747.400
TS
747.400
Isu Agama Hambat Sigit Prabowo Jadi Calon Kapolri


Bogor - Lembaga pengamat polisi Indonesia Police Watch (IPW) menilai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo sangat berpotensi menjadi calon kepala kepolisian menggantikan Jenderal Idham Aziz. Selain dekat dengan Presiden Jokowi, menurut IPW, Jenderal bintang tiga ini masih berusia relatif muda.

“Sigit sangat berpotensi, apalagi sangat dekat dengan Jokowi, tapi ada kendala yang menghadangnya,” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane ketika dihubungi Tagar melalui pesan WhatsApp, Jakarta. Hanya saja Neta enggan menyebutkan kendala yang dimaksudkan.

Sebagian kalangan berpendapat isu agama akan menjegal mantan ajudan Presiden Jokowi ini maju sebagai kandidat kapolri. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten juga pernah menolak pengangkatan Sigit sebagai Kepala Kepolisian Banten pada 2016 meskipun akhirnya ia tetap dilantik oleh Kapolri Tito Karnavian.

“Masalah agamanya yang Kristen akan menghadangnya (maju sebagai kandidat Kapolri),” kata sumber Tagar yang tak ingin disebut namanya.

Sumber ini berpendapat, hambatan isu agama bukan berasal dari internal institusi polisi. Tapi isu identitas agama Sigit dapat berdampak buruk pada sistem keamanan ketika polisi menghadapi aksi massa yang mengatasnamakan Islam.

https://www.tagar.id/isu-agama-hamba...n-kapolri/amp/

https://www.tagar.id/isu-agama-hamba...n-kapolri/amp/

Karena tuntutan pekerjaan, setiap hari saya bergaul dan bertemu polisi. Saya lihat mereka ada beberapa lho yg jidatnya mulai hitam dan suka sekali mendengarkan ceramah ustad ustad yg provokatif. Ternyata tidak jaminan ya, jadi polisi tidak radikal. Bahkan mereka kalau pulang dinas pakai celana diatas mata kaki. Ini fenomena yg berbahaya, karena mereka punya senjata. Kalau otak sudah dicuci bisa sangat mengerikan.
21stmessengerevywahyuniviniest
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
11
8.5K
117
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.