News
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbb4f84263772638538818f/soal-masuk-sekolah-januari-kpai-tuding-pemerintah-lepas-tanggung-jawab
Suara.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai pemerintah pusat lepas tangan dengan memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah dalam kebijakan pembukaan sekolah pada Januari 2021. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, pemerintah pusat tidak bisa lepas tangan begitu saja, sebab kemampuan pemerintah daerah terbatas. "Menurut saya bentuk lepas tan
Lapor Hansip
23-11-2020 12:58

Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab

Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung JawabSuara.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai pemerintah pusat lepas tangan dengan memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah dalam kebijakan pembukaan sekolah pada Januari 2021.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, pemerintah pusat tidak bisa lepas tangan begitu saja, sebab kemampuan pemerintah daerah terbatas.

"Menurut saya bentuk lepas tanggung jawab. Seharusnya bukan diserah Pemda, akan tetapi dibangun sistem informasi, komunikasi, koordinasi dan pengaduan yang terencana baik sehingga pemerintah pusat dan pemda dapat bersinergi melakukan persiapan buka sekolah dengan infrastruktur dan protokol kesehatan di sekolah,” kata Retno kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Retno menilai anggaran pemerintah daerah tak semuanya cukup untuk memenuhi semua daftar syarat protokol kesehatan di sekolah seperti swab test untuk warga sekolah dan sarana prasarananya,

"Buka sekolah bukan hanya berpedoman pada separuh jumlah siswa dan protokol 3M saja, tetapi perlu menyiapkan infrastruktur, biaya tes swab, dan ujicoba kepatuhan seluruh warga sekolah terhadap protocol kesehatan. Kalau APBD tidak mampu membiaya bagaimana? Apa kita biarkan sekolah berpotensi kuat menjadi klaster baru?," jelasnya.

Oleh sebab itu, Retno meminta pemerintah pusat harus tetap bertanggung jawab, tidak serta merta menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah.

"Kalau Daerah belum siap, maka tunda dulu buka sekolah, meskipun di daerah itu zonanya hijau," sambungnya.

KPAI juga mendorong tes swab bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dengan biaya dari APBD dan APBN sebelum memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Tes swab untuk peserta didik dapat dilakukan secara acak (sampel), namun biayanya juga dibebankan pada APBD dan APBN," katanya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk membuka kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka per Januari 2021 tanpa mempertimbangkan zona resiko penularan covid-19 lagi.

Pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah bersama sekolah dan orang tua murid untuk mempersiapkan diri membuka sekolah.

Kebijakan ini dilakukan untuk menyelamatkan anak Indonesia dari ketertinggalan pelajaran karena berbagai masalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti kondisi mental pelajar maupun tekanan psikososial dan kekerasan dalam rumah tangga.

PJJ yang sudah berjalan sembilan bulan dinilai tidak efektif karena minimnya sarana prasarana pendukung seperti tidak adanya gawai dari siswa dan akses internet yang tidak merata, terutama di daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Keputusan ini diketok oleh empat menteri yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, serta direstui oleh Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

https://www.suara.com/news/2020/11/2...ni_news_list_4

Jangan loss begitu saja soal sekolah di buka kembali.
Simulasikan dulu di daerah2 zona hijau.
Tuk zona merah macam jakarta dkk yaa kagak bisa di buka dulu,berbahaya tuk anak2.
Saran aja...sekolah di buka namun masuknya secara bergilir tuk sekolah menengah dan menengah atas.
Tetap ada PJJ tapi di barengi dengan adanya tatap muka.
Seminggu PJJ seminggu sekolah.
Pemerintah jangan gegabah dalam kondisi pandemi ini.
Jgn liat soal anak doang tapi liat situasi politik juga.
Karna politik di indonesia sangat tidak sehat sekarang.
Sekali ada kejadian maka timbul kegaduhan baru di negeri ini.emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:01
Di kampungan gue udah ada tuh yg mulai aktif sekolah, jakarta loh padahal cuma bukan negeri sih, swasta kecil yg bayarannya murah gitu sekelas paling cuma 15an orang. Bocil2 semua, sd kayaknya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:04
Nanggung nih gooblok nya, kurang 1 semester emoticon-Traveller biar khatam sekalian
Diubah oleh buatbarulagi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:07
pakai protokol kesehatan secara ketat saja...awasi dengan sungguh2
mental anak2 sudah terganggu dan pendidikan sudah jauh tertinggal
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:15
horeee masuk sekolah lagiiiiiih

{thread_title}
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:17
Fleksibel aja lah, liat sikon wilayahnya.
Kalau di pelosok ngapain jg ada swab.
Swab utk zona merah dan mobilitas penduduk tinggi aja.
Anak gak sekolah tatap muka malah buat stress, gak bs main sama temen sebaya
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:23
Hati-hati menjadi klaster baru nanti.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:26
Haloo..

Gimana siswa DKI bisa masuk sekolah, kalau penambahan kasus positif nya malah mencetak rekor ?!?!
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:34
persiapan klaster copid ke dua, nambah sumber dari sekolah dan universitas, intinya jangan si tua dan dewasa doang yang mampus, remaja dan bocah juga mesti ikut mampus! emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 13:41
Ya gpp klo harus jalan jg
rumah ibadah,pasar,bahkan mall udah buka
Masa sekolah gk dibuka,anak nya dijaga2 biar gk kerumunan tau2 kena jg dr bpk,ibu,atau saudara nya

Klo anak gw msh blm dikasih bini gw kaya nya,tahun depan pun klo suasana nya blm kondusif dan sekolah tetap buka,bini gw milih untuk biar aja skip 1thn pendidikan kata nya
profile-picture
indradika memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 14:02
Maen aman ala nadiem.
Serah lu pada mau buka kapan.


Gue rasa mau zona merah ijo putih, 1 orang OTG masuk, bubar semua lu pada.
profile-picture
wy2312 memberi reputasi
1 0
1
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 14:54
loss doll
0 0
0
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 15:56
ngerri bgt emoticon-Takut
0 0
0
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 16:32
orang udah ngajak 'damai' korona
ya iyalah dibiarin buka januari meski kasus meningkat terus....
0 0
0
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
23-11-2020 18:04
Di mana kpai ketika bocah yaman teriak makian, umpatan, sumpah-serapah dan pelecehan martabat manusia dan sejlh institusi negara? Org yg sama teriak repolusi aklak..
Semua itu dikonsumsi anak2 secara bebas. emoticon-Cool
0 0
0
Soal Masuk Sekolah Januari, KPAI Tuding Pemerintah Lepas Tanggung Jawab
24-11-2020 00:00
kan katanya vaksinya sakti pak emoticon-Ngakak
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia