KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Tips Mengatasi Mesin Mobil yang Berat Ketika Nyalain AC

Mungkin disini Agan dan Sista ada yang pernah ngerasain mesin mobil tiba – tiba berat ketika AC dinyalain. Apa yang kalian lakukan waktu itu? Kalau melihat kebiasaan yang dilakukan banyak orang, mereka akan mematikan AC mobil supaya mesin kembali normal. 


Nah, ternyata GanSis, cara diatas bukan penangan yang tepat. Ada penyebab lain yang lebih spesifik dan tentunya bisa ditangani supaya mesin mobil tetap kuat ketika AC dinyalain. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

Kompresor kebesaran

Kompresor yang terlalu besar ternyata juga bisa menjadi penyebab kinerja mesin menurun, apalagi pada saat AC dinyalain. Biasanya hal ini terjadi pada mobil yang kompresornya mendapat upgrade dari yang punya. Kalau kompresornya masih bawaan, masalah kayak gini nyaris gak ada.

Kemungkinan besar kompresor baru yang digunakan mempunyai spesifikasi yang kurang cocok dengan mesin mobil. Jika tetap dipaksakan, makan tarikan mesin akan terasa berat saat AC dinyalain. Untuk menghindari masalah ini, jangan upgrade prosesor dengan komponen yang gak cocok dengan mesin mobil.

Setelan RPM salah

Pengaturan Revolutions per Minute (RPM) punya pengaruh dan kinerja mesin baik mobil injeksi maupun karburator. Mobil yang menggunakan sistem injeksi, RPM biasanya disetel otomatis oleh ECU (electronic control unit). Namun, pada mobil sistem karburator, penyetelan dilakukan manual. Umumnya, RPM saat mobil dalam kondisi diam dan AC mati adalah 800 rpm. Sedangkan jika AC dihidupkan, maka akan meningkat menjadi 900-1000 rpm. Nah ini bisa jadi referensi nih GanSis untuk mobil kalian.

Sirkulasi udara terhambat

Beratnya mesin juga bisa disebabkan oleh sirkulasi udara yang kotor, mulai dari komponen, saluran AC, kondensor, dan evaporator. Kinerja AC tentunya akan terganggu jika salurannya kotor. AC akan bekerja lebih berat untuk menghasilkan udara yang dingin. Oleh karena itu, rajin – rajinlah membersihkan AC mobil.

Ganti oli tidak teratur

Oli memang hampir tak dapat dipisahkan dari kinerja mesin. Tidak mengganti oli secara berkala ternyata juga bisa membuat mesin mobil berat saat AC hidup. Jenis oli mobil yang sudah terlalu lama digunakan akan membuat komponen mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Oleh karenanya, gantilah oli mobil Anda secara berkala dan tentunya menggunakan oli yang sesuai.

Filter kotor

Filter udara yang kotor akan membuat aliran udara menuju ruang pembakaran terhambat. Ini akan berdampak pada peforma mesin. Peforma mesin akan terasa berat, terutama ketika nyalain AC. Untuk menghindarinya, bersihkan filter udara dari kotoran yang menghambat aliran udara. Jika terlalu kotor, mending ganti dengan yang baru GanSis.


nohopemiracle
japarina
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.