depata.prasetyaAvatar border
TS
depata.prasetya
Bolehkah Percaya Teori Konspirasi ?




Apa kabar Para Pecinta Horrordimana pun kalian berada
Semoga mereka yang tak kasat mata selalu menemani kalian.



Sebagai orang yang sering membahas tentang teori konspirasi, TS harusnya sudah terlambat untuk menjelaskan tentang teori konspirasi itu sendiri. Lalu kenapa TS bikin trit buat menjelaskan teori konspirasi ? Karena dari pengalaman TS membuat trit teori konspirasi, TS masih melihat komen-komen orang yang masih belum paham tentang apa itu teori konspirasi, ya walaupun gak banyak.

Lalu apa itu Teori Konspirasi ?Teori Konspirasi adalah teori yang menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu serangkaian peristiwa (pada umumnya politik, sosial, tragedi kemanusiaan serta sejarah) adalah suatu rahasia dan seringkali memperdayai/mengaburkan dari fakta, direncanakan dan dilaksanakan secara diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa dan berpengaruh.

Atau kalau lebih simpel nya teori konspirasi adalah anggapan kalau sebenarnya ada dalang di balik terjadi nya suatu peristiwa, apalagi kalau melibatkan hal-hal yang berbahaya, ilegal, atau bahkan rahasia. Dan biasanya dalang dalam peristiwa tersebut adalah orang berkuasa yang tergabung dalam suatu perkumpulan rahasia.

Dengan adanya ketakuan dan ketidak pastian itu lah yang menyebabkan teori konspirasi itu muncul.


Kenapa Orang Percaya Teori Konspirasi ? Karena setiap orang sangat mudah terkena yang namanya Bias Proporsionalitas. Maksudnya adalah banyak orang yang percaya kalau kejadian besar harus dijelaskan dengan sesuatu yang besar pula.

Menurut Dr Aleksandra Cichocka dari Kent University menjelaskan bahwa seseorang akan merasa spesial jika mendapatkan informasi yang lebih dari pada orang lain tentang kejadian luar biasa yang sedang terjadi.

Ditambah lagi kecenderungan seseorang untuk melakukan yang namanya cocoklogi dapat membuat orang lebih gampang percaya teori konspirasi. Cocoklogi adalah sikap menyimpulkan sesuatu dari beberapa hal yang dianggap memiliki kemiripan.

Sebagai contoh coba lihat gambar dibawah ini:

Quote:


Itu adalah gambar bundaran HI yang ada di Jakarta, namun pasti ada dari GanSist yang melakukan cocoklogi gambar tersebut dengan gambar iluminati.


Lalu yang jadi pertanyaannya sekarang, Bolehkan kita percaya Teori Konspirasi ?Ada banyak cara untuk melawan teori konspirasi, salah satu nya adalah dengan selalu mencari bukti dan bukan hanya asumsi. Tapi disisi lain, selagi itu tidak merugikan orang lain, GanSist masih boleh percaya dengan teori konspirasi.

Tapi kalau menurut TS sendiri, karena teori konspirasi akan terus ada dan mungkin akan semakin banyak berkembang kedepannya, GanSist boleh percaya teori konspirasi, tapi jangan percaya 100%, karena di setiap thread TS yang membahas tentang teori konspirasi, TS pasti menjelaskan bahwa sesungguhnya teori konspirasi itu masih abu-abu (bisa ya dan bisa tidak).


So gimana GanSist apakah kalian percaya tentang teori konspirasi ? Lalu teori konspirasi apa yang GanSist pikir itu adalah real ?
Komen Dibawah.


Jika ada tambahan/koreksi dalam thread ini, Komen Dibawah. Dan jika GanSist punya cerita horror yang unik versi GanSist atau ada saran untuk next thread horror selanjutnya, Komen Dibawah





Sumber : Opini Pribadi
Sumber Gambar :  12
Referensi :  1234




er]

Diubah oleh depata.prasetya 23-02-2021 14:21
sunshii32
EriksaRizkiM
nirankara
nirankara dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.6K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.