• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • 9 Cara Alami Mencegah Rambut Beruban Untuk Semua Usia

novnovandaAvatar border
TS
novnovanda
9 Cara Alami Mencegah Rambut Beruban Untuk Semua Usia
9 Cara alami untuk mencegah uban atau rambut beruban di semua usia.
Sama halnya dengan muncul kerutan di kulit wajah, uban di rambut juga tidak bisa dihindari kemunculannya. Namun jangan khawatir, ada cara alami untuk mencegah uban muncul terutama di sekitar usia 20 atau 30 tahun. Cara ini sangat mudah untuk kamu lakukan sendiri tanpa perlu perawatan yang rumit. Berikut
9 Cara alami mencegah rambut beruban untuk semua usia.



1. Mencegah Rambut Beruban dengan Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan Segar
Dengan mengonsumsi berbagai vitamin dari buah dan sayuran segar, kamu bisa menjaga rambut tetap sehat dan mencegah munculnya uban loh. Buah dan sayuran segar yang bagus untuk kesehatan rambut yaitu bayam, kacang-kacangan, serta jus jeruk. Kandungan asam folat dan zat besi pada makanan dan minuman tersebut mampu menyehatkan rambut, serta mencegah uban muncul bahkan di usia muda.

2. Mencegah Rambut Beruban dengan Rutin Meminum Teh Hijau
Kamu membutuhkan antioksidan untuk melawan stress oksidatif yang mungkin akan merusak kesehatan rambutmu dan warna alaminya. Untuk mengatasinya, kamu bisa meminum teh hijau secara rutin. Kandungan polifenol dalam teh hijau dipercaya mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan stress oksidatif tersebut.

3. Mencegah Rambut Beruban dengan Mengonsumsi Suplemen Rambut
Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi suplemen rambut yang kaya akan vitamin B kompleks. Meski tidak bisa menghilangkan rambut beruban secara langsung, suplemen rambut tersebut masih bisa mencegah munculnya uban di kulit kepalamu. Selain vitamin B kompleks, kamu bisa melengkapi nutrisi rambutmu menggunakan keratin, biotin, zinc dan suplemen minyak ikan. Agar lebih praktis kamu bisa mengonsumsi suplemen rambut yang memang sudah dirancang khusus untuk kesehatan rambutmu.



4. Mencegah Rambut Beruban dengan Tidak Merokok
Studi mengatakan, sering mengisap rokok juga dapat menyebabkan stress oksidatif pada rambut dan akan membuat rambutmu berubah menjadi rambut uban bahkan di usia muda sekalipun.

5. Mencegah Rambut Beruban dengan Menggunakan Masker Teh Hitam
Untuk cara yang satu ini, kamu bisa menggunakan teh hitam sebagai bahan perawatan rambut. Caranya, cukup seduh teh hitam seperti menyeduh teh biasa, lalu oleskan air seduhannya pada rambut dan kulit kepalamu dan biarkan selama kurang lebih 20-30 menit sebelum keramas. Teh hitam bekerja dengan cara menstimulus produksi melanin dan keratin yang memiliki andil dalam merubah warna rambut alamimu.

6. Mencegah Rambut Beruban dengan Menghindari Bleaching Rambut
Hidrogen peroksida dalam produk bleaching rambut yang kamu gunakan dapat meresap masuk kedalam folikel rambutmu dan dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Selain mempengaruhi pertumbuhan rambut, bleaching ternyata juga bisa merusak kesehatan rambut dan mengubah warna alaminya sehingga bisa menumbuhkan rambut uban di kulit kepalamu.



7. Mencegah Rambut Beruban dengan Tidak Menggunakan Alat Styling yang Memancarkan Panas
Alat styling rambut yang bisa memancarkan panas seperti hairdryer, alat catok, alat pengeriting rambut, dll nyatanya bisa memunculkan rambut uban di usia muda, yaitu di awal 20an tahun. Untuk itu, kamu bisa mengeringkan rambut secara alami dengan menggunakan handuk dan styling rambut menggunakan cara lain yang lebih aman.

8. Mencegah Rambut Beruban dengan Menghindari Stress
Sejak dulu stress memang sudah menjadi salah satu musuh utama dalam hal kesehatan baik kesehatan tubuh, maupun kesehatan rambut. Selain menyebabkan kerontokan parah, stress juga bisa menyebabkan munculnya uban lebih cepat. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari stress agar tubuh dan rambutmu tetap terjaga kesehatannya.

9. Mencegah Rambut Beruban dengan Mengurangi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung
Cahaya matahari khususnya UVA memiliki efek bleaching pada rambut. Untuk itu, saat berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung, hendaknya kamu menggunakan topi atau scarf untuk melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari tersebut.



Jika rambut uban sudah terlanjur muncul, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan hair tonic penghilang uban. Bukan hanya akan menghilangkan uban, tapi juga bisa mengatasi kerontokan dan dapat membuat rambutmu lebih sehat dengan menstimulus pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat dan berwarna hitam alami.
erina79purba
tien212700
cheria021
cheria021 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
BeautyKASKUS Official
5.3KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.