News
Batal
KATEGORI
link has been copied
353
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdd81709b5ca6bd7230903/waketum-mui-anggap-aneh-jika-kapolri-dijabat-nonmuslim
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhyiddin Junaidi menganggap aneh bila Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz nantinya dijabat oleh seseorang yang bukan beragama Islam atau nonmuslim.
Lapor Hansip
25-11-2020 11:05

Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim

Past Hot Thread
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim



Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhyiddin Junaidi menganggap aneh bila Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz nantinya dijabat oleh seseorang yang bukan beragama Islam atau nonmuslim.

Meski Indonesia bukan negara Islam, Muhyiddin berpendapat sangat aneh bila pemimpin aparat keamanan berlatar belakang nonmuslim memimpin penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

"Seorang pemimpin nonmuslim mengendalikan keamanan negara di mana mayoritas penduduknya muslim adalah sebuah keanehan dan tugasnya pasti amat berat," kata Muhyiddin kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).

Muhyiddin menyebut wajar bila pemimpin di negara manapun memiliki agama yang sama dengan yang dianut oleh mayoritas penduduknya. Contohnya seperti Amerika Serikat yang penduduknya mayoritas nonmuslim, maka presiden atau kepala aparat keamanannya juga mengikuti latar belakang nonmuslim.

Ia memprediksi akan banyak kendala psikologis yang akan dihadapi oleh pemimpin beragama nonmuslim di negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim.

"Apalagi kepolisian tugasnya sangat erat dengan masalah keamanan masyarakat. Pendekatan persuasif sangat dibutuhkan dalam sengketa dan demo massa," kata dia.

Sementara itu, DPR RI tak keberatan bila Kapolri pengganti Idham Aziz berasal dari kalangan nonmuslim. Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni menilai tugas Polri adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bukan sebagai lembaga dakwah.

Senada, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman berpendapat tak ada aturan yang mensyaratkan seorang calon Kapolri harus beragama tertentu.

Menurutnya, personel kepolisian dari agama apapun berhak menduduki jabatan Kapolri sepanjang memenuhi syarat yang tertuang di dalam peraturan perundang-undangan.

Pendapat tersebut sejalan dengan syarat Kapolri seperti yang diatur di dalam Undang-undang 2 Tahun 2002 tentang Polri. Pasal 11 UU tersebut menyatakan bahwa Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR RI. Di pasal yang terdiri dari delapan ayat itu pun tidak mensyaratkan agama yang harus dianut oleh seorang calon Kapolri.

Pasal 11 ayat (6) hanya menjelaskan bahwa calon Kapolri adalah Pati Polri yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...abat-nonmuslim

Saraemoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 49 lainnya memberi reputasi
46
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 13
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
25-11-2020 19:49
pemanasan..
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
25-11-2020 19:56
apa jadi kapolri harus ada sertifikasi halal dulu emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan akamamichi memberi reputasi
2 0
2
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
25-11-2020 20:03
Quote:Original Posted By broker.budak

Muhyiddin menyebut wajar bila pemimpin di negara manapun memiliki agama yang sama dengan yang dianut oleh mayoritas penduduknya. Contohnya seperti Amerika Serikat yang penduduknya mayoritas nonmuslim, maka presiden atau kepala aparat keamanannya juga mengikuti latar belakang nonmuslim.


nggak juga, ada walikota muslim juga di amerika.
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
25-11-2020 20:50
Rahmatan kill alamin
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
25-11-2020 21:11
Apa yg bisa diarep dari ormas sok suci pemakan duit rakyat.

0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
25-11-2020 21:48
Kang stempel sdh mulai mengurusi yang bukan ranah nya emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 04:36
Pokoknya mayoritas bebas melakukan apa saja sebagai pemilik bumi ini. Biarpun mereka memfitnah, membunuh, merampok, memperkosa atau korupsi itu sah2 saja. Minoritas cukup melihat saja mereka beraksi toh nanti mereka jg bakal mati & ga selamanya hidup kok.
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:44
Bangsaat emang nih babbi..
emoticon-Ngakak

Gw sebagai muslim aja malu baca nya..

Belum pernah denger nama Sadiq Aman Khan, ya?

Susah kalau udah mabok agama..semua hal dikaitkan sama agama..

&JING..
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:45
Jargon "tidak boleh SARA" udah tinggal jargon..
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:48
Otak lu MUI msh primitif, tertinggal di abad ke 6 padang gurun.

Memilih pemimpin dimanapun berdasarkan kinerja, bukan SARA.
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:53
coba aja dulu bro. kalau oke kenapa tidak.
ntar kalau kinerja baik/ buruk kan bisa dievaluasi lagi.

Quote:video animasi kocak

aksi kakek sugiono vs miyabi!

parodi podcast deddy corbuzier

merokok atau dirokok?!
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:55
Kok cetek ya pola pikirnya.
Tugas kenegaraan gak ada urusan sama agama dianut sama agama mayoritas di negara tsb.
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:56
Dasar manusia purba
Generasi primitif
Fosil


Ngurus stempel aja pak sama inget umur
Diubah oleh yurikaede
profile-picture
profile-picture
akamamichi dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 05:59
kok aneh
biasain lah
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 06:03
ane juga anggap aneh kalo sekelas pimpinan tinggi dijabat orang non-otak.
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
1 0
1
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 06:04
Apalagi ini... Ngatur2 negara
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 06:07
Bagusnya ktpnya Islam biar cuma pura pura
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 06:12
alesan sebenernya tuh dia ngerasa aneh kalo pas baca doa, pas salam, pas ngomong sehari2, tapi g ada bahasa arabnya.. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 06:21
Yo seng aneh kuwi koen....eling....eh sopo yo MUI kuwi ???
0 0
0
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
26-11-2020 06:22
Hanya 4L yg bisa berpikiran seperti itu emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 9 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia