• Beranda
  • ...
  • Health
  • 3 Tips Sederhana Bisa Tidur Nyenyak Malam Ini, Bukan Kaleng-Kaleng

iskrim
TS
iskrim
3 Tips Sederhana Bisa Tidur Nyenyak Malam Ini, Bukan Kaleng-Kaleng


[ HT# 654 ]

Denyut kehidupan yang tidak pernah mati ini membuat kita sebagai manusia hidup seperti robot atau zombie yang hanya mengikuti kemauan nafsu dunia, seperti tiada henti sebelum 'mati'. Woops!

Bukan apa-apa, hal yang sebetulnya sederhana berubah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan karena fikiran dan kosentrasi ini selalu terfokus kepada satu hal 'pekerjaan yang belum selesai'.

Hal demikian membuat kita tanpa disadari harus memenuhi harapan yang belum tentu bisa terpenuhi tapi selalu kita kejar. Memang tidak salah untuk di capai dan di wujudkan cita-cita tersebut, dilain sisi faktor x menambah beban fikiran semakin berat.

Stress dan tuntutan kehidupan lain seperti harus membayar biaya gaya hidup, menambah mata ini serasa sulit dipejamkan dalam keadaan rileks dan segar kembali dikala bangun.




Tapi, apakah masalah ini bisa dicarikan solusinya, tentu saja bisa dan bisa dilakukan oleh siapapun yang bersemangat untuk mencoba dan membuktikannya.

Berdasarkan apa yang saya baca di beberapa media bisa saya rangkum dalam kerangka besar dan ternyata memang cukup mudah untuk bisa tidur nyenyak dengan cara sederhana 'malam ini' juga.

Ingin mencoba, silahkan lanjutkan membaca artikel saya ini.


Hal yang pertamakali harus kamu lakukan adalah dengan menarik nafas dalam di tempat yang senyaman mungkin, lepaskan sepenuh hati, dan berusaha menjadi dirisendiri, menerima kekurangan dan kelebihan kita.

Kerdilkanlah kelebihan kita yang dirasa ego-nya terlalu dominan dan redamkan dengan memejamkan mata sambil perlahan menarik nafas dan melepaskannya pelan-pelan kemudian.

Lakukan sambil berendam akan lebih baik atau dengan lampu kamar yang redup.


Berdoa dimulai, memohon kepada Tuhan agar diberikan kemudahan dan solusi terbaik. Lalu, mari kita mulai...



Langkah Pertama



Luangkan waktu, lalu ambilah buku kecil atau selembar kertas. Buatlah catatan tentang apa yang kita inginkan dan apa yang harus dilakukan agar keinginan itu bisa terwujud.

Dengan demikian langkah awal kita sudah menemukan satu solusi selama ini, mengapa hidup begitu terasa berat dan seperti tanpa arah.


Umumnya masalah itu selalu dalam bentuk pertanyaan, maka tugas kita tinggal membuat jawaban itu. Buatlah rumusan masalah ini yang mengarah ke solusi permasalahan yang sedang kita hadapi.

Karena ini satu-satunya cara agar keinginan itu berhasil untuk diwujudkan, maka rumusan itu harus jelas step-stepnya dan kamu harus berani melakukannya.

Tanpa action tentu cita-cita itu hanya fatamorgana saja.


Simpanlah catatan ini di tempat yang aman, tapi mudah kita temukan. Maksudnya adalah ketika kita sedang kehilangan arah tujuan maka catatan ini perlu kita buka.

Baca secara mendalam dan resapi, bangkitkan fikiran dan emosi positif, tetaplah fokus kembali ke catatan agar tetap di jalur yang benar.



Langkah Kedua



Satu hal yang mungkin tidak disadari mengapa orang begitu sulit untuk tidur nyenyak karena ketika bangun kita langsung dihadapkan dengan kebisingan atau beban hidup yang harus segera dikerjakan saat itu juga.

Untuk itu cobalah mengatur jam bangun tidur lebih awal misalkan alarm berbunyi 15-20 menit lebih awal dari biasanya. Tentunya dibarengi dengan irama atau suara alarm tenang yang bisa membangunkan.

Maka secara tidak sadar otak akan menerima instrumen/ suara tadi secara perlahan sambil membangunkan tanpa kita merasa seperti di 'kagetkan' atau dipaksakan.

Dengan demikian otak akan merekam hal positif ketika diperintahkan untuk segera tidur dan bangun dengan ketenangan sesuai harapan.




Langkah Ketiga



Makanlah dengan cukup kenyang dan minumlah susu. Akan sangat merepotkan manakala di tengah malam harus terbangun karena 'kelaparan'. Carilah camilan ringan yang mengenyangkan dan sehat tentunya.

Jika dirasa sulit mencari camilan kita bisa memakan buah pisang karena kaya akan vitamin B6. Atau selai kacang, menurut info juga bisa membantu perut jadi kenyang tapi sehat sebelum tidur karena mengandung protein dan lemak tak jenuh.

Untuk susu mungkin sudah banyak yang tahu, ya manfaatnya.



Nah, sekarang waktunya untuk tidur, cuci kaki, sikat gigi dan matikan lampu! Jangan ngaskus terus, ya.




 

Referensi. Opini, Gugel
Img.google img




Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Diubah oleh iskrim 02-12-2020 04:54
nirankararara777tien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
28
6K
133
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.