KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Ratusan Ribu Password Pengguna Spotify Disetel Ulang Gara – gara Kebocoran Data

Ternyata platform digital sekelas Spotify gak begitu aman dari kelakuan iseng para hacker. Layanan streaming musik ini juga berpotensi alami kebocoran data. Baru – baru ini Spotify melakukan reset password untuk lebih dari 350 ribu akun. Tindakan ini diambil untuk mengurangi risiko pembobolan data pengguna.


Tindakan setel ulang password ini dilakukan setelah adanya laporan Peneliti Keamanan Siber Noam Rotem dan Ran Locar yang menemukan data sebesar 72 GB yang tidak terenkripsi secara online. Kondisi ini sangat rentan disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab. Menurut mereka, data tersebut berisi lebih dari 380 juta kredensial login dan data pengguna lain yang divalidasi terhadap layanan Spotify.

Rotem dan Locar juga menduga kalau data yang bocor berpotensi digunakan untuk membajak akun spotify yang menggunakan kata sandi yang sama dengan layanan lain. Serangan ini disebut sebagai “penjejalan kredensial”.

Berdasarkan laporan tersebut, Spotify kemudian melakukan penyetelan ulang kata sandi pada lebih dari 350 ribu akun. Dan setelah melakukan reset password, Spotify mengklaim kalau masalahnya udah teratasi dan sejauh ini belum ada laporan lanjut dari pengguna yang merasa akunnya dibobol. Untuk menghindari kasus ini terjadi pada pengguna platform, para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama pada layanan yang berbeda.


doobey
japarina
viqririatra
viqririatra dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.