fajarindonesia1Avatar border
TS
fajarindonesia1
Intervensi Kesehatan HRS, Tim Medis MER-C Anggap Bima Arya Tidak Punya Etika
JAKARTA– Tim Medis MER-C menyayangkan langkah Wali Kota Bogor, Bima Arya yang dianggap terlalu jauh mengintervensi kesehatan Habib Rizieq Shihab di Rumah Sakit Ummi. Intervensi Bima Arya dianggap sebagai perlakuan yang kurang beretika dan melanggar hak pasien dan menganggu tim medis yang sedang bekerja.

“Walikota Bogor perlu belajar etika kedokteran tentang independensi tenaga medis dalam bekerja dan hak pasien untuk menerima atau menolak atas semua upaya pemeriksaan dan pengobatan yang akan diberikan tanpa ada intervensi atau tekanan pihak manapun” tegas Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad melalui siaran persnya, Ahad (29/11).



Sarbini menjelaskan, Habib Rizieq Shihab dan keluarga mempercayakan MER-C untuk melakukan pemeriksaan dan pengawalan kesehatannya termasuk melakukan tes swab. Akan tetapi, Bima Arya dianggap telah membuat kesimpangsiuran dan keresahan bagi masyarakat terkait kondisi kesehatan Habib Rizieq Shihab

Sarbini mengatakan, profesionalitas dan hak-hal pasien perlu dijaga. “Seharusnya Walikota Bogor mempercayakan hal ini kepada RS dan Tim Medis yang menangani karena tim medis mengetahui langkah-langkah apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan untuk menangani pasien” cetusnya.

Dikatakan Sarbini, perihal menyampaikan kondisi kesehatan adalah domain keluarga. Pihak RS atau dokter yang merawat tidak memiliki hak untuk menyampaikan tanpa seijin keluarga.

“Oleh karena itu, MER-C sebagai Tim Medis independen yang diminta keluarga untuk turut menangani kesehatan HRS, sangat menyayangkan sikap Walikota Bogor yang melakukan intervensi dan tekanan kepada RS, Tim Medis dan pasien,” pungkasnya. (dal/fin)


Sumber: Intervensi Kesehatan HRS, Tim Medis MER-C Anggap Bima Arya Tidak Punya Etika
samsol...
samsol... memberi reputasi
1
3.2K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.