Qqkiki17
TS
Qqkiki17
Gimana cara mengatasi toxic friend?


Kira-kira begini ilustrasi yang menggambarkan cerita gue di bawah iniemoticon-Blue Guy Smile (S)

Aduh sori openingnya kacau hahaha.

Oke langsung aja.
Gue punya shbt yg sifat negatifnya lebih sering keluar daripada sifat positifnya. Sering marah² krn hal sepele, sering marahin gue juga. Suka maksa. Pengennya dimengerti tapi gapernah mau ngertiin. Kalo ada keinginan harus diturutin gabisa engga. Kalo dikritik baik² pun ga pernah mau nerima. Ga jarang, gue suka direndahin juga sama dia. Pokoknya semua sifat negatif tuh dia borong guys, sampe² aku dan temen² yg lain sering gak nyaman kalo deket² dia.

Kita punya grup squad gitu dan diantara temen yang lain, gue yg paling apet sama dia. pokoknya udah kayak sodara aja. pada dasarnya dia tmn yg asik bgt. tapi ya gitu, sifat negatif dia kalo kumat beuh bener² bikin gak mau deket² dia. Tiap lagi bareng sama dia tuh adaaa aja yg bikin dia marah dan ngomel² yg rata-rata masalah sepele doang. Gue sih sering ingetin dia tentang sifat buruknya tapi dia suka gak nerima. Dia bilang, "ya terus, apa gue gapunya hak untuk marah² ? Gue juga manusia gue bisa marah"
Kalo udah begitu sih yaudah, gue sering ngalah aja. Tapi yg gabisa gue toleransi adalah, kalo dia lagi marah ke gue suka keterlaluan, berbagai kata² kasar dan cacian dia keluarin semuanya.
Ga lupa juga dia sumpah serapah segala macem, "gue sumpahin lo jatoh dari motor di jalan raya sampe masuk kolong bus". Waktu itu gue juga balik marah saking sakit atinya, dan jauhin dia selama 2 bulan tapi akhirnya kita akur lagi.

Kejadian lainnya yg bikin gue makin cape punya temen kayak dia adalah beberapa minggu yg lalu. Waktu itu kita berantem di cafe hanya karena gue gabisa nurutin permintaan dia doang. Dia nyuruh gue nginep di kosannya tapi gue gabisa karena mendadak sakit, ya padahal dia juga tau gue sakit tapi tetep maksa dan gue tetep nolak krn ingin istirahat di rumah. Akhirnya di depan parkiran cafe, dia marah²in gue abis-abisan selama 10 menit. Manaan suaranya gede banget sumpah. Hanya karena perkara gue nolak permintaan dia itu. Disini sih bukan masalah marah²nya, tapi gue kecewa dia marah²in gue didepan umum. Bayangin aja itu tukang parkiran dan orang² yg lewat depan cafe, sampe orang yg ada di sekitar cafe tuh nontonin kita. Gocar yg dia pesen kan udah nyampe, sampe harus nungguin dia lama banget gara² dia lagi marahin gue, dan ikut nontonin juga. Gue sempet bilang ke dia, "lu kalo mau marah boleh tapi plis jangan disini"
Dan seperti biasa, dia gak terima.
Alhasil, gue nahan malu sampe dia masuk mobil gocar nya. Selama dia marah sih gue lebih banyak diem aja dan ngomong seperlunya. Berusaha tenang, tapi jauh di dalem hati, gue udah gak tahan.
Dan lagi², kita akur kayak gak ada masalah, karena dia ngontekin gue keesokan harinya, ngajak ngobrol seperti biasa di chatan.

Mungkin dari luar gue keliatan biasa aja. Tapi sejak hari itu, gue makin males deket² sama dia. Gue masih marah dan kecewa sama dia, tp gak mau diungkapin.
Udah banyak perilaku kasar dia ke gue kalo lagi marah² tapi yang paling bikin gue sakit hati bgt adalah dua kejadian diatas. Baru kali ini gue punya tmn yg begini parahnya.
Menurut gue, sifat buruknya ini udah gak bisa dimaklumin lagi.
Makanya udah semingguan ini sikap gue ke dia beda banget, jadi agak cuek.
Dari yang tadinya sering fastresp bales chat dia, jadi slowresp bahkan gak bales sama sekali. Dari yang tadinya sering curhat ke dia, jadi gapernah. Gue juga ga akan lagi sering main sama dia. Pokoknya gue bikin banyak batasan, supaya dia gak seenaknya sama gue. Tapi gue bukan mutusin tali pertemanan, cuma jaga jarak aja. Gue pribadi akan tetep coba jadi temen yg baik buat dia. Kalo dia curhat, oke gue dengerin. Kalo dia minta bantuan, oke gue bantuin. Tapi sikap gue ke dia ga akan pernah kayak dulu lagi.

Nah puncaknya, semalem dia sadar bahwa gue sekarang berubah. Dia chat gue panjang banget mengungkapkan keluh kesahnya tentang sikap gue yang berubah drastis. Gue sih bilang ke dia, "masa sih? Emang gue berubah gimana? Perasaan lu aja kali?"
Dia juga minta gue jujur kalo dia ada salah. Pengen jujur sih, tapi saking kecewa gue ke dia udah terlalu dalem, gue gak mau terus terang ke dia. Gue udah bener² gak respect lagi ke dia 100%.
Menurut kalian baiknya gimana nih? Gue harus apa?
Dan tindakan yg gue lakuin ini bener gak ya? Ada rasa takut sih, takut tindakan ini berdampak buruk misal karma. Takut suatu saat gue balik dijauhin tanpa sebab sama sahabat yg lain, kan rasanya gak enak ya.
Thx udah nyempetin baca guys.. maaf isi ceritanya terlalu panjang🙏
Diubah oleh Qqkiki17 23-11-2020 06:54
evywahyunitien212700
tien212700 dan evywahyuni memberi reputasi
2
956
18
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread26.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.