News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
499
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc472eac82084251116de9c/ceramah-tumpeng-ajaran-hindu-viral-tanggapan-anak-jokowi-malah-begini
Ustaz Abdul Aziz ceramah soal makanan tradisional tumpeng merupakan bentuk ajaran agama Hindu. Ceramah ini pun kemudian mendapat respons dari Kaesang. Anak Jokowi tersebut menyandingkan rupa makanan tumpeng dalam bentuk lain.
Lapor Hansip
30-11-2020 11:19

Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini

Past Hot Thread
Quote:Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini

Suara.com - Video ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' menghebohkan media sosial. Tak tinggal diam, anak Jokowi Kaesang Pangarep pun ikut menanggapi soal tumpeng tersebut.

Video Tumpeng Ajaran Hindu viral

Ustaz Abdul Aziz ceramah soal makanan tradisional tumpeng merupakan bentuk ajaran agama Hindu. Ceramah ini pun kemudian mendapat respons dari Kaesang. Anak Jokowi tersebut menyandingkan rupa makanan tumpeng dalam bentuk lain.

Mengutip Hops.id---Jaringan Suara.com, Senin (30/11), penceramah agama Islam tersebut mengungkapkan bahwa tumpeng merupakan simbolisasi dari agama Hindu.

Segitiga tumpeng merupakan perwujudan atau manifestasi trimurti dewa Hindu yaitu Shiwa, Wishnu dan Brahmana. Untuk itu dia mengajak kepada jemaahnya tinggalnya tradisi membuat tumpeng dan beralihlah kepada bentuk yang lainnya. Bagaimana sih faktanya?

Dalam video tersebut, Ustaz Abdul Aziz mengawalinya dengan sebuah pertanyaan yang mengulas konsep tumpeng.

Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini

“Pertanyaan kelima apakah Anda kenal dengan ini ayah bunda (menunjukkan tumpeng)? Kira-kira kalau ini bukan gambar, ini kenyataan sehabis kajian ini kita makan enak nggak ayah bunda? Kalau ayah bunda katakan enak, saya katakan tak enak ayah bunda, kenapa?”

Ustaz Abdul Aziz menjelaskan dalam tumpeng mengandung konsep Hindu. Di menjelaskan dalam keterangan di kitab Manawa Dharmasastra Weda Smrti, bahwa orang Hindu kasta terendah, Kasta Sudra membuat tumpeng sebagai pengganti kesaksian kehinduan.

“Konsep di dalam agama Hindu kastra Sudrayang sulit baca Om swastyasyu awikina wastu Eka eva Brahman sadahatnya sulit ngga itu ayah bunda? Maka di dalam kitab itu Kasta Sudra cukup membikin tumpeng. Bentuknya segitiga yang dimaksud di sini adalah trimurti, manifestasi Dewa Brahma Shiwa dan Wishnu,” jelas ustaz tersebut.

Selanjutnya dia mengatakan, menurut keyakinan orang Hindu barang siapa yang membuat tumpeng artinya mereka telah berkeyakinan Hindu. Hal ini lah menurut ustaz Abdul Aziz yang mesti diwaspadai.

“Umat Hindu mengatakan barang siapa yang sudah membikin tumpeng dia sudah bergama Hindu,” jelasnya.

Selanjutnya ustaz Abdul Aziz mengatakan apakah dampak dari keyakinan orang Hindu pada orang yang membuat tumpeng itu, ada imbasnya lho.

“Ada imbasnya nggak sama kita yang dikatakan saudara kita itu? Rasul SAW bersabda barang siapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dalam golongan itu,” tuturnya.

Nah Ustaz Abdul Aziz paham bagaimana nanti kalau orang mau syukuran, apa nggak perlu pakai tumpeng. Solusinya ada kata si penceramah agama itu.

“Tak usah menyerupai orang yang bergama Hindu, tak udah bikin tumpeng. Anda ratakan saja bisa ditaruh di piring atau kotak makan,” kata dia.

Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini

Menanggapi hal tersebut, Kaesang Pangarep belum lama ini membuat sebuah cuitan dengan gambar yang cukup menggelitik.

Bukan tumpeng berbentuk segitiga piramida. Potret tumpeng yang diunggah oleh Kaesang Pangarep justru berbentuk karakter Hello Kitty.

“Kalo tumpengnya helo kiti gimana?” tulis Kaesang.

Sontak, cuitan Kaesang unggah foto tumpeng Hello Kitty tersebut mendadak viral dan mendapatkan berbagai tanggapan dari warganet.

"Yaudah tumpengnya yang ini aja," imbuh warganet lain mengunggah foto tumpeng berbentuk Barbie.

"Kalau ini boleh nggak ya, gambar anak ayam," timpal warganet lainnya.

Hingga artikel ini ditulis, cuitan Kaesang unggah foto tumpeng Hello Kitty tersebut telah mendapatkan seribu lebih likes dari warganet.

https://www.suara.com/news/2020/11/3...egini?page=all


Hmm untung seumur2 gua gakbpernah tumpengan.. cm makan lupis doang..emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 50 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 14
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:28
ahaha tapi mungkin dulu2nya begitu, ga ada yang tahu, tp emang sudah menaytu jadi tradisi masyarakat jawa kan
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:28
Repot amat tumpeng dikaitin agama emoticon-Ngakak

Kalau baju motor mobil hp komputer itu afiliasi agama apa? Boleh ga tuh? emoticon-Wakaka
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:29
Ganti nama aja deh jadi nasi TUMPRENG (kyk mispelling ane waktu kecil) emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:33
udah ada dari jaman sunan kalijaga kali OSTAD ASWU FUCKING ASSHOLE!!
di buku Kelas 4 SD gue ada. yang covernya penari bali berisi 121 halaman.
udah deh, ini orang bakal kagak lulus sertifikasi
gue kasian sama para Wali Songo yang udah nyebarin Agama ini dengan cara mereka sendiri. malah salah satu kaum modern membalikkan sejarah!

ALLAH FUCKING AKBAR!!
Diubah oleh silveria92
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:33
Sukanya bikin rusuh
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:33
Setelah bosen dengan anekdot kristenisasi, sekarang hindunisasi ? 😑 Set dah ribet bener idup lu tad, urusan kayak gitu cocokloginya hebat bener. Sekalian aja nggak usah idup krn semua serba di luar agama islam.
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:34
Klo mengandung segitiga auto kapir kan drun? Nah klo nasi kuning bentuk helo kiti, itu kan bikinan jepang dan jepang mayoritas tak beragama, duh brati yg helo kitian auto kapir jg dah
Agama yg mudah aja dipersulit, aplg yg susah
emoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:36
Ga pernah sih ane makan tumpeng

Tp pernah makan nasi kuning yg ujungny mengerucut ke atas emoticon-linux2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:37
Bergam macam suku dan budaya


Adios
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:39
ah elah impostor ini mah emoticon-Big Grin
klepon jilid 2 emoticon-Big Grin
SOP lama, potong2 video sendiri, viralin sendiri, menghina2 sendiri, abis itu ditinggal kabur emoticon-Big Grin

logikanya kalau muslim beneran mah kalo ga setuju, pasti dia bakal ngajak diskusi nanya langsung ke ustadnya
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:43
Gw di bali 5 taun gak nemuin tumpeng, ini hindu yang mana ya?
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:55
Ustad macam apa ini, emoticon-Wakaka
Bisa fasih ngucapin alfatihah aja dah ngaku ustad kayaknya emoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:56
Sy muslim tp mslh tumpeng itu udah jd tradisi dlm suatu acara.
Klo ngikutin ustad2 kek gini sbntr lagi bangsa ini bakal jd bangsa padang pasir, wanita pake baju hitam dan laki pakai putih semua, sdh gk ad lg bendera merah putih.
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:57
Astaga..pembahasanya receh gini..kpn bisa maju atu emoticon-Cape d...
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 17:59
Tumpeng kerucut bukan segitiga woi emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
Elah apa2 yg segitiga di kaitin sama ajaran agama lain, PE'A lu emoticon-Najis
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 18:10
Semenjak polemik kasus ahok dan 212 itu, banyak org ambil panggung jadi ustadz ceramah nya ngawur. Sudah benar itu kalau penceramah mesti diuji kompetensi.
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 18:13
Gagal coli...padahal kadrun udh siap komen pedes ke kang pisang
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 18:19
Rusak sudah tali persaudaraan
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 18:20
Mangtabs.. kadroen mah langganan nya nasi bungkus.. Anti sama tumpeng... 🙈🐵
0 0
0
Ceramah 'Tumpeng Ajaran Hindu' Viral, Tanggapan Anak Jokowi Malah Begini
30-11-2020 18:21
Kue lupis juga peninggalan Hindu Budha ganbre.
Coba nonton film2 jadul kayak Mak lampir dll emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 8 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia