• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Nikmati Eksotisme Pantai Tipar Cianjur Selatan Yang Masih Perawan, Komplit Banget!

zatilmutie
TS
zatilmutie
Nikmati Eksotisme Pantai Tipar Cianjur Selatan Yang Masih Perawan, Komplit Banget!
Pantai Perawan Nan Eksotis





Jika membahas daerah Cianjur selatan tentunya tak akan habis dari pembahasan pantai-pantainya yang eksotis. Baik pantai yang sudah dibangun dengan sarana dan akomodasi lengkap, ataupun yang masih benar-benar alami alias perawan.

Cianjur selatan yang memiliki panjang garis pantai kurang lebih 71 km berbatasan dengan daerah Garut Selatan dan Sukabumi selatan. Seperti dua tetangganya itu, Cianjur selatan memiliki potensi wisata bahari yang besar. Salah satunya pantai di wilayah desa kelahiran ane Gansis.

Kali ini ane akan mengupas keindahan pantai Tipar dan Muara Cisokan desa Sinarlaut kecamatan Agrabinta kabupaten Cianjur. Penasaran dengan pesona eksotisnya?

1. Paket komplit pantai dan muara sungai

Spoiler for Muara Cisokan:



Quote:


Selain pemancing. Muara Cisokan selalu dipenuhi nelayan tradisional yang mengambil ikan dengan jaring dan anco ( sejenis pukat sederhana). Nah bagi Agan Sista yang hobi seafood sangat recommended nih!

2. Eksotisme hutan cemara di bibir pantai

Spoiler for Hutan Cemara pantai Tipar:


Wilayah pantai yang luas dan pertemuan dua sungai yaitu Citoe dan Cisokan membuat wilayah muara ini menampilkan pesona hijau yang apik. Di tengah hamparan pasir cemara-cemara ini menjadi peneduh alami bagi pengunjung yang ingin rehat sebelum berenang di pantai.

Area ini pun menjadi tempat camping favorit para traveler. Apalagi anak muda yang menyukai nuansa alam. Pantai ini sangat cocok untuk dipakai mengadakan acara gathering bersama teman-teman. Background cantik yang Instagramable sangat memuaskan para pecinta fotografi.



Tempat camping yang ciamik

Tempat ini pun menjadi favorit para ibu-ibu yang ingin menghabiskan akhir pekan untuk makan bersama alias botram dalam istilah sunda. Pokoknya makan makin lahap di tempat seindah ini apalagi menunya bakar udang dan ikan.

3. Pantai dengan ombak yang besar

Spoiler for Pantai Tipar:


Menurut para peneliti. Pantai Tipar yang landai tanpa batu karang ini merupakan pantai dengan ombak besar seperti Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Hempasan ombak ini bisa membuat oleng perahu nelayan tradisional yang tidak memakai cadik. Baru tahun 2005 pemerintah menurunkan kapal nelayan bercadik di pantai ini. Sebelumnya tidak pernah ada yang berani melewati 7 ombak yang mampu membuat nelayan terlindas dalam satu sapuan.

Berbeda dengan para penyuka pantai. Pantai ini walaupun ombak di tengah sangat besar. Namun, untuk yang suka berenang ombaknya tidak horor, kok. Anak-anak banyak yang menghabiskan waktu senja berenang di pantai dan mengambil buyutuk.


4. Gunung ragadiem yang kental aroma mistis

Spoiler for Semenanjung Gunung Ragadiem:


Pantai Tipar berada di ujung bukit yang mirip semenanjung. Bukit itu bernama Gunung Ragadiem. Konon bukit ini termasuk persinggahan Nyai Roro Kidul. Dulunya bukit ini jarang dilewati orang. Namun sekarang sudah dibuka sebagai perkebunan kelapa. Bahkan ada warga yang membangun rumah di sana. Semenanjung yang menjorok ke laut ini menjadi favorit para pecinta foto. Karena background laut juga lembah berpasir di bawahnya.

Nah itulah pantai yang berada di kampung halaman ane, gansis. Untuk rute yang bisa ditempuh dari arah Jakarta melalui Bogor-Cianjur, atau via Jakarta-Bogor-Sukabumi. Untuk jalan yang dilewati sudah beraspal, sebagian masih perkerasan dengan batu alam. Untuk yang ingin merasakan sensasi adventure. Lebih enak mengendarai motor off road atau mobil hutan sejenis range rover.

Untuk protokol kesehatan, Agan Sista tetap harus mematuhi aturan yang berlaku, yakni memakai masker atau faceshield juga membawa hand sanitizer sendiri. Kecuali untuk warung yang menjajakan makanan di sana menyedekahkan hand sanitizer dan air untuk mencuci tangan. Untuk keamanan dan kesehatan. Wilayah kami sudah sejak awal termasuk zona hijau. Jadi jangan takut ya, gansis. Yuk berpetualang ke pantai Tipar.


Opini Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Diubah oleh zatilmutie 26-11-2020 16:34
indramamothnirankaratien212700
tien212700 dan 47 lainnya memberi reputasi
44
4.1K
107
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.