• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Yuk Simak Sejarah Singkat Tentang Honda CBR1000RR yang Sedang Viral

Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Yuk Simak Sejarah Singkat Tentang Honda CBR1000RR yang Sedang Viral
Foto: honda.co.jp

Honda CBR1000RR merupakan salah satu motor semi motoGP yang diproduksi dan dijual oleh pabrikan Honda. Fakta menariknya adalah jika model CBR1000RR di luar Jepang diberi nama Fire Blade.

Sejarah singkat perjalanan Honda CBR

CBR1000RR (SC57) telah muncul sebagai model baru dalam seri Fire Bladeyang berlanjut sejak CBR900RR (1992). Fire Blade adalah model khusus di luar negeri, tetapi versi Jepang dirilis dari model sebelumnya CBR954RR (2002), dan memulai dipasarkan pada bulan April 2004.

Desainnya mengingatkan pada motor Honda RC211V, yang merupakan generasi MotoGP saat itu, CBR954RR juga mengadopsi sebagian dari RC211V. Setelah menjalani dua perubahan skala kecil pada model SC57 ternyata kurang memikat hati konsumen, kemudian perubahan model Kembali dilakukan secara penuh (SC59) dilakukan pada Juli 2008. Kemudian perubahan model Kembali dilakukan pada bulan Maret 2017 yang berevolusi menjadi CBR1000RR SP.

Foto: honda.co.jp

Seri yang menggunakan "SP" tandanya memakai baterai lithium-ion yang ringan serta tangki bahan bakar terbuat dari bahan titanium. Pada tahun 2019 lahir juga model penerus CBR1000RR yaitu CBR1000RR-R yang muncul tahun ini dan menjadi seri terbaru dari produsen Honda.

Spesifikasi Honda CBR1000RR

Mesin: DOHC 4 silinder segaris berpendingin air
Celinder: 999cc
Transmisi: 6 kecepatan
Diameter : 76 x 55.1mm
Rasio kompresi: 13.0: 1
Intake: 48mm throttle body / dual injector
Ban depan: Bridgestone Battlax S21 120 / 70ZR-17
Ban belakang: Bridgestone Battlax S21 190 /b50ZR-17
Dasar roda: 55,3 inci (1405mm)
Tinggi kursi: 32,8 inci (834mm)
Kapasitas tangki: 4.2 gal. (16L)
Berat perawatan: (model UE) 429,9 lbs. (195 kg)

Foto: honda.co.jp

Honda ini dilengkapi dengan radiator berpendingin air, dengan teknologi DOHC,in-line 4-silinder 1000cc, menjadikan motor ini menyerupai model super sport. Perubahan pada rangka juga dilakukan agaka kecepatan bertambah dengan cara pengurangan bobot rangka secara menyeluruh. CBR1000RR juga mengadopsi sistem teknologi kontrol elektronik, dan menggunakan knalpot titanium juga.

Foto: honda.co.jp

Dalam pergantian gigi persneling baik naik atau turun bisa tanpa menggunakan kopling atau tanpa memperlambat kecepatan jika ingin menurunkan gigi, itu karena sistem perpindahan gigi yang sangat cepat.

Pemakaian BBM juga tergolong irit kategori cc besar, dengan estimasi penggunaan 25km / L jika kecepatan 60km / jam.

Referensi: Honda CBR1000RR Fireblade SP arrives
Diubah oleh Sambelterasi052 21-11-2020 02:12
nirankaraisu152tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
8.9K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.