• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • 5 Makanan Yang Nyatanya Bisa Menjadi Penyebab Rambut Rontok

novnovanda
TS
novnovanda
5 Makanan Yang Nyatanya Bisa Menjadi Penyebab Rambut Rontok
Jangan kamu sepelekan 5 makanan ini karena bisa menjadi penyebab rambut rontok.


Rambut rontok sering sekali dialami oleh banyak orang dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun tahukah kamu kalau makanan tertentu yang kamu konsumsi ternyata bisa menjadi penyebab rambut rontokmu. Berikut kami ulas,


5 Makanan yang menjadi penyebab rambut rontok.




1. Penyebab Rambut Rontok karena Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Indeks Glikemiks Tinggi


Sering mengonsumsi gula atau makanan manis ternyata bisa memicu rambut rontok. Makanan dengan kandungan indeks glikemiks yang tinggi merupakan makanan manis dengan kandungan kadar gula yang tinggi. Makanan ini umumnya ditemukan pada permen, nasi putih, roti putih, pasta, margarin, dan aneka kudapan manis. Saat tubuhmu mengolah gula dari makanan, hormon insulin akan memberikan respin kepada peningkatan glukosa. Keadaan inilah yang menyebabkan kadar androgen meningkat dan akan memengaruhi kantung kelenjar atau folikel pada kulit kepala yang nantinya bisa menyebabkan rambut kamu rontok.


2. Penyebab Rambut Rontok karena Mengonsumsi Ikan yang Mengandung Merkuri


Ikan ialah sumber makanan yang umumnya bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, di dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang mempunyai segudang manfaat bagus untuk tubuh. Namun, manfaat dari ikan dapat berkurang atau menghilang jika di dalamnya terkandung merkuri. Mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri bisa meningkatkan risiko kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan merkuri akan menjadi methylmercuri yang berbahaya bagi tubuh. Beberapa jenis ikan yang umumnya mengandung merkuri tinggi ialah makarel dan tuna. Sedangkan yang rendah merkuri ialah ikan salmon.


3. Penyebab Rambut Rontok karena Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Protein Hewani


Protein yang terkandung dalam daging ialah zat yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan gizi dalam daging dapat memperkokoh dan menebalkan rambut. Namun, untuk menerima nutrisinya secara utuh, kamu harus memperhatikan jumlah asupannya. Jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan membuat rambut menjadi kurang sehat. Saat mengonsumsi makanan yang tinggi protein, seharusnya kamu juga menambahkan makanan yang tinggi serat pada menu makanannya seperti brokoli, bayam, tahu atau gandum yang juga mengandung asam amino guna membentuk keratin. Pasalnya, keratin merupakan zat utama pembentuk rambut.




4. Penyebab Rambut Rontok karena Mengonsumsi Makanan Cepat Saji


Seringnya mengonsumsi makanan cepat saji nyatanya tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan rambutmu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lemak jenuh yang terkandung didalam makanan tersebut. Lemak jenuh pada makanan cepat saji dapat membuat pori-pori di kulit kepala tersumbat. Hal inilah yang bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, kamu perlu mengurangi makanan yang digoreng menggunakan margarin guna mengurangi rambut rontok yang sedang kamu alami.


5. Penyebab Rambut Rontok karena Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Selenium Tinggi


Selenium adalah mineral yang juga diperlukan tubuh sebagai antioksidan. Makanan yang di dalamnya terdapat kandungan selenium tinggi ialah tuna, daging sapi, nasi putih, serta kerang. Meski diperlukan oleh tubuh, namun jika konsumsinya berlebihan, malah akan meningkatkan kadar selenium dalam darah dan akan berefek pada rambut, lalu menyebabkan kerontokan.


Untuk menghindari dan mengurangi rambut rontok, ada baiknya kamu mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut diatas, serta menggunakan shampo rambut rontok untuk menanggulangi masalah rambut rontokmu agar tidak bertambah parah dan menyebabkan penipisan pada rambut.
cheria021dhinyzfrntien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.3K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
Beauty
icon
5.2KThread6.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.