Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fba32dae83c72656548ae8f/wah-madura-ingin-melepaskan-diri-dari-jatim-setuju
Siapa yang tidak tahu Madura? Pulau di sebelah timur utara pulau Jawa itu demikian terkenalnya. Pada pelajaran di Sekolah Dasar dulu daerah ini terkenal dengan penghasil garam. Sedangkan kulinernya terkenal akan satenya. Senjatanya yang juga sangat terkenal adalah clurit. 
Lapor Hansip
22-11-2020 16:43

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Siapa yang tidak tahu Madura? Pulau di sebelah timur utara pulau Jawa itu demikian terkenalnya. Pada pelajaran di Sekolah Dasar dulu daerah ini terkenal dengan penghasil garam. Sedangkan kulinernya terkenal akan satenya. Senjatanya yang juga sangat terkenal adalah clurit. 

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Pulau Madura (Sumber: dananwahyu.com)


Secara etnis, Madura termasuk suku dengan populasi yang terbilang besar di Indonesia. Berdasarkan sensus tahun 2010 suku Madura berjumlah sekitar tujuh juta lebih. Suku ini tidak hanya berdiam di pulau Madura, tetapi yang berdiam di luar pulau Madura lebih banyak. Banyak diantara mereka tersebar di daerah Tapal Kuda Jawa Timur.

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Jembatan Suramadu (Sumber: voa-islam.com)


Pada umumnya masyarakat Madura dikenal dengan watak yang blak-blakan  dan keras. Salah satu buktinya dulu di sana terkenal dengan budaya carok. Carok adalah peristiwa membunuh atau menghabisi orang lain karena alasan mempertahankan harga diri. Senjata yang digunakan biasanya clurit. Clurit adalah senjata tajam dengan bentuk hampir menyerupai sabit.

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Mahfud MD Menerima Perwakilan Madura (Sumber: cnbcindonesia.com)


Nama Madura semakin bertambah melambung ketika jembatan Suramadu diresmikan pada tahun 2009. Dengan jembatan terpanjang di Indonesia itu nama Surabaya dan Madura menjadi semakin terkenal secara nasional.

Secara administrasi Pulau Madura yang berbentuk seperti badan sapi tersebut saat ini berada pada wilayah Provinsi Jawa Timur. Di daerah itu ada empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. 

Luas pulau tersebut sekitar 4.250 kilometer persegi. Penduduk yang bertempat tinggal di Pulau tersebut berdasarkan data tahun 2010 sekitar 3,5 juta jiwa lebih. Sedangkan secara budaya poulau ini dipengaruhi oleh budaya Islam yang kuat.

Madura dengan segala keunikannya memang menambah kekayaan kasanah budaya Jawa Timur. Tetapi bisa jadi kekayaan khasanah itu berpotensi akan segera hilang. Apa sebab? Ada sementara pihak yang menaspirasikan Madura menjadi provinsi tersendiri, berpisah dari Jawa Timur. 

Salah satu yang terbaru adalah bertemunya perwakilan tokoh Madura dengan Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu 18 Nopember 2020. 

Pada kesempatan itu Ketua Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura, H. Ahmad Zaini mengungkapkan meminta Menkopolhukam Mahfud MD untuk mengawal pembentukan Provinsi Madura tersebut. Ia juga meminta Mahfud MD untuk menjadi figur utama proses Madura menjadi provinsi.

Menanggapio aspirasi tersebut, dilansir CnbcIndonesia.com, 19 Nopember 2020, Menkopolhukam Mahfud MD yang juga berasal dari Madura mengungkapkan bahwa proses menjadi Provinsi tersebut tidak sulit asal syarat minimal sudah terpenuhi. Jika sudah terpenuhi tinggal dibawa ke DPRD Jawa Timur.

Madura Sang Tanah Garam akan menjadi Provinsi tersendiri, akankah DPRD Jawa Timur akan menyetujui? Kapan hal itu benar-benar terjadi? Akan menjadi langkah maju atau permasalahan baru..?I]


Referensi:

1. https://www.cnbcindonesia.com/news/20201118220635-4-202913/pulau-madura-mau-cerai-dari-provinsi-jawa-timur

2. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/04/210000869/daftar-suku-bangsa-di-indonesia?page=all


 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 08:35
tojuk dinnak.. dipikirkan benar" dulu deh positif dan negatif nya
emoticon-Traveller
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 08:53
ngakak sumber gambar jembatan suramadu malah jembatan balerang, mana sumber nya barokah sekali
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 08:56
Setuju.. kan pulau sendiri.. kebudayaan nya juga beda..
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 09:17
Keknya lebih cocok bikin provinsi sendiri deh.
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 09:30
asal jangan lepas dari indonesia aja.
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 09:47
ane sih setuju banget, tp apakah si madura secara keseluruhan ini siap ga? karena skrg aja kalo dibandingin surabaya, pembangunannya masih kalah jauh walaupun ud ada jembatan suramadu.

tapi kalo beneran dijadiin provinsi, plisss perhatiin wisatanya ya. karena selama ini yg ane rasain pemkabnya kurang perhatiin. akses sulit, ga ada kendaraan umum, kurang dikenal masyarakat luas.
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 09:54
Supaya apbd bisa lebih banyak kali yah. Biasa kelas kabupaten apbd ya dikit. Klo sekelas provinsi bisa puluhan kali lipat
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 10:20
pulau sakti ini, kebal hukum..... emoticon-Ngakak
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 10:45
kasih aja udh
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 10:47
setuju gan, dangan mengurus diri sendiri apakah mampu untuk bisa menjadi makmur
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 11:05
kalau emang sudah pede untuk mandiri sih ya silahkan saja. yang penting sudah memenuhi kriteria dan persyaratan administrasi kenegaraan.

emoticon-2 Jempol
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 11:10
oalah, ane nyangkanya madura ini bukan provinsi jatim
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 11:24
pngen mandiri ya jd provinsi banten..

otonomi daerah
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 11:44
Jd pngen Bebek madura hbs baca ini..
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 11:51
Menurut ane nggausah sih. Biar bergabung sama jatim aja, toh sekarang udah terhubung kan
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 12:23
nice info gan
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 12:26
Mayan adaa kursi kosong baru buat yg belum kebagian.....
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 12:38
Kayaknya bakal menemui proses panjang
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 12:56
layak aja sih madura jadi provinsi sendiri.. soalnya meskipun satu provinsi ama jatim, tapi budaya masyarakatnya beda jauh ama budaya jatim.. tp ya semua balik lagi sama yg punya wewenang sih..
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 13:45
boleh lah....budayanya sm orang jawa beda juga.contoh : disurabaya naik motor wajib pake helm klo dibangkalan naik motor wajib pake peci emoticon-Wink
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia