• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah 7 Fakta Menarik Mengenai Kuwait, Pemilik Mata Uang Tertinggi Di Dunia

om.uwieAvatar border
TS
om.uwie
Inilah 7 Fakta Menarik Mengenai Kuwait, Pemilik Mata Uang Tertinggi Di Dunia



Illustrasi (Image: Getty Images)


RumahMigran.com – Fakta tentang negara Kuwait pastilah tidak bisa dibayangkan sebelumnya. Selalu diidentikan dengan jazirah Arab yang tandus, cuaca panas dan padang pasir adalah sebagian anggapan stereotip tentang Kuwait. Padahal terdapat banyak fakta tentang negara Kuwait yang apabila Sahabat Migran mengetahuinya, maka anggapan tentang Kuwait yang klasik akan berganti dengan perasaan kagum.




Illustrasi (Image: Getty Images)


Sudah siap? Marilah melanjutkan membaca artikel di bawah berikut ini mengenai fakta tentang negara Kuwait.


1. Berjuluk Negara Cabe Rawit


Illustrasi (Image: Getty Images)


Dijuluki sebagai negara cabe rawit bukan karena negara ini penghasil cabe rawit.


Namun karena negara ini adalah sebuah negara kecil dan luasnya hanya setengah dari luas provinsi Jawa Barat saja, namun memiliki banyak keunggulan devisa terutama dalam sektor ekonomi.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Disebabkan oleh sumber daya alamnya yang berupa minyak bumi yang begitu melimpah dan pemerintah Kuwait dapat mengelolanya dengan sangat baik. Cadangan minyak milik Kuwait sendiri diketahui mencapai 96,8 miliar barel atau 10% cadangan dunia, nomor empat di dunia. Deposit gas alamnya mencapai 1,498 triliun meter kubik atau 1,1% deposit gas alam dunia. Minyak bumi yang dimilikinya menyumbang 90% pendapatan negara dan setengah dari GDP negara tersebut.


2. Memiliki Mata Uang dengan Nilai Tertinggi Di Dunia


Illustrasi (Image: Getty Images)


Untuk informasi, mata uang Kuwait adalah mata uang yang nilainya tertinggi di dunia loh!


Jika kalian menjawab dolar, euro, atau bahkan pondsterling adalah sebagai mata uang dunia yang nilainya tinggi. Itu salah. Mata uang Kuwait yaitu Dinar, memang benar-benar menempati peringkat pertama sebagai mata uang terkuat di dunia.


Illustrasi (Image: Getty Images)


1 dinar saja nilainya sama dengan 3,25 US dolar, dan jika dikonversi ke dalam rupiah, 1 dinar bisa mencapai 49 ribu rupiah. Wow!


Wajar saja hingga saat ini Kuwait termasuk ke dalam jajaran negara dengan pendapatan negara dan pendapatan perkapita tertinggi di dunia karena mampu mengolah sumber daya alamnya dengan sangat baik, yang berdampak pada mata uang yang dimilikinya, yakni Dinar Kuwait.


3. Air Lebih Mahal dari Minyak


Illustrasi (Image: Getty Images)


Di Kuwait, harga 600 ml air mineral adalah 100 fils atau 3.400 rupiah sementara harga 1 liter bensin hanyalah 65 fils atau hanya 2.210 rupiah saja. 73,5% sumber air bersih di negara Kuwait berasal dari air laut yang dijernihkan, karena sudah mengalami krisis air bersih yang disebabkan instalasi yang ada tidak memadai. Letak sumber air bersih negara Kuwait berada di wilayah Al-Shiqaya dan Al-Rawdatayn, namun keberadaan sumber air tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih secara nasional.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Oleh karenanya, Kuwait kemudian melakukan penyulingan air laut untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. Eits, tetapi jangan salah mengartikan ya! Meskipun Kuwait sumber daya airnya buruk, tetapi WHO menetapkan mereka sebagai negara pengolah sumber mata air dan air limbahnya dengan kualitas terbaik di dunia diikuti oleh Bahrain, Yordania, Tunisia, Oman, Maroko dan Lebanon.


4. Gudang Ban Bekas yang Terlihat dari Luar Angkasa


Illustrasi (Image: Getty Images)


Di Kuwait, letaknya di daerah kota Sulaibiya kita dapat menemukan pemandangan hamparan pembuangan ban bekas yang sangat besar. Ternyata di sana adalah lokasi pembuangan ban bekas terbesar di dunia. Bahkan saking besarnya, jika kita melihat dari luar angkasa, maka lokasi pembuangan ban bekas itu sangat terlihat nyata. Karena sangat banyak jumlah ban bekas yang ada, setiap tahun petugas pembuangan dilokasi tersebut harus menggali lubang raksasa setiap tahunnya supaya dapat menampungnya.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Meskipun lokasi penguburan ban bekas tersebut menghasilkan dana yang tidak sedikit.


Kenapa perusahaan di Kuwait menerima ban-ban bekas dari perusahaan di Eropa? Meskipun jauh lokasi pembuangannya hingga ke Kuwait, mereka akan kirim karena di Eropa pembuangan ban bekas adalah ilegal. Sementara di Kuwait ban bekas akan didaur ulang menjadi beberapa produk seperti tempat bermain anak-anak, jogging track, arena olahraga, bahan bakar pembuatan semen, dasar karpet, hingga lantai karet.


5. Jika Musim Panas, Panasnya Sangat Panas, Jika Musim Dingin Dinginnya Sangat Sejuk


Illustrasi (Image: Getty Images)


Di Kuwait, suhu pada musim panas dapat berkisar antara 50 hingga 54 derajat celcius.


Bahkan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) secara resmi mengevaluasi rekor suhu ekstrim di beberapa negara mengatakan dua negara yakni Kuwait dan Pakistan sebagai negara bersuhu paling tinggi yakni bersuhu 54 derajat celcius. Bahkan ketika dievaluasi oleh WMO, daerah di Mitribah, kuwait menunjukkan suhu 53,9 derajat Celcius dan merupakan suhu tertinggi dalam 76 tahun terakhir.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Kenyataan lain bahkan terjadi di saat musim dingin, yang tidak kalah ekstrim. Suhu yang terjadi di kuwait terutama di daerah gurun biasa berada dibawah 0 derajat Celcius, tepatnya-5 derajat Celcius. Meski begitu untungnya masyarakat Kuwait sudah terbiasa dengan kondisi cuaca tersebut, beberapa aktivitas seperti pergi ke taman dan pantai tetap biasa mereka lakukan meskipun di musim dingin.


6. Syurga Bagi Pemburu Harga Murah dan Gratisan


Illustrasi (Image: Getty Images)


Pemerintah Kuwait tidak tanggung-tanggung dalam memanjakan penduduknya. Apalagi jika bukan layanan fasilitas umum yang disediakan hampir di penjuru kota. Bahkan ada yang gratis, kalau tidakpun maka harganya akan sangat murah. Potensi energi matahari dan angin yang melimpah di Kuwait dimanfaatkan untuk memberikan sumber daya listrik melimpah dan gratis kepada penduduk Kuwait. Selain itu, layanan kesehatan seperti rumah sakit, misal untuk biaya persalinan saja hanya diminta iuran biaya 1,5 KD sampai 2 KD saja atau jika dirupiahkan sekitar 75 ribu hingga 100 ribu rupiah sudah mencakup semua biaya.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Maka jangan heran, karena murahnya biaya layanan rumah sakit terutama untuk persalinan, maka rata-rata orang Kuwait anaknya banyak. Dan untuk layanan transportasi di Kuwait, hanya tersedia bus umum. Karena kebanyakan orang Kuwait memiliki mobil pribadi. Mobil di Kuwait harganya hanya 40% hingga 25% dari harga mobil di Indonesia. Selain itu, di Kuwait juga banyak ditemukan kursus Bahasa Arab gratis di perguruan-perguruan tinggi seperti di Kuwait University.


7. Kuwait Memiliki Salah Satu Bangunan Tertinggi di Dunia


Illustrasi (Image: Getty Images)


Kuwait memiliki bangunan tertinggi di dunia saat ini yang bernama Al Hamra Tower. Adalah sebuah gedung pencakar langit setinggi 412,6 meter yang merupakan sebuah rancangan perusahaan arsitektur Skidmore, Owings and Merrill, merupakan gedung tertinggi di Kuwait.


Selain menempati posisi pertama untuk bangunan tertinggi di Kuwait dan ke-20 di dunia, bangunan ini juga mendapat banyak pujian lantaran mampu bertahan dalam kondisi iklim yang begitu panas.


Illustrasi (Image: Getty Images)


Al Hamra memang memiliki arsitektur modern yang sangat baik dan indah. Lifnya juga cepat dan di setiap sudut jendelanya terdapat rangkaian desain yang menarik. Dari atas Al Hamra, Sahabat Migran dapat menyaksikan pemandangarn seluruh kota Kuwait dan semenanjung gurun Kuwait. Nah, itu tadi 7 Fakta menarik tentang kota Kuwait, yang merupakan salah satu negara kaya di jazirah Arab dan memiliki nilai uang paling tinggi di dunia, menarik bukan?


nirankara
red23rd
tien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
8.8K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.