esportsnesiaAvatar border
TS
esportsnesia
Apa itu Google Stadia?


Apa itu Google Stadia adalah pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan oleh sekelompok orang di penghujung tahun 2020 ini. Apakah kamu salah satu di antaranya? Kamu mungkin sudah pernah dengar, tapi masih belum juga paham?
Eits, Santai! Kali ini penulis akan mencoba berbagi tentang perkembangan Google Staadia beserta layanan yang diberikannya.

Keseriusan Google melihat perkembangan dan kemajuan game di dunia mungkin menjadi pemicu untuk mendirikan Stadia. Google Stadia yang resmi meluncur pada hari Selasa, 19 November 2019 tahun lalu, memberikan layanan untuk bermain game lewat teknologi cloud.

Dengan kata lain, pengguna yang sudah terdaftar di Stadia dapat memainkan game hanya melewati ponsel, web browser, atau melalui Chromecast secara real-time streaming hanya dengan bantuan internet, tanpa membutuhkan spesifikasi konsol yang tinggi.

Nah, setelah 1 tahun peluncurannya, penasaran dengan perkembangan Stadia di bawah ini? Yuk kita simak bersama apa itu Google Stadia dan layanan yang diberikannya.

Apa itu Google Stadia?
Google Stadia adalah sebuah layanan cloud gaming yang diprakarsai oleh Google. Layanan cloud sudah pernah dengar ‘kan, Sob? Iya, benar! Teknologi pada layanan ini membuat semua data yang kita punya berada dan disimpan pada server yang dapat diakses dari jaringan internet.

Kekuatan Streaming Google Stadia
Disadari atau tidak, tentulah kita sering melalukan aktivitas streaming, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Namun tahukah kamu apa itu streaming dan bagaimana prosesnya?

Ada begitu banyak platform yang memberikan fasilitas streaming bagi para penggemarnya, seperti YouTube atau Instagram. Kita dapat langsung menyaksikan konten berupa audio atau video hanya dengan mengkliknya tanpa melalui pengunduhan.

Hal inilah yang disebut dengan streaming, dimana dalam prosesnya terjadi transfer data dari server (yang kita simpan pada cloud) ke host dan data yang ditransfer pun harus disampaikan secara langsung sesuai dengan kecepatan transfer data yang kita miliki.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Google Stadia yang memberikan streaming dengan kualitas konten hingga 4K HDR dan 60 FPS untuk pelanggan Stadia Pro, serta hingga 1080p dan 60 FPS untuk pengguna non-pelanggan.

4K diartikan sebagai jumlah piksel dari setiap gambar atau sama juga artinya dengan resolusi. Semakin banyak pikselnya maka semakin banyak detail yang dapat ditampung dalam gambar.

Sementara 60 FPS diartikan sebagai 60 frames per second atau banyaknya frame per detik. Semakin banyak frame per detik, maka semakin halus tampilan videonya.
Seperti pengalaman streaming internet lainnya, koneksi berkualitas lebih tinggi akan menghasilkan pengalaman terbaik. Untuk itu, sangat diperlukan kecepatan internet yang stabil dalam penggunaan Google Stadia.

Apa itu Google Stadia Pro?
Jika kamu berlangganan pada Stadia Pro, maka kamu dapat membuka koleksi game gratis yang terus bertambah untuk dimainkan di Stadia. Jika kamu daftar ke Stadia, maka kamu akan menerima langganan uji coba Stadia Pro, yang mencakup bermacam-macam game gratis yang dapat kamu mainkan sekarang dan setiap bulannya.

Untuk detailnya kamu bisa lihat disini ya agar paham. Apa Itu Google Stadia (lengkap)

doobey
sunshii32
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.