dipercaya MER-C kredibel.

"Siapa pun pun, kita akan swab. Yang penting adalah lembaga lab (laboratorium) itu yang kredibel. Hasil kredibel itu," ujar Sarbini.

"Bukan, MER-C tidak punya laboratorium, sudah jelas, clear ya. MER-C punya laboratorium, kita nggak punya," ucap Sarbini.

Habib Rizieq dites COVID-19 oleh MER-C saat berada di RS UMMI, Kota Bogor. MER-C merahasiakan hasilnya.

"Hasilnya itu adalah rahasia. Sudah," kata Sarbini.

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan MER-C tidak punya kewenangan melakukan tes swab COVID-19.

"MER-C itu tidak memiliki laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," kata Mahfud dalam siaran langsung lewat kanal YouTube BNPB RI, Minggu (29/10) malam.

Habib Rizieq dirawat di RS UMMI sejak Rabu (25/11) lalu dan keluar dari RS UMMI pada Sabtu (28/11) malam kemarin. Habib Rizieq dites usap oleh MER-C pada Jumat (27/11) siang. Tes dari pihak MER-C ini menjadi kontroversial karena dilakukan tanpa koordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Bogor.

Mahfud Md menjelaskan, RS UMMI dan MER-C akan dimintai keterangan oleh penegak hukum. Soalnya, ada unsur ancaman pidana di kasus ini, yakni KUHP Pasal 212 dan 216 karena menghalangi petugas untuk untuk melakukan upaya penyelamatan masyarakat. Namun RS UMMI dan MER-C belum tentu bersalah.

"Jadi tidak harus dianggap dia telah melanggar UU, tetapi dimintai keterangan itu harus datang, harus kooperatif," kata Mahfud.

SUMBER


Coba elo bayangin.. Jika saat dulu Rasulullah SAW berdakwah.. dan ada yg bertanya apa buktinya kalo Rasulullah SAW itu benar2 utusan Allah SWT ?.. Rasulullah SAW menjawab : "rahasia" ..emoticon-Malu (S)

Kira2 apa yg terjadi ??.. emoticon-Malu (S)

=========================


Gerombolan kadrun 212 ini memang selalu koar2 klaim punya bukti dan ahli.. kaya d pilpres.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 30-11-2020 07:35
teamkita12jazzcoustictrac0ne
trac0ne dan 22 lainnya memberi reputasi
21
4.4K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.