Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb887a509b5ca14ee75fbc4/sarapan-kompiang-dorayaki-asal-ruteng-teman-spesial-minum-kopi
. TEMPO.CO, Flores - Nyaris saban pagi di tengah hiruk-pikuk warga bertransaksi jual-beli ikan di Tempat Pelelangan Ikan Labuanbajo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, terdapat sejumlah pedagang yang menjajakan kue yang bentuknya mirip dorayaki. Itulah kue "Namanya kompiang," kata Jo, perantau keturunan Batak yang puluhan tahun tinggal di Manggarai, saat ditemui di pasar yang
Lapor Hansip
21-11-2020 10:21

Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi

.

Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi

TEMPO.CO, Flores - Nyaris saban pagi di tengah hiruk-pikuk warga bertransaksi jual-beli ikan di Tempat Pelelangan Ikan Labuanbajo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, terdapat sejumlah pedagang yang menjajakan kue yang bentuknya mirip dorayaki. Itulah kue


"Namanya kompiang," kata Jo, perantau keturunan Batak yang puluhan tahun tinggal di Manggarai, saat ditemui di pasar yang berlokasi di Kampung Ujung, Labuanbajo, tersebut beberapa waktu lalu.

Kompiang, ujar Jo, adalah menu sarapan wajib bagi orang-orang Manggarai. Tak heran jika di banyak tempat di kabupaten ujung barat Pulau Flores itu ditemukan kue berwarna kecokelatan ini.

Tak cuma di pasar, di kedai-kedai kopi pun disediakan kompiang. Salah satunya di kedai kopi Kopi Mane yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Labuanbajo.

Pemiliknya, Wenti Romas, warga asli Ruteng, Manggarai, tak absen menyediakan kompiang sedari kafenya buka pada pukul 08.00. "Kompiangmemang cocok untuk teman minum kopi," ujarnya saat ditemui pada waktu yang berbeda, Januari lalu.

Rasa kompiang yang hampir tawar dengan sentuhan gurih tipis-tipis membuat rasa kue ini hidup ketika disandingkan dengan secangkir kopi. Maka, kompiang disebut sebagai teman istimewa minum kopi.

Buat sarapan, kue ini ramah di perut. Dia mampu menetralkan rasa kopi yang pahit dan asam. Bahan utamanya yang terbuat dari gandum juga membuat kompiang terasa tak berat-berat amat ketika dicerna di lambung saat disantap pagi-pagi.

Tekstur kompiang padat. Bentuknya bulat pipih seperti kue dorayaki kesukaan tokoh kartun Doraemon. Meski hampir tak berongga, kue ini terasa lembut ketika dikunyah.

Pada bagian permukaan kue ditaburi wijen. Di Manggarai, biji itu disebut longa oleh warga setempat. Longa inilah yang berperan memberi sentuhan rasa gurih.

Orang-orang Manggarai biasa menyajikan kompiang dengan digoreng lebih dulu. Meski sudah matang lantaran dimasak dengan cara dipanggang di atas perapian, kompiang dianggap lebih nikmat kalau dihangatkan dengan cara digoreng.

Kompiang umumnya dijual bijian. Per biji harganya berkisar Rp 1.000. Selain di pasar dan kafe-kafe, ada toko khusus yang menjualnya, yakni di toko kue Theresa. Toko ini beralamat di Jalan Wae Mata, Labuanbajo. Kue ini bisa juga dijumpai di toko Tarsan, Ruteng, Manggarai.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
21-11-2020 22:11
Kok keliatannya enak yaaa. Ane belum pernah coba
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
21-11-2020 22:19
Asik bener ada biji wijennya begitu, kepo sama rasanya karena ane suka dorayaki
0 0
0
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
23-11-2020 23:29
murah banget harganya emoticon-Matabelo tapi yang ini nggak ada isiannya yah?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
26-11-2020 00:22
Wihhh keliatan enak banget nih kompiang. Ane jadi pengen nyobain deh, sayang di tempat ane gaada yang jual huhuhu
0 0
0
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
26-11-2020 16:16
enak tuh di tambah isian biar kaya roti emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
27-11-2020 10:56
Duhhhh enak tuh kayaknya
0 0
0
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
27-11-2020 19:05
Bentukannya mirip bun burger ya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
30-11-2020 21:48
Ane kira ini roti burger 😂
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sarapan Kompiang, Dorayaki Asal RUTENG Teman Spesial Minum Kopi
30-11-2020 21:49
Ada wijennya, pasti rasanya makin mantuls nih cocok bgt buat temen minum kopi dan teh
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia