News
Batal
KATEGORI
link has been copied
372
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdf6aceaab254d6e2a205d/parah-resto-resto-di-mal-bertumbangan-mati-pelan-pelan
Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sudrajat mengatakan kondisi bisnis restoran khususnya di DKI Jakarta saat ini sudah sangat parah."Restoran banyak yang tutup, saya survei ke lapangan mal di Jakarta Selatan, kelihatan sepi, dan malah mau siap-siap untuk tutup. Sudah parah banget," kata Founder Breso Resto & Coffee dan De Solo Boutique Hotel ini kepada CNBC Indonesia,
Lapor Hansip
25-11-2020 13:16

Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan

Past Hot Thread
 Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha restoran banyak yang memilih menutup usahanya secara sementara bahkan permanen karena tekanan pandemi yang berat dan belum berkesudahan. Buktinya terjadi di restoran-restoran yang berada di pusat perbelanjaan.

Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sudrajat mengatakan kondisi bisnis restoran khususnya di DKI Jakarta saat ini sudah sangat parah.

"Restoran banyak yang tutup, saya survei ke lapangan mal di Jakarta Selatan, kelihatan sepi, dan malah mau siap-siap untuk tutup. Sudah parah banget," kata Founder Breso Resto & Coffee dan De Solo Boutique Hotel ini kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

Ia mencontohkan gerai restoran Breso Resto & Coffee miliknya di Jakarta, kini dua gerai sudah tutup, sedangkan satu gerai lagi tetap buka tapi dengan operasi yang sangat terbatas. Ia mengatakan terpaksa tetap membuka restorannya karena kasihan dengan para pegawai.

"Restoran yang masih buka, pekerja satu hari masuk, satu hari libur. Biasanya satu gerai ada 20 karyawan, sekarang hanya 6 karyawan saja," keluhnya.

Sudrajat mengakui pemerintah memang berat dalam mengatasi covid-19, sebab bila aktivitas terlalu dibuka maka kasus akan meningkat. Bila kasus covid-19 sudah meningkat, maka ujung-ujungnya bisnis dan ekonomi makin tertekan.

"Saya berpikir kalau berkepanjangan terus, pebisnis makin berat, ya udah sekalian saja kayak di Bali, nyepi dua pekan," katanya.

Soal kondisi restoran yang makin berat khususnya di DKI Jakarta, juga disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bidang restoran Emil Arifin mengatakan fenomena bertumbangan restoran sangat tampak di mal-mal di DKI Jakarta.

"Coba sekali-kali ke mal, cuman ada beberapa restoran di mal-mal yang buka. Saya cek di PIM, Kokas, Senayan City, masih banyak restoran yang tutup," kata Emil kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

Ia mengatakan berdasarkan data survei September 2020 dari sekitar 9.054 restoran di DKI Jakarta, sebanyak 4.469 restoran dilakukan survei termasuk yang operasi mal. Hasilnya sebanyak 1.033 restoran atau sekitar 10% dengan berat hati terpaksa tutup selamanya alias permanen karena tak kuat lagi.

Sedangkan sebanyak 429 restoran tutup sementara alias masih bisa buka lagi sambil menunggu perkembangan. Emil memperkirakan ada sekitar 4.000 lebih restoran di pusat perbelanjaan. Sebagian besar disebutnya juga sudah menutup operasi. Ia mendesak agar PSBB Transisi di DKI Jakarta diperlonggar agar memberi napas bagi pebisnis restoran terutama soal batas 50% pengunjung mal.



link


"Restoran banyak yang tutup, saya survei ke lapangan mal di Jakarta Selatan, kelihatan sepi, dan malah mau siap-siap untuk tutup. Sudah parah banget," kata Founder Breso Resto & Coffee dan De Solo Boutique Hotel ini kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

"Coba sekali-kali ke mal, cuman ada beberapa restoran di mal-mal yang buka. Saya cek di PIM, Kokas, Senayan City, masih banyak restoran yang tutup," kata Emil kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 11
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 07:58
gaya-gayaan sih buka resto di mall.. jualan kaki lima aja tinggal bayar uang keamanan udah beres..
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan thecrazyrich memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:00
Miris bre.....
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:08
Semoga segera bangkit aamiin
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:09
Sewa toko mahal sekarang apalagi sudah di mall bisa sampai 8jt perbulan untuk toko kecil apalagi restoran di tambah masa pandemi daya beli masyarakat menurun
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:10
Padahal jokowi udah jalan2 ke mall
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:13
Hail Warteg
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:14
bisnis spg gimana tuh emoticon-Ngacir
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:15
Ngeri bor.
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:16
Lapor, kondisi di pekanbaru gitu om, mall masih buka, cuma ya gitu sama, udah mulai sepi
Sekarang sih lebih mendingan ketimbang awal covid dulu, 2 bulan tutup total, sekarang sudah buka, cuma ya gak rame lagi, sebagian jg udah tutup sih
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:20
"Ia mengatakan berdasarkan data survei September 2020 dari sekitar 9.054 restoran di DKI Jakarta, sebanyak 4.469 restoran dilakukan survei termasuk yang operasi mal. Hasilnya sebanyak 1.033 restoran atau sekitar 10% dengan berat hati terpaksa tutup selamanya alias permanen karena tak kuat lagi."

ini apa ga ngaco nih?
10% dari yg disurvei 1033? yg bner 440-an dong klo 10% mah, kan yg disurvey 4469 ini sosiologis samplingnya aja salah, pgimana sih ?
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan antonov07 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:20
Semoga pandemi ini lekas berlalu
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:24
Kapan selesai sih ni kopid ane dah muak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:24
Mis. Corona bangcat.
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:24
seandai nya vaksin sdh di distribusi k masyarakat mk ekonomi jg akn bergairah
profile-picture
cPOP memberi reputasi
1 0
1
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:25
Buka, trus pakai kostum, gak bakal ada yg berani tutup, belajarlah
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:26
Sementara kemarin jumlah kasus harian mencetak rekor baru
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:27
makan dirumah aja kan lebih ekonomis,
bisa ng hemat emoticon-Smilie
profile-picture
reid2 memberi reputasi
1 0
1
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:33
Potong gaji asn sama.pegawai bumn smntara ga usa dikasi bonus taunan buat subsil
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:38
tetep semangat kaka
0 0
0
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
26-11-2020 08:40
Salah kadrun sama anies lover pokokny emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 6 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia