Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbb0ad0af7e934db723bb68/gimana-cara-mengatasi-toxic-friend
Kira-kira begini ilustrasi yang menggambarkan cerita gue di bawah ini:)b Aduh sori openingnya kacau hahaha. Oke langsung aja. Gue punya shbt yg sifat negatifnya lebih sering keluar daripada sifat positifnya. Sering marah² krn hal sepele, sering marahin gue juga. Suka maksa. Pengennya dimengerti tapi gapernah mau ngertiin. Kalo ada keinginan harus diturutin gabisa engga. Kalo dikritik baik² pun g
Lapor Hansip
23-11-2020 08:05

Kesel Punya Temen Kek Gini

Gimana cara mengatasi toxic friend?

Kira-kira begini ilustrasi yang menggambarkan cerita gue di bawah iniemoticon-Blue Guy Smile (S)

Aduh sori openingnya kacau hahaha.

Oke langsung aja.
Gue punya shbt yg sifat negatifnya lebih sering keluar daripada sifat positifnya. Sering marah² krn hal sepele, sering marahin gue juga. Suka maksa. Pengennya dimengerti tapi gapernah mau ngertiin. Kalo ada keinginan harus diturutin gabisa engga. Kalo dikritik baik² pun ga pernah mau nerima. Ga jarang, gue suka direndahin juga sama dia. Pokoknya semua sifat negatif tuh dia borong guys, sampe² aku dan temen² yg lain sering gak nyaman kalo deket² dia.

Kita punya grup squad gitu dan diantara temen yang lain, gue yg paling apet sama dia. pokoknya udah kayak sodara aja. pada dasarnya dia tmn yg asik bgt. tapi ya gitu, sifat negatif dia kalo kumat beuh bener² bikin gak mau deket² dia. Tiap lagi bareng sama dia tuh adaaa aja yg bikin dia marah dan ngomel² yg rata-rata masalah sepele doang. Gue sih sering ingetin dia tentang sifat buruknya tapi dia suka gak nerima. Dia bilang, "ya terus, apa gue gapunya hak untuk marah² ? Gue juga manusia gue bisa marah"
Kalo udah begitu sih yaudah, gue sering ngalah aja. Tapi yg gabisa gue toleransi adalah, kalo dia lagi marah ke gue suka keterlaluan, berbagai kata² kasar dan cacian dia keluarin semuanya.
Ga lupa juga dia sumpah serapah segala macem, "gue sumpahin lo jatoh dari motor di jalan raya sampe masuk kolong bus". Waktu itu gue juga balik marah saking sakit atinya, dan jauhin dia selama 2 bulan tapi akhirnya kita akur lagi.

Kejadian lainnya yg bikin gue makin cape punya temen kayak dia adalah beberapa minggu yg lalu. Waktu itu kita berantem di cafe hanya karena gue gabisa nurutin permintaan dia doang. Dia nyuruh gue nginep di kosannya tapi gue gabisa karena mendadak sakit, ya padahal dia juga tau gue sakit tapi tetep maksa dan gue tetep nolak krn ingin istirahat di rumah. Akhirnya di depan parkiran cafe, dia marah²in gue abis-abisan selama 10 menit. Manaan suaranya gede banget sumpah. Hanya karena perkara gue nolak permintaan dia itu. Disini sih bukan masalah marah²nya, tapi gue kecewa dia marah²in gue didepan umum. Bayangin aja itu tukang parkiran dan orang² yg lewat depan cafe, sampe orang yg ada di sekitar cafe tuh nontonin kita. Gocar yg dia pesen kan udah nyampe, sampe harus nungguin dia lama banget gara² dia lagi marahin gue, dan ikut nontonin juga. Gue sempet bilang ke dia, "lu kalo mau marah boleh tapi plis jangan disini"
Dan seperti biasa, dia gak terima.
Alhasil, gue nahan malu sampe dia masuk mobil gocar nya. Selama dia marah sih gue lebih banyak diem aja dan ngomong seperlunya. Berusaha tenang, tapi jauh di dalem hati, gue udah gak tahan.
Dan lagi², kita akur kayak gak ada masalah, karena dia ngontekin gue keesokan harinya, ngajak ngobrol seperti biasa di chatan.

Mungkin dari luar gue keliatan biasa aja. Tapi sejak hari itu, gue makin males deket² sama dia. Gue masih marah dan kecewa sama dia, tp gak mau diungkapin.
Udah banyak perilaku kasar dia ke gue kalo lagi marah² tapi yang paling bikin gue sakit hati bgt adalah dua kejadian diatas. Baru kali ini gue punya tmn yg begini parahnya.
Menurut gue, sifat buruknya ini udah gak bisa dimaklumin lagi.
Makanya udah semingguan ini sikap gue ke dia beda banget, jadi agak cuek.
Dari yang tadinya sering fastresp bales chat dia, jadi slowresp bahkan gak bales sama sekali. Dari yang tadinya sering curhat ke dia, jadi gapernah. Gue juga ga akan lagi sering main sama dia. Pokoknya gue bikin banyak batasan, supaya dia gak seenaknya sama gue. Tapi gue bukan mutusin tali pertemanan, cuma jaga jarak aja. Gue pribadi akan tetep coba jadi temen yg baik buat dia. Kalo dia curhat, oke gue dengerin. Kalo dia minta bantuan, oke gue bantuin. Tapi sikap gue ke dia ga akan pernah kayak dulu lagi.

Nah puncaknya, semalem dia sadar bahwa gue sekarang berubah. Dia chat gue panjang banget mengungkapkan keluh kesahnya tentang sikap gue yang berubah drastis. Gue sih bilang ke dia, "masa sih? Emang gue berubah gimana? Perasaan lu aja kali?"
Dia juga minta gue jujur kalo dia ada salah. Pengen jujur sih, tapi saking kecewa gue ke dia udah terlalu dalem, gue gak mau terus terang ke dia. Gue udah bener² gak respect lagi ke dia 100%.
Menurut kalian baiknya gimana nih? Gue harus apa?
Dan tindakan yg gue lakuin ini bener gak ya? Ada rasa takut sih, takut tindakan ini berdampak buruk misal karma. Takut suatu saat gue balik dijauhin tanpa sebab sama sahabat yg lain, kan rasanya gak enak ya.
Thx udah nyempetin baca guys.. maaf isi ceritanya terlalu panjang🙏
Diubah oleh Qqkiki17
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan evywahyuni memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 11:14
Tambahin spasinya mang
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 11:26
terusin aja dingin ke dia, gak perlu kasih penjelasan yg berulang2 yg dia gak mau denger, masa di diemin gt masih gak mau sadar,

gw dulu jg punya cerita mirip kek elu, intinya gw ama temen se kamar gw gak akur sampe gw pindah kosan, kita diem2an selama setahun. setelah setahun kt akur lg dan alhasil dia berubah.

well mungkin gak smua cerita punya solusi yg sama tp at least bisa dicoba, dan kalo misalkan sampe beneran gak kenal satu sama lain, setidaknya ente lepas dr sifat buruknya.
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 11:55
Panjang bgt kek baca cerpen, jauhin aja sist jgn terlalu deket
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 12:07
maybe you must try to lost contact with her
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 12:54
gak usah ...

kamu cocok sama dia...

sama-sama **** ( sensor )
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 16:42
kalo gak bisa rubah karakternya, yaudah jauhi orangnya
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 17:04
tinggalkan emoticon-Traveller
ntar ente capek sendiri kalo ngeladenin trus emoticon-Big Grin
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
23-11-2020 22:56
Cari minimal 3 kumpulan teman.
1 grup ada masalah, masih punya 2 grub utk didatengin buat main bareng.

emoticon-Menang
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
24-11-2020 08:32
1. Lu ga jauhi dia tanpa sebab (ada sebabnya), jadi jangan takut suatu saat lu dijauhin temen2 lu tanpa sebab

2. Bener tindakan lu. Ga usah ngomong lah penyebab lu jauhin dia. Percuma juga lu ngomong ke dia, orang emang dasarnya sifat dia begitu. Biarin aja dia mikir sendiri.

3. Kedepannya lu cari aktivitas lain sama temen2 lu yg ga deket/kenal sama dia atau yang ga nyaman juga sama dia. Banyakin aktivitas sama mereka sehingga lu punya alasan utk ga nerima ajakan dia.

Btw, temen lu normal apa belok si? Cuma temen kok obsesif banget gitu?
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
24-11-2020 11:58
Cuma temen kan? tegas dikit kalo cuma temen, kasih dia pilihan kalo cuma dinasehatin sama dicuekin aja belom tentu mempan, kasih pilihan ke dia, bilang ke dia terus terang, "kalo lu masih suka marah2 ke gw, gw bakal jaga jarak ke lu", "kalo lu bisa ngerubah sikap lu, baru kita bisa kaya biasa lagi" gausah takut kehilangan temen yg toxic, gausah ga enakan sama orng, selama ga ngerugiin
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
24-11-2020 13:14
Dirukyah aja temennya mungkin ketempelan jin jahat suka marah2. Kalau nggak disediain makanan terus biar ga gampang spaneng. Itu kalau kamu teman yg baik. Kalau kamu teman yg jahat ya udah tinggalin aja sih. Jauhin aja. Biar tenang hidup kamu bisa ngegosipin dia ke mana2.
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
28-11-2020 13:32
Jaga jarak
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
28-11-2020 15:08
Dear TS,
ini gw baca sekilas aja sihh ga semuanya ya
perihal temen yg toxic

d mana pun org toxic itu pasti ada
klo ada yg toxic d dalam circle lu yg ga bisa diubah
maka cukup hindari n jaga jarak aja

jgn sampe ketularan n kebawa toxic nya
bgm pun hindari hal2 yg membuatmu tdk nyaman

semua itu pilihan kok
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
28-11-2020 16:33
Saran saya sich coba ingat2 kebaikan dia ke kamu.
Sejahat2 nya orang pasti pernah berbuat baik.
Pasti susah.
Karena gak semua orang bisa begitu.
Klo kata orang bijak, itu kamu lagi ikut ujian kehidupan.

Kan kalian sahabatan.
Pasti tau lah baik buruk nya.
Anggap aja ini ujian persahabatan kalian.
Kadang konflik itu bisa membuat erat persahabatan.

Kecuali kamu bisa berubah 180 derajat dari musuhan jadi temenan.
Klo saya sich, misalnya kesel ama orang itu paling cuma bertahan 1 hari doank.
Setelah 1 hari rasa kesel dan emosi hilang.
Makanya kesel ama orang itu jangan lama2.
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
28-11-2020 16:48
Temenan tapi gausah terlalu deket.

Apa yg lo lakuin udah bener kok dan inget lo punya hak atas semua keputusan lo tanpa mikirin urusan orang bakal gimana.

Karma? Emang ada, tapi disini siapa yg salah? Kan bukan lo
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
28-11-2020 17:21
kasih pacar aja

kalo gak lapar, ya pengen ngentot yang bikin orang suka marah-marah emoticon-Big Grin
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
02-12-2020 00:53
Mungkin dia waktu itu lagi ada perlu banget minta ditemenin, kecuali dia emang lg pengen manja aja.

Jika memang berteman sama dia lebih banyak manfaat nya dibanding mudharatnya, lanjut aja jgn putus silaturahmi.

Who knows siapa tau suatu saat kita masih butuh dia,,,

Rezeki orang tetap nyambung silaturahmi ada aja lo gan.
0 0
0
Gimana cara mengatasi toxic friend?
02-12-2020 05:56
Kalau memang teman dekat, sebenarnya terbuka dan jujur itu penting. Kalau ada ganjalan, ngomong aja terus terang. Kalau dia terima dan berubah, bukannya itu malah lebih baik? Dengan ente diam aja dan ga mau jujur, bilang iya-iya aja, bisa jadi itu yang membuat dia ga bisa berubah lebih baik.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
para-pemuja-iblis
Stories from the Heart
sebuah-kota-banyak-cerita
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia