ranttalkerAvatar border
TS
ranttalker
Ditambah 'Hayya Alal Jihad', Azan di Ponpes Habib Bahar bin Smith Viral di Internet
PR BEKASI - Masyarakat dibuat heboh lagi oleh unggahan rekaman video amatir yang menampilkan kumandang azan dengan tambahan "Hayya Alal Jihad".

Rekaman video amatir tersebut diunggah di kanal YouTube Qitmir Chanel pada Senin, 30 November 2020.

Sebagaimana diketahui, azan sudah biasa dikumandangkan setiap waktu sebagai pertanda masuknya waktu salat oleh umat Muslim, baik di musala maupun di masjid-masjid.

Baca Juga: Viral Ustaz Abdul Aziz Sebut Tumpeng 'Syahadat' Hindu, Putra Jokowi: Kalau Hello Kitty, Gimana?

Akan tetapi, azan yang dilantunkan oleh muazin yang disebut dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al Habib Bahar bin Smith menjadi sorotan publik karena lafaz suara azan yang ditambah dengan kalimat “Hayya Alal Jihad”.



Dalam rekaman video amatir itu, satu orang yang mengumandangkan azan atau yang biasa disebut muazin, melantunkan azan sebagaimana biasanya. Sementara itu, di belakangnya ada barisan jamaah laki-laki yang tengah berdiri bersama.

Tampak jamaah dalam sebuah ruangan di rekaman video amatir tersebut mengenakan baju Muslim berwarna putih, kopiah, serban hingga ada yang memakai gamis jubah.

Satu orang yang berada di depan jamaah itu kemudian melantunkan azan sembari memegang mikrofon. Setiap kalimat atau lafaz yang dibacakan muazin itu diulang sebanyak dua kali, sebagaimana biasa azan dikumandangkan.

Akan tetapi, orang yang melantunkan azan tiba-tiba melafalkan kalimat "Hayya Alal Jihad".

Sontak para jamaah yang berada di belakangnya mengepalkan tangan kanannya dan mengangkatnya ke atas seraya mengucapkan kembali kalimat "Hayya Alal Jihad".

Berikut lafal azan yang dikumandangkan muazin diduga dalam Ponpes Habib Bahar bin Smith tersebut.

"Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x). Asyhadu allaa illaaha illallaah (2x). Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (2x). Hayya alal jihad (2x) Hayya 'alalfalaah (2x). Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. Laa ilaaha illallaah," bunyi lantunan azan muazin tersebut dalam kanal YouTube Qitmir Chanel dengan judul 'Merinding Azan di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Pimpinan Al Habib Bahar Bin Smith', sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com pada Senin, 30 November 2020.

Dalam lantunan azan tersebut, kalimat "Hayya Alash Shalaah" yang biasanya dilafalkan dalam azan tidak dilantunkan dan dilanjutkan ke kalimat "Hayya Alal Falaah".

Ternyata video tersebut bukan yang pertama dan satu-satunya. Terdapat video lain yang serupa dengan menggantikan lafaz azan tersebut.***

https://bekasi.pikiran-rakyat.com/na...al-di-internet

1. Hadist nabi melarang kumpul2 di keramaian pas lagi musim wabah

2. Ini bisa2nya ngerubah azan.

Kaum keblinger, strike 2 kesalahan. Kalau jaman khilafah udah halal darahnya ini. Bid'ah plus ngelawan hadist.😌😌😌

HadesManes
ovgossard
GamePad
GamePad dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.