si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
MBT (Main Battle Tank) atau biasa disebut tank tempur utama, merupakan alutsista garis depan bagi pasukan darat. Dengan ukuran serta senjata yang berukuran besar membuatnya disegani lawan. Namun begitu harganya sendiri cukup mahal. Untuk memenuhi tuntutan pertahanan di era modern, tak jarang sebuah negara lebih memilih memodernisasi alutsistanya secara mandiri, daripada harus membeli alutsista baru dengan harga yang mahal.

Hal ini juga dilakukan oleh Pakistan, Negeri Seribu Cahaya ini lebih memilih melakukan upgrade pada MBT miliknya. Kali ini TS akan mengenalkan agan sista semua tentang tank andalan Pakistan ini, mari kita mulai ceritanya. Seperti biasa kita mulai dari sejarahnya.



SEJARAH

Pada tahun 1960-1980 pihak Pakistan banyak mengoperasikan MBT Type 59 buatan China dalam jumlah yang banyak. Type 59 sendiri merupakan sebuah copy paste dari MBT Type 52-A milik Uni Soviet, tank tersebut kemudian diproduksi dibawah lisensi. Tank ini mulai diproduksi tahun 1958. Type 59 sendiri sudah digunakan banyak negara seperti Myanmar, Pakistan, Korea Utara, Bangladesh, Kamboja, Vietnam, Kongo, Sudan, Iran, Irak.

Tank ini juga sudah kenyang makan asam garam pertempuran mulai dari Perang Vietnam, Perang Teluk, Perang Kongo, serta Perang Sudan.
Memasuki tahun 1990, pihak pemerintah Pakistan mengalami surplus MBT Type 59. Daripada harus mempensiunkan tank tersebut, pihak Pakistan lebih memilih memodernisasi tank mereka. Pakistan sendiri diperkirakan memiliki hampir 1.000 unit tank Type 59 buatan China.





Sumber Ilustrasi Foto

Pada dekade 1990-an pemerintah Pakistan menginstruksikan untuk melakukan upgrade (peningkatan) untuk 400 MBT mereka, pada tahun 2004 sejumlah 80 tank berhasil ditingkatkan kemampuannya dan mulai aktif berdinas tanggal 24 Februari 2004 di Angkatan Darat Pakistan.




Tank Type 59, MBT buatan China yang dimodernisasi oleh Pakistan.

Foto: wikipedia.org

Pihak Heavy Industries Taxila (HIT)ditunjuk untuk mengembangkan dan memproduksi varian terbaru ini, biro desain KMDB dari Ukraina juga ikut serta dalam proyek pembangunan tank yang kelak diberi nama Al-Zarrar ini. HIT kemudian mulai melanjutkan produksi secara massal Al-Zarrar pada 6 Mei 2003 dipimpin Insinyur Mahmood Khan.

Beberapa upgrade yang dilakukan mulai dari persenjataan, sistem kontrol tembak, sistem pemadam kebakaran, mesin dan perlindungan balistik. Upgrade untuk Type 59 juga ditawarkan oleh HIT untuk Angkatan Darat negara asing yang ingin melakukan upgrade tank T-59 atau juga T-54/T-55 mereka dengan standar Al-Zarrar. Untuk nama tank versi Pakistan ini diambil dari salah satu prajurit muslim yang bernama Zarrar bin Al-Azwar.



Spesifikasi

Persenjataan utama Al-Zarrar adalah meriam smoothbore 125 mm dengan laras senapan berlapis krom, dimana versi Type 59 menggunakan meriam 100 mm. Meriam mampu menembakkan peluru APFSDS, HEAT-FS dan HE-FS serta peluru kendali anti-tank dan peluru DU (depleted uranium) buatan Pakistan, serta Naiza 125 mm.

Naiza 125 mm sendiri mampu menembus lapisan armor RHA setebal 550 mm pada jarak 2 km. Untuk mengisi ulang pelurunya menggunakan sistem semi-otomatis, senjata ini juga terkoneksi dengan sistem komputer dalam tank yang memiliki stabilisasi gambar terkomputerisasi dan pencitraan termal untuk pertempuran siang dan malam hari.

Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin anti pesawat 12,7 mm yang dipasang di atap turret, yang dapat diarahkan dan ditembakkan dari dalam tank, serta tamabahan senapan mesin koaksial 7,62 mm.



Foto: gettyimages.com


Tank juga dilengkapi sistem peringatan ancaman laser LTS-1, dikembangkan oleh Al Technique Corporation (ATCOP). Sistem ATCOP LTS-1 akan memperingatkan kru saat tank menjadi target penanda laser atau pengintai laser (laser rangefinder). Pada bagian sisi turret sudah dilengkapi dengan peluncur granat asap. Tank ini jugas dilengkapi sistem pemadam api otomatis.

Perlindungan lapis baja dari Al-Zarrar sudah ditingkatkan dengan lapis baja komposit, serta lapisan tambahan berupa Explosive Reactive Armor (ERA), serta lapis baja anti-ranjau. Lapisan tersebut memberikan peningkatan perlindungan dari rudal anti-tank, ranjau dan senjata lainnya. Lapisannya sendiri bersifat modular, artinya bisa ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan.




Foto: gettyimages.com


Mesin yang digunakan Al-Zarrar telah ditingkatkan, sebelumnya memakai mesin dengan kekuatan 520 hp . Kemudian diganti dengan mesin KMDB diesel liquid-cooled 12 silinder dengan semburan kekuatan mencapai 730 hp. Mesin menghasilkan torsi 305 kg.m pada putaran mesin 1.300-1.400 rpm. Dengan mesin baru ini Al-Zarrar mampu melaju pada kecepatan maksimal 65 km/jam dengan jarak jelajah 450 km.

Total berat MBT Al-Zarrar mencapai 44 ton. Kemudian tank ini memiliki panjang total 9,50 m, lebar 3,30 m serta tinggi 2,50 m. Untuk mengoperasikan tank ini dibutuhkan 4 orang kru yang terdiri dari komandan, pengemudi, penembak, serta pemuat amunisi (loader).

Senjata yang dibawa MBT Al-Zarrar:

Senjata utama: meriam smoothbore 125 mm.

Senjata sekunder: senapan mesin anti pesawat eksternal 12,7 mm ,
senapan mesin koaksial 7,62 mm,
8 x peluncur granat asap.




Foto: gettyimages.com


Pada bulan Oktober 2008, Bangladesh berminat untuk memodernisasi 300 unit tank Type 59 mereka. Rencananya proses upgrade akan dilakukan di Bangladesh, namun rencana kemudian dibatalkan, dan pihak Bangladesh memilih paket modernisasi dari China. Bagi yang ingin melihat sekilas aksi Al-Zarrar, bisa klik video dibawah ini.

Spoiler for Al-Zarrar:


Saat ini total 509 tank MBT Al-Zarrar masih dioperasikan oleh Pasukan Angkatan Darat Pakistan. Meskipun termasuk tank yang berusia uzur, namun dengan paket modernisasi mandiri yang mereka lakukan. MBT andalan mereka ini mampu bertugas lebih lama lagi untuk menjaga kedaulatan Negeri Seribu Cahaya.

Demikian sedikit cerita ringkas dan ringan mengenai MBT Al-Zarrar yang saat ini digunakan oleh Pakistan. TS ucapkan terimakasih bagi agan dan sista yang sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir. Jika kalian menyukai tulisan ini jangan lupa untuk rate 5, berbagi cendol, dan share ke media sosial kalian. TS pamit undur diri dulu, sampai jumpa lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image, gettyimagrs.com
Diubah oleh si.matamalaikat 26-11-2020 02:15
6666661234jazzcousticyoseful
yoseful dan 28 lainnya memberi reputasi
29
7.2K
94
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.