News
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc580008d9b176cc5712d53/bolehkah-tambah-adzan-dengan-jihad-ini-pendapat-mui
Ketua Majelis Ulama Indonesia periode 2020-2025, KH Cholil Nafis menjelaskan tujuan adzan yang sebenarnya. Hal ini menyikapi viral sekelompok orang yang mengubah redaksi adzan dengan tambahan kalimat ajakan jihad.
Lapor Hansip
01-12-2020 06:28

Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI

Past Hot Thread
Quote:Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ketua Majelis Ulama Indonesia periode 2020-2025, KH Cholil Nafis menjelaskan tujuan adzan yang sebenarnya. Hal ini menyikapi viral sekelompok orang yang mengubah redaksi adzan dengan tambahan kalimat ajakan jihad.

Pengasuh Pondok Pesantren Cendikia Amanah Depok ini mengatakan, adzan itu sebenarnya panggilan untuk memberi tahu waktu sholat dan melakukan sholat jamaah di Masjid. Meskipun, syariah juga menganjurjan kepada selain sholat, seperti sunnah mengadzani anak yang baru lahir atau saat jenazah diturunkan ke liang kubur.

Karena itu, menurut dia, di zaman Rasulullah SAW juga pernah dilakukan penambahan atau perubahan redaksi adzan manakala ada udzur yang menghalangi masyarakat untuk sholat di Masjid, seperti hujan deras dan angin kencang. Diriwayatkan Imam Buchori dalam hadist :

‎روى البخاري (666) ، ومسلم (697) عَنْ نَافِع ، قَالَ : " أَذنَ ابْنُ عُمَرَ فِي لَيْلَةٍ بَارِدَةٍ بِضَجْنَانَ ، ثُم قَالَ : صَلوا فِي رِحَالِكُمْ ، فَأَخْبَرَنَا أَن رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ كَانَ يَأْمُرُ مُؤَذنًا يُؤَذنُ ، ثُم يَقُولُ عَلَى إِثْرِهِ : " أَلاَ صَلوا فِي الرحَالِ " فِي الليْلَةِ البَارِدَةِ ، أَوِ المَطِيرَةِ ، فِي السفَرِ .

Dari Nafi' bahwa Ibnu Umar pernah mengumandangkan adzan sholat di malam yang sangat dingin dan berangin kencang, maka dalam adzannya ia mengucapkan; 'Alaa sholluu fir rihaal (Ingatlah sholat-lah kalian di persinggahan?) kemudian katanya; Rasulullah SAW juga pernah memerintahkan mu'adzinnya setelah adzan jika malam sangat dingin dan terjadi hujan lebat untuk mengucapkan; 'Alaa shalluu fir rihaal (Ingatlah sholat-lah kalian di persinggahan?)."

“Adzan waktu itu diubah dengan pemberitahuan dalam redaksi adzannya bahwa masyarakat diminta untuk sholat di rumahnya,” ujar Kiai Cholil dalam keterangna tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (30/11).

Namun, menurut Kiai Cholil, selain karena urusan sholat, Nabi Muhammad SAW tak pernah mengubah redaksi adzan. Karena itu, menurut Kiai Cholil, redaksi adzan tidak boleh diubah untuk tujuan jihad seperti yang tengah viral di media sosial karena itu ibadah yg sifatnya tauqifi (langsung dari syariah). Dalil yang menunjukkan tidan boleh menambah atau mengurangi redaksi adzan adalah:

فقد اتفق الفقهاء على الصيغة الأصلية للأذان المعروف الوارد بكيفية متواترة من غير زيادة ولا نقصان,وهو مَثْنى مَثْنى،كَمَا اتفقوا على التثويب,أي الزيادة في أذان الفجر بعد الفلاح وهي:" الصلاة خير من النوم" مرتين،عملاً بما ثبت في السنة عن بلال رواه الطبراني وغيره.نقلاً من حاشية الفقه الإسلامي وأدلته 1/543

“Ulama telah sepakat tentang redaksi adzan adalah sebagaimana diketahui secara umum tanpa ditambah atau dikurangi. Yaitu dua-dua dan ditambahkan redaksi “sholat lebih baik daripada tidur” untuk sholat Subuh dua kali. Inilah utk mengamalkan sunnah Nabi SAW”. Dinukilkan dari Kitab Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, karya Syekh Wahbah Al Zuhaili.

“Selain karena urusan sholat itu, Nabi Saw tak pernah mengubah redaksi adzan. Bahkan saat perangpun tak ada redaksi adzan yang diubah. Redaksi adzan itu tak boleh diubah menjadi ajakan jihad. Karena, itu ibadah yang sifatnya tauqif (sudah ditetapkan dan tidak boleh ditambah-tambah),” kata Kiai Cholil.

Dia pun berharap, umat Islam di Indonesia tidak mengubah redaksi adzan yang sudah baku. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan kekerasan dan kerusuhan.

“Saya berharap masyarakat tak mengubah adzan yang sudah baku dalam Islam. Panggilan jihad tak perlu melalui adzan. Dan jihad bukan hanya berkonotasi perang secara fisik saja tapi juga dalam memantapkan iman dan penguatan umat Islam,” jelas Kiai Cholil.

Seperti diketahui, dalam salah satu video yang viral, kalimat "hayya 'alas sholah” dalam adzan diubah menjadi "hayya 'alal jihad". Dalam video itu tampak sejumlah orang membawa senjata tajam saat adzan dikumandangkan.

Dalam video lainnya, tampak juga lima orang jamaah sedang berdiri. Salah satu jamaah berkemeja hitam yang berdiri paling depan kemudian melantunkan adzan. Namun, dalam adzannya pria tersebut melantunkan kalimat “hayya 'alal Jihad” dan diikuti oleh jamaah lainnya. Padahal, kalimat yang benar adalah “hayya 'alas sholah”.

https://m.republika.co.id/berita/isl...i-pendapat-mui


Ya bgtulah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 08:52
bukan hal baru kalau kelompok "pemuja" habaib banyak melakukan hal-hal bid'ah dan melampaui nabi sendiri karena mereka percaya habaib yang mereka cintai akan menyelamatkan mereka dari neraka, sedangkan nabi sendiri mengingatkan kepada anaknya bahwa yang menolongnya kelak hanya amalan dia sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mockingbird7 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 09:01
Makin kesini makin ga waras.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mockingbird7 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 09:31
ooohh...baguslah ga aneh2 gara2 kajian internal , intinya fix ga boleh diubah2 ye...emoticon-Big Grin
0 0
0
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 09:40
berarti apa.. sesat bin ngawur kan.. makanya saya heran sama yg masih dukung apalagi jadi anggota ckckck..
profile-picture
profile-picture
mockingbird7 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 10:09
menurut ane pribadi utk jaman sekarang kok rasanya jihad itu malah melawan yg nyerang di Sigi kemarin itu ya. Walaupun resource agamanya mungkin sama tetapikan tetap saja dia punya pemahaman ataupun kegiatan yang merugikan segala pihak
profile-picture
profile-picture
mockingbird7 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 10:14
jadi kapan mau jihad emoticon-Bingung
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 10:26
Agama monaslimin sekte Balehonisme penyembah onta cabul punya adzan beda sendiri
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 10:26
Nikita tertawa melihat ini. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
mockingbird7 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 10:29
Jidad itu ditaruh ke lantai buat tanda kalau gak bakal sombong..

Eh, ini malah kelakuannya sama wae kayak ....

Ahay, malah bikin onar.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 10:41
Dajjal berjubah agama kok mau ngaku2 ulama, udh jelas kalian itu gak ngerti ilmu agama, kalian itu dajjal dan para pengikutnya.
profile-picture
profile-picture
mockingbird7 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 11:08
Kapan mereka jihad? Atau wacana doang? Koar2 doang? Ditunggu loh jihadnya, biar bisa dibasmi secara resmi dan gak pake alesan kriminalisasi, karena udah pasti makar emoticon-Leh Uga:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cPOP dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 11:11
Jadi masuk kedelik "penistaan agama " gak? Tau jadi ranah kajian internal emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 11:16
mbuh lah bingung ... berita gini muluuuu ga kelar kelar... beresin kenapa kek ga ada berita laen lho i nih
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 11:28
Batal dapet stempel emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 12:20
kblinger emoticon-Angkat Beer
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 12:48
kan ajarannya geng penyembah baliho beda gan, jangan disamain ama yg lain haha
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 13:09
Wah negara kita lagi kodisi perang ya, pake nambah2in ajakan jidad
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 14:43
Menyimak kajian internal....emoticon-Cool





Tips: kajian internal yg mantap dimulai dgn pakai semfak bundar dan dikawal tentara aloha.
profile-picture
profile-picture
fernando2018 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 15:36
Bikin heboh aja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bolehkah Tambah Adzan dengan Jihad? Ini Pendapat MUI
01-12-2020 15:37
Waspadai adu domba umat islam, duduk dan bicarakan baik2 lsaja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia