Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Manado
  • [Coc Reg. Manado] Taman Nasional Bunaken, Wisata Alam Bawah Laut Nan Cantik Jelita

biohazard89Avatar border
TS
biohazard89
[Coc Reg. Manado] Taman Nasional Bunaken, Wisata Alam Bawah Laut Nan Cantik Jelita
Berbicara mengenai keindahan wisata alam Indonesia memang sudah bukan hal baru lagi. Terutama karena letak Indonesia yang menguntungkan dengan segala pesona keindahan yang dimilikinya. Bukan hanya kondisi daratan seperti gunung, air terjun, tempat wisata taman hingga gua peninggalan di zaman penjajahan tetapi juga kondisi bawah laut yang membius. Tidak sedikit pulau-pulau di Indonesia yang masih begitu terjaga dan menawarkan keindahan bawah laut untuk dieksplor. Seperti Taman Laut Bunaken, bukti bahwa pesona alam dan keindahan yang tersembunyi ada di Indonesia.


gotravelly.com

Taman Nasional Bunaken merupakan taman nasional yang telah ditunjuk oleh Menteri Kehutanan di tahun 1991 sebagai objek wisata. Memiliki lokasi yang menjadi perwakilan dari ekosistem perairan tropis Indonesia. Terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun hingga terumbu karang dan ekosistem daratan ataupun pesisir.

Pulau yang ada di dalamnya ini memang kaya akan flora dan fauna dimana Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera atau genus karang hidup dengan dominasi jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Ada sekitar 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini. Misalnya saja seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning hingga ila gasi.

Mereka yang datang menikmati wisata bawah laut juga tidak hanya dari wisatawan lokal saja melainkan dari luar negeri atau wisatawan mancanegara. Sekali lagi membuktikan bahwa pariwisata di Indonesia memang memiliki daya tarik dunia. Di tempat ini juga banyak kegiatan wisata bahari yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari diving, snorkeling, berjemur dan berenang.

Ada juga diving ceter yang beranama Dragonet dan pernah menjadi sekretariat acara Sail Bunaken. Tempatnya berada di pantai Kalase, tepatnya di pinggir kota Manado. Sail Bunaken sendiri memecahkan rekor MURI dengan lebih dari 2000 penyelam yang turut serta mengikuti upacara bendera di dasar laut.


blogkulo.com

Sementara dari pemilik Dagonet Diving Center sendiri mempekerjakan instruktur selam yang sudah bersertifikasi SDI atau Scuba Diving International. Dragonet sendiri menawarkan pelajaran menyelam untuk pemula. Misalnya saja pengunjung atau penyelam pemula belajar dasar-dasar menyelam selama 15 menit dan akan diajak secara bertahap hingga 45 menit di keddalaman sampai 6 meter. Bantuan dari Diving Center ini tentu akan memudahkan pengunjung menikmati keindahan wisata alam bawah laut dari Taman Laut Bunaken.

Tempat wisata ini berada di wilayah Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado. Sementara di sebelah utara taman nasional, ada pulau Bunaken, Montehage, Manado Tua, Nain Kecil, Siladen dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok.


Sejarah Taman Laut Bunaken

Tak lengkap rasanya tidak mengenal sebagian kecil dari Taman Nasional Bunaken yakni sejarahnya. Keindahan yang dimiliki Taman Laut Bunaken ini tidak serta merta ditemukan begitu saja. Tetapi taman ini dulunya menjadi daerah yang terpencil. Sebab pada waktu itu masih dalam masa orde baru yang belum banyak waktu untuk liburan. Hanya ada beberapa orang saja yang menjelajah untuk benar-benar melihat keindahan Indonesia.


tribunnewswiki.com

Muncullah beberapa penyelam yang mencoba untuk meneliti keindahan dari Laut ini. Tetapi, para penyelam juga tidak langsung mulus menyelam begitu saja melainkan mereka mendapat arahan dari para nelayan. Warga sekitar khususnya nelayan menghimbau untuk tidak menyelam dalam laut karena ada roh jahat yang menghuninya.

Hal ini masih berlanjut hingga tahun 1970an karena terkenal dengan unsur magis dan mitos tentang roh dan hantu, ada nelayan yang meninggal karena menyelam. Kejadian ini semakin dihubungkan dengan adanya kekuatan magis di dalam laut. Namun, dari para penyelam yang ingin meneliti tidaklah mundur atau berhenti mengeksplor keindahan di bawah sana.

alampriangan.com

Mereka kembali menyelam dan menemukan yang disebut surga bawah laut. Para penyelam memberi cerita kepada pemerintah setempat. Dari sinilah koordinasi dilakukan dan terbentuk Taman Nasional Bunaken yang hingga saat ini masih menjadi surga dunia untuk para pengunjung yang datang dari mana saja.


Daya Tarik Taman Laut Bunaken

Mengapa Bunaken disebut surga dunia? Tak lain karena memang penyelam bisa menemukan sekitar 20 spot diving. Ada 12 diantaranya bisa ditemukan di pulau Bunaken sendiri. Bahkan keunikan dari penyelaman yang ada disini ialah jarak pandang yang bisa mencapai 20 meter. Adanya kondisi ini menunjukkan bahwa air begitu jernih. Disaat-saat tertentu, jarak pandang kawasan ini memang bisa mencapai kurang 35 meter.

Selain itu, ada juga dinding karang raksasa yang terbentuk melengkung serta vertical. Fungsi dari adanya dinding ini adalah untuk makanan ikan-ikan kecil yang ada di laut. Para pengunjung bisa melihat keindahan yang luar biasa. Bahkan semua titik penyelaman di dunia kabarnya bisa kalah dengan yang ada di kawasan ini. Maka dari itu banyak juga para wisatawan mancanegara yang datang untuk membuktikan bagaimana pesona yang ditawarkan oleh Taman Laut Bunaken ini.

ngetripkemana.com

Ada satu hal lagi yang juga dirasakan oleh setiap wisatawan mancanegara. Warga atau masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahannya. Penduduk juga terkenal murah senyum dan sebagian besar daari mereka memang fasih untuk berbahasa Inggris terutama untuk wisatawan mancanegara yang datang ke Taman Laut Bunaken ini. Ada juga beberapa nelayan yang biasa mengantar pengunjung diving ini fasih beberapa bahasa. Mereka belajar agar bisa memberi pelayanan terbaik dan membuat pengunjung bisa nyaman.

Bagi wisatawan yang ingin ke Taman Laut Bunaken bisa naik pesawat menuju kota Manado terlebih dahulu. Barulah dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Manado menggunakan taksi sebagai angkutan yang paling cepat. Nantinya dari Manado akan diarahkan menuju pelabuhan Marina Blue Banter. Setelah itu, pengunjung bisa menggunakan kapal untuk berangkat ke Pulau Bunaken yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Barulah nanti anda bisa menikmati berbagai keindahan yang ada di wilayah ini.

investor.id

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Bunaken tidaklah menguras kantong dan tidak akan terasa berat jika pengunjung sudah melihat bagaimana keindahan alam yang ada di bawah laut Bunaken ini. Belum lagi adanya fasilitas dan akomodasi yang berupa hotel di kawasan Bunaken. Sudah tersedia dengan berbagai pilihan yang bisa memudahkan pengunjung untuk memilih hotel terbaik. Ada juga penyewaan selam dimana pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk jaminan keselamatan dan keamanannya karena dilengkapi instruktur terbaik untuk para wisatawan.

Pesona dan keindahan taman laut bunaken ini memanglah tak bisa diabaikan begitu saja. Ketika sorot mata dunia ada di taman ini tentu sudah sepatutnya Indonesia sebagai tuan rumah memaksimalkan betul apa yang tersaji. Mengeksplor dengan baik dan merawatnya agar tak rusak karena perilaku manusia ataupun peristiwa alam.


Diubah oleh biohazard89 23-11-2020 01:11
ElviHusna
Mahbubah127
jokoariyanto
jokoariyanto dan 10 lainnya memberi reputasi
11
804
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Manado
ManadoKASKUS Official
279Thread389Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.