others
Batal
link has been copied
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fae64b22525c30d407ffbba/coc-reg-jember-ritual-manten-tebu-jalinan-asmara-tebu-ketika-masuk-musim-giling
Ngomongin kota Jember yang pertama kali terlintas di benak ane adalah kemeriahan festival tahunan Jember. Yang mana pesertanya bukan hanya dari dalam negeri saja, tapi seluruh negara ikut berpartisipasi dalam gegap gempitanya. Ibarat kata Jember Festival sudah bisa disamakan dengan festiv
Lapor Hansip
13-11-2020 17:49

[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
sumber gambar
Hai hai Agan dan Sista, moga masih tetap semangat meramaikan event COC Regional Jemberemoticon-Merdeka

Ngomongin kota Jember yang pertama kali terlintas di benak ane adalah kemeriahan festival tahunan Jember. Yang mana pesertanya bukan hanya dari dalam negeri saja, tapi seluruh negara ikut berpartisipasi dalam gegap gempitanya. Ibarat kata Jember Festival sudah bisa disamakan dengan festival serupa di Brazil. Suatu prestasi yang cukup membanggakan!

Ada lagi kacang edamame yang hasil pertaniannya sudah di ekspor ke luar negeri. Kacang edamame hasil tanah pertanian Jember merupakan salah satu komoditi ekspor andalan bagi petani Jember. Dulu ane malah ngiranya kacang ini dari Jepang, ternyata asli tanah air.

Bukan tentang festival Jember atau kacang edamame yang akan ane bahas pada thread kali ini, tapi tentang salah satu ritual yang menurut ane sangat unik yang masih tetap dilakukan setiap tahunnya di Jember.

Ritual manten tebu merupakan salah satu ritual yang selalu dilaksanakan setiap tahun ketika telah masuk musim giling. Sesuai dengan namanya, ritual ini memang melibatkan tebu sebagai kedua mempelai. Tebu-tebu ini dirias layaknya penganten sungguhan. Mengenakan ronce kembang melati, ada janur kuning, dan iring-iringan penganten.

Kemeriahan ritual manten tebu manten ini memang tidak ada bedanya seperti ritual mantenan pada umumnya. Adalah
Pabrik Gula (PG) Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember, sudah memiliki jadwal setiap tahunnya untuk menikahkan dua batang tebu sebelum masuk ke penggilingan. Ritual ini disebut Petik Tebu Manten.

Tebu-tebu yang terpilih menjadi manten tebu adalah tebu pilihan terbaik. Layaknya manusia, tebu-tebu ini memiliki nama Raden Bagus Rosan dan Dyah Ayu Roro Manis. Kedua tebu ini juga melakukan ritual manten pada umumnya. Bahkan ada ritual siraman juga, di mana kedua tebu pilihan akan dimandikan atau disiram dengan air yang berisi beragam bunga warna warni. Setelahnya kedua tebu tersebut akan diarak sejauh 15 KM sebelum diserahkan secara simbolik ke Kepala Instalasi PG Semboro.

Setelahnya kedua tebu tersebut akan masuk ke mesin giling, yang merupakan pertanda musim giling tebu akan dimulai. Penggilingan tebu ini berlangsung kurang lebih selama 130 hari.

Acara ritual manten tebu ini merupakan wujud rasa syukur terhadap hasil panen setiap tahunnya. Dan juga merupakan simbol penyatuan antara Pabrik Gula dan para petani tebu.

Tradisi ini sudah dilaksanakan turun temurun. Antusias warga pun masih tinggi, terbukti banyaknya warga yang ikut memeriahkan ketika ritual berlangsung.

Selain ritual manten tebu, masih banyak ritual unik lainnya yang masih lestari di kota Jember. Jangan lupakan betapa indah dan mempesonanya sejumlah tempat wisata di sana. Satu lagi yang tidak dilewatkan ketika Agan dan Sista berkunjung ke Jember, wisata kulinernya!

Semoga ane bisa mampir ke kota Jemberemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 10:54
Kenapa tebu manten?
Manten itu perwujudan sepasang yg saling melengkapi.
Jadi tebu temanten artinya kandungan Rendemen sama Brix di tanaman tebu sdh matang & siap utk dipanen.
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 12:03
Support terus kearifan lokal😇
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 12:57

Boro Boro Ikuti Tradisi Nyari Duit Buat Nikah Aja Udah Pusing Gw

Jangan lupa mampir thread terbaru gw ya click ini
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 13:32
Istri saya orang jember-Kalisat,tapi dulu nikah gak pake acara adat adatan,udah nasional di gedung 😆
Diubah oleh Zero28
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 15:10
Daerah ane juga ada pabrik tebu gitu cuma gak ada ritualnya kek di jember ini. Tapi serunya klo waktu penggilingan tiap sorenya selalu rame sama penjual2,jadi kek pasar kaget itu gan. Menarik sih tradisi kek gini masih dilakukan sampe sekarang
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 18:36
sepertinya ritual ini sangat menarik, nah kan terbukti Indonesia memiliki berbagai kebudayaan yang menarik dan perlu dilestarikan
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 18:47
wah deket rumah ane ni gan PG semboro, tp sayang tahun ini sepi banget ga ada acara kayak gitu karena pandemi,,
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
22-11-2020 20:21
Semua daerah deket PG pasti ada tradisi manten tebu ya gan wkwk
Daerah ane juga ada tuh
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
23-11-2020 04:25
Tradisi nusantara gini Ada makna spiritual nya gan. Jgn anggap remeh.
Spiritual lebih tinggi posisi dr agama

Spiritual nusantara itu simbiosis manusia dengan alam.
Menghargai alam berarti menghargai pencipta alam jg.





emoticon-Traveller

Kalo perjalanan agama dan spiritual udah makin tinggi akan ngerti budaya nusantara gini
Diubah oleh bajier
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
23-11-2020 06:16
kok kacang edamame ya? ane tahu nya kedelai edamame, bukan kacang.
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
23-11-2020 14:18
wuih menarik ya acara nya, ya semoga bisa terus bertahan di tengah gempuran budaya luar yang masuk ke negara kita yak 😬
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
23-11-2020 21:38
Tebunya manten? Wew..
0 0
0
[COC Reg. Jember] Ritual Manten Tebu, Jalinan Asmara Tebu Ketika Masuk Musim Giling
23-11-2020 23:42
Kalau dari baca-baca sih, biasanya pas musim panen tebu gitu banyak acara tradisi gitu ya, ya semoga aja bisa dikembangkan dan menjadi daya tarik wisata emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia