• Beranda
  • ...
  • MotoGP
  • Perjalanan Singkat Karir Balap Joan Mir Hingga Menjadi Juara Dunia MotoGP

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Perjalanan Singkat Karir Balap Joan Mir Hingga Menjadi Juara Dunia MotoGP
Joan Mir sukses memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 di GP Valencia. Meskipun hanya finish diposisi ke – 7, tapi raihan tersebut udah cukup untuk mengantarkan pebalap Spanyol ini ketangga juara dunia. Mir berhasil mengumpulkan 171 poin di klasemen MotoGP. Walaupun masih menyisakan satu race lagi, GP Portugal, poin Joan Mir sudah tidak bisa lagi dikejar oleh saingan terdekatnya Marco Morbidelli.


Gelar juara dunia ini bukanlah perkara gampang bagi seorang Joan Mir. Sama halnya dengan pebalap lain, Mir juga memulai balapan dari kelas paling bawah. Pebalap yang lahir di Mallorca, pada 1 Sepetember 1997 ini, terinspirasi membalap dari sang paman yang pernah tampil di ajang 125cc. Dan pada saat berusia 6 tahun, Mir sudah mendapatkan motor pertamanya, yakni Polini.

Joan Mir merupakan pebalap jebolan Red Bull MotoGP Rookies Cup. Pada tahun 2014, di ajang tersebut ia berhasil menjadi runner up setelah meraih tiga kali kemenangan. Ia kalah dari pebalap Jorge Martin. Selang setahun, Mir memulai debutnya di ajang balapan Grand Prix. Kala itu ia memperkuat tim Leopard Racing (Moto3) di Phillip Island. Mir tampil sebagai pengganti pebalap Hiroki Ono yang cedera.

Joan Mir menghabiskan waktu selalu tiga musim di kelas Moto3. Ia berhasil satu kali meraih gelar juara dunia pada tahun 2017. Di musim balap 2018, Mir naik kelas ke Moto2. Menghabiskan waktu semusim di Moto2, Mir hanya mampu menyudahi musim diposisi ke – 6.


Di tahun 2019, Suzuki Ecstar merekrutnya untuk tampil di MotoGP 2019. Dan, penampilannya di musim perdana tidak bisa dibilang buruk untuk sekelas rookie. Ia berhasil finish sembilan kali di 10 besar. Dan diakhir musim, ia dinobatkan sebagai runner up rookie terbaik dibawah Fabio Quartararo.

Dan, di musim balap 2020, pebalap berusia 23 tahun ini sukses meraih gelar juara dunia. Ia berhasil menyudahi penantian panjang Suzuki selama 20 tahun untuk mendapatkan kembali gelar juara dunia. Akankah dimusim 2021 Joan Mir bisa secemerlang musim ini?



Diubah oleh kaskus.infoforum 16-11-2020 02:18
dhinyzfrn
agusn6778
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
MotoGP
MotoGP
icon
1.5KThread2.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.