ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
KPK Sebut Wali kota Cimahi Terang-terangan Minta Jatah dari Proyek RS Kasih Bunda


Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna ditangkap KPK atas dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit di Kota Cimahi. Ketua KPK, Firli Bahuri mengungkapkan, jika Ajay M Priatna secara terang-terangan meminta "jatah" kepada pihak Rumah Sakit Kasih Bunda agar mempermulus izin pembangunan Rumah Sakit tersebut.

Ajay diketahui meminta uang senilai Rp3,2 miliar atau 10 persen dari RAB untuk pembangunan Rumah Sakit Kasih Bunda sebesar Rp32 miliar.

Menurut Firli kasus suap ini awalnya terjadi pada 2019 lalu, dimana saat itu Rumah Sakit Kasih Bunda akan menambah gedung baru. Pihak Rumah Sakit kemudian melayangkan permohonan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi.

"Rumah Sakit Kasih Bunda melakukan penambahan gedung. Diajukan permohonan ke Dinas Penanaman Modal Cimahi. Yang mengurus perisinan HY selaku Komisaris Rumah Sakit Kasih Bunda, lalu bertemu AJM di salah satu restoran. AJM meminta sejumlah uang Rp3,2 miliar," kata Firli saat konferensi pers di Gedung KPK, Sabtu 28 November 2020.

Setelah disepakati, uang diberikan kepada Ajay M Priatna secara bertahap.

"Pemberian uang kepada AJM dilakukan 5 kali secara berulang diberbagai tempat. Total yang sudah diteima AJM Rp1,6 miliar dari kesepatan awal Rp3,2 miliar," tambahnya.

Uang yang diberikan kepada Ajay M Priatna merupakan kwitansi fiktif yang dilakukan salah seorang staff keuangan Rumah Sakit Kasih Bunda.

"Kwitansi fiktif sebagai pengerjaan Rumah Sakit Kasih Bunda," terang Firli.

Dari hasil operasi tangkap tangan yang dilakukan pada 27 November 2020 kemarin di salah satu restoran di Kota Bandung, KPK berhasil mengamankan uang sebesar Rp425 juta berikut dokumen penting lainnya.

"27 November 2020 di rumah makan di Bandung uang dibawa tas plastik," jelasnya.

Saat ini barang bukti terkait OTT itu pun sudah dibawa oleh KPK. Sementara para tersangka kata Firli saat ini masih dimintai keterangan lebih lanjut oleh KPK.



R310s
owank
owank dan R310s memberi reputasi
2
1.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.