Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbf390bf0bdb23ca4200ef9/coc-riview-buku-anak-anak-pangaro-ayo-menjadi-predator
Riview Buku Anak-anak Pangaro. Buku ini sangat menghentak pemikiran ane, tentang sebuah perjuangan dengan lakon utama bermama Ummi Salamah saat ayahnya sedang menyaksikan ludruk kesukaan–tokoh Kacong Jaya Belang sedang menyebut-nyebut nama Ummi Salamah.
Lapor Hansip
26-11-2020 12:11

[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!


Quote:Intro : 👇👇

Saat itu ane sedang demam berkeliaran di facebook, hanya untuk mencari sesuatu yang dapat mengisi ruang kosong di dalam rongga dada. Ajaib, Tuhan mempertemukanku dengan seorang penulis senior bernama Nun Unroto El Banbary–pemilik rumah baca Anak-anak Pangaro yang berada di Madura. Rumah baca ini turut diayomi oleh pustaka bergerak yang berada di bawah pengawasan Kominfo.


Judul buku = Anak-anak Pangaro
Kategori = Novel Fiksi
Juara Harapan Lomba Novel
👇👇👇
Seberapa Indonesiakah Dirimu?

Penulis = Nun Unroto El Banbary
Cetakan Pertama = April 2015
Penerbit = Tiga Serangkai
ISBN = 978-602-72097-5-6

Quote:Burlb pada sampul belakang buku

Seisi tanah Pulau Raja itu sedang sekarat. Alam yang ringkih kian kerontang dengan penduduknya yang berkubang dalam kebodohan kemaksiatan, dan kemelaratan. Kehidupan seni dan budaya yang seharusnya memendarkan sulut keriaan pun tertunduk lunglai. Belum lagi kepakan kaum blater penguasa wilayah yang mencengkeram aturan hukum pulau.

Ummi, Rahayu, Zainal, Maslahah, Untung, dan Haryadi tahu, pulau itu memerlukan campur tangan mereka. Mereka anak-anak madrasah aliyah yang belia, anak-anak pangaro yang merambatkan angin perubahan dan menjadi pembela tanah pulau pesisir agar tak senyap ditelan kematian.

Tak ubahnya seperti sepasukan laskar yang dirahmati Sang Pencipta, mereka menyeruak riuh di tengah lecutan alam dan carut-marutnya kondisi sosial masyarakat yang mengintai. Meski nyawa menjadi taruhannya, pijar semangat dan tekad berlipat terlalu menguasai tapak-tapak mereka.

Saatnya membingkai asa di bumi pesisir melalui taubatan nasuha dan berlaku arif pada alam demi melihat Pulau Raja menemukan kehidupan damainya kembali, kehidupan yang pangaro, layaknya semangat penghuni pulau yang merindukan keteduhan di tanah kelahirannya.

Terima kasih Pulauku! Aku pasti akan kembali karena di sinilah ari-ariku ditanam.


Quote:Kata Mereka👀

Islam yang diterapkan dengan baik oleh anak-anak muda dengan daya juang tinggi memperbaiki lingkungan sekitar seperti halnya dalam novel ini penting bagi tumbuh kembang semangat keberislaman, pengingat, sekaligus perbaikan bagi lingkungan sekitar. –Yanuari Syukur, Dosen Antropologi Universitas Khairun, Moslem Exchange Participant MEP Indonesia - Australia 2025.
👀
Novel inspiratif yang sarat kandungan pesan moral dan nasihat bijak. Perjuangan sekelompok anak sekolah yang berupaya melakukan perubahan, didukung oleh guru-guru mereka yang senantiasa memberikan dorongan semangat.–Arafat Nur, penulis novel Lampuki.


Quote:daftar isi[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator![COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!


Quote:Kesan ane terhadap buku ini👀

Buku ini sangat menghentak pemikiran ane, tentang sebuah perjuangan dengan lakon utama bermama Ummi Salamah saat ayahnya sedang menyaksikan ludruk kesukaan–tokoh Kacong Jaya Belang sedang menyebut-nyebut nama Ummi Salamah.

Ummi, harus meninggalkan pulau Raja dan ikut ibunya merantau. Beberapa alasannya yaitu; di pulau raja tak ada sekolah lanjutan, dan kedua karena sang ayah sudah meninggal saat masih duduk di sekolah dasar. Ummi tumbuh dewasa dengan cepat atau dapat dibilang dewasa sebelum waktunya.

Ummi yang mengalami kesulitan hidup pernah berpikir untuk melakukan jalan maksiat tapi nasihat sang ibu menjadi pengikat dirinya.
Menangis itu lemah. Maka, jangan pernah menangis. Berbuatlah sesuatu yang berharga untuk dirimu dan bermanfaatlah untuk sesamamu meskipun tak ada uang untuk membayar. Biarlah Allah yang membayar jerih payahmu. Jual dirimu untuk Allah saja, Nak ...


Quote:spesial thank's [COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator![COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!

Quote:baris-baris catatan kecil
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!

Quote:
Isi buku ini menurut ane👀

Mungkin karena buku Anak-anak Pangaro ini diikutakan lomba bertema Indonesia aka budaya, di dalamya terdapat banyak hasil budaya. Sebut saja lagu khas Madura yang sangat populer pada tahun '80-an seperti Pajjher Lagghu, Neter Kolenang, Reng Majhang, atau Nyello' Aeng.

Bagaimana dari segi isi?

Buku ini sangat recomended untuk dibaca semua umur. Kerusakan moral aka ulah manusia yang merusak pulau Raja. Dapat disimpulkan kalau buku Anak-anak Pangaro berkisah tentang musibah pulau Raja yang mengalami kekeringan akut dan perjuangan Ummi Salamah beserta kawan-kawan SMA-nya membantu pulau Raja agar kembali layak.

Quote:bagian yang ane sukai
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!


Quote:tentang penulis
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!


Jargon Ummi Salamah yang selalu membuat ane malu

Kalau yang lain hanya kutu buku, maka aku harus menjadi predator buku.


Quote:ending dan cover belakang
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator![COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!


Buku hanya akan menjadi buku dan tak berarti apa-apa untukmu selama kamu enggan untuk membacanya_Warna Senja.

Semoga berkenan dengan riview buku dari ane ya, Gansist! See u more 👀




Ngawi, 26 November 2020
Sayangi buku,

Warna_Senja
Diubah oleh qoni77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 12:11
Selamat membaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 12:12
Salam santun dan mari berdiskusi cantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 12:33
Bagus review-nya, gaya bahasa dan ulasannya menggiring imajinasi ane untuk memiliki buku ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 13:22
Numpang baca😀
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 14:02
Wah genre fantasi nih kayanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 14:15
What an interesting book, nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 15:36
Wah keren mbak qoni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 23:11
wahh keren banget nih buku anak anak fiksi seerti inii semoga aja semakin bisa menghibur dan memberi wawasan kepada generasi bangsaa aminn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 23:12
bangga banget nih sama penulis buku ciptaan generasi bangsa kaya ginii semoga aja bisa semakin banyak nih penulis penulis yang terlahir di Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
26-11-2020 23:13
makasihh gan sis infonya menarik dan menambah wawasan banget nih tentang salah satu karya tulis ciptaan anak bangsa inii mantep daahh pokonyaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
27-11-2020 07:23
Quote:Original Posted By qoni77
Salam santun dan mari berdiskusi cantik


Quote:Original Posted By indrag057
Bagus review-nya, gaya bahasa dan ulasannya menggiring imajinasi ane untuk memiliki buku ini

Alhamdulillah, Gan. Masih harus banyak belajar :batik

Quote:Original Posted By lianasari993
Numpang baca😀

Mongho:monggo

Quote:Original Posted By zatilmutie
Wah genre fantasi nih kayanya

Bukan, Sist. Novel Fiksi Kehidupan :nyantai
Quote:Original Posted By rainydwi
What an interesting book, nih

Iyess, Sist :tepuktangan

Quote:Original Posted By trifatoyah
Wah keren mbak qoni

Alhamdulillah Bund

Quote:Original Posted By margareth23
wahh keren banget nih buku anak anak fiksi seerti inii semoga aja semakin bisa menghibur dan memberi wawasan kepada generasi bangsaa aminn

Aamiin:banggapakebatik

Quote:Original Posted By margareth23
bangga banget nih sama penulis buku ciptaan generasi bangsa kaya ginii semoga aja bisa semakin banyak nih penulis penulis yang terlahir di Indonesia

Aku juga bangga. Banyak sekali pelajaran dalam bukunya. Nggak ngevosenin :monggo

Quote:Original Posted By margareth23
makasihh gan sis infonya menarik dan menambah wawasan banget nih tentang salah satu karya tulis ciptaan anak bangsa inii mantep daahh pokonyaa


Sama-sama Gan. Ini buku udah go internasional ke Amerika bisa dicek di Google lho:nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
27-11-2020 08:01
Bagus sist, jadi ingin baca juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
27-11-2020 11:19
Quote:Quote:Original Posted By qoni77
Salam santun dan mari berdiskusi cantik


Quote:Original Posted By indrag057
Bagus review-nya, gaya bahasa dan ulasannya menggiring imajinasi ane untuk memiliki buku ini


Quote:Original Posted By lianasari993
Numpang baca😀


Quote:Original Posted By margareth23
makasihh gan sis infonya menarik dan menambah wawasan banget nih tentang salah satu karya tulis ciptaan anak bangsa inii mantep daahh pokonyaa


Quote:Original Posted By ismilaila
Bagus sist, jadi ingin baca juga




Waah kereeen nih, segala tentang anak emang gak ada habisnya untuk dikulikemoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
27-11-2020 11:49
Quote:Original Posted By qoni77
Selamat membaca


Quote:Original Posted By qoni77
Salam santun dan mari berdiskusi cantik


Bakalan ht enih mah kakbun
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
28-11-2020 13:46
Quote:Original Posted By qoni77
Salam santun dan mari berdiskusi cantik


Quote:Original Posted By indrag057
Bagus review-nya, gaya bahasa dan ulasannya menggiring imajinasi ane untuk memiliki buku ini


Quote:Original Posted By lianasari993
Numpang baca😀


Quote:Original Posted By zatilmutie
Wah genre fantasi nih kayanya


Quote:Original Posted By rainydwi
What an interesting book, nih


Quote:Original Posted By trifatoyah
Wah keren mbak qoni


Quote:Original Posted By margareth23
wahh keren banget nih buku anak anak fiksi seerti inii semoga aja semakin bisa menghibur dan memberi wawasan kepada generasi bangsaa aminn


Quote:Original Posted By margareth23
bangga banget nih sama penulis buku ciptaan generasi bangsa kaya ginii semoga aja bisa semakin banyak nih penulis penulis yang terlahir di Indonesia


Quote:Original Posted By margareth23
makasihh gan sis infonya menarik dan menambah wawasan banget nih tentang salah satu karya tulis ciptaan anak bangsa inii mantep daahh pokonyaa


Quote:Original Posted By qoni77
Alhamdulillah, Gan. Masih harus banyak belajar emoticon-Batik


[quote=ismilaila;5fc04fddeaab257ad268b176]Bagus sist, jadi ingin baca juga

Kuot lagi para penghuni pejwan ah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
28-11-2020 15:43
kayaknya keren sih ini mengikuti petualangan mereka, makasih gan
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
28-11-2020 20:42
Waa baguus nih. Recomended banget, tengkyuu reviewnya gaan...
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
28-11-2020 21:01
Wah...bgus nih hot threadny. 👍👍👍
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
28-11-2020 22:16
Mantep jugaaa.. baca ahhh
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
[COC] Riview Buku Anak-anak Pangaro, Ayo Menjadi Predator!
28-11-2020 23:13
Quote:Original Posted By ismilaila
Bagus sist, jadi ingin baca juga

Ayo baca:monggo

Quote:Original Posted By embunsuci
Waah kereeen nih, segala tentang anak emang gak ada habisnya untuk dikulikemoticon-cystg



Quote:Original Posted By delia.adel
Bakalan ht enih mah kakbun


Bukan hanya tentang anak, Sist. Ini lebih ke perjuangan untuk menyelamatkan pulau:banggapakebatik


Kak Adel makasihemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Lifestyle
Supranatural
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia