Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
163
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb5db7709b5ca4d1220aa80/pfizer-berhasil-membuat-vaksin-covid-19-berapa-harga-tiap-dosis-nya
Pfizer sudah mengumumkan kesuksesan vaksin mereka dalam melalui semua tahapan uji klinis yang diperlukan, agar vaksin tersebut boleh mulai diedarkan. Kabar ini tentunya sangat menggembirakan di tengah kelesuan akibat pandemi yang berkepanjangan.
Lapor Hansip
19-11-2020 09:41

Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
Gbr diambil dr cnbc.com

Pfizer sudah mengumumkan kesuksesan vaksin mereka dalam melalui semua tahapan uji klinis yang diperlukan, agar vaksin tersebut boleh mulai diedarkan. Kabar ini tentunya sangat menggembirakan di tengah kelesuan akibat pandemi yang berkepanjangan.

Namun, berita menggembirakan dari perusahaan farmasi besar ini, tidak serta merta bisa diartikan, vaksin itu tersedia untuk kita dalam waktu dekat ini.

Pertama-tama, harus kita ketahui Pfizer sudah terikat kontrak dengan pemerintah Amerika Serikat. Pfizer harus menyediakan paket berupa 100juta dosis vaksin covid-19 untuk pemerintah Amerika Serikat dengan harga 1.95milliar USD. Setelah vaksin sejumlah 100juta dosis itu diberikan, pemerintah Amerika Serikat masih memiliki hak untuk membeli 500 juta dosis tambahan.

Jadi untuk sementara waktu, bisa dibayangkan Pfizer akan sibuk memenuhi pesanan negara Paman Sam terlebih dahulu sebelum mulai memikirkan distribusi untuk negara lain.

Akan tetapi jangan berkecil hati.

Ada ratusan perusahaan farmasi lain yang juga sedang berlomba untuk menciptakan vaksin covid-19 yang siap dipakai. Menggunakan metode yang kurang lebih sama dengan Pfizer, keberhasilan Pfizer artinya tinggal menunggu waktu sebelum satu per satu perusahaan farmasi lain di dunia akan menyusul dengan vaksin buatan mereka.

Bahkan setidaknya sudah ada dua perusahaan farmasi (AstraZeneca  dan Johnson & Johnson) yang berjanji akan menjual vaksin mereka tanpa mengambil keuntungan sedikit pun dari penjualan vaksin ini.

Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
Gbr diambil dr cnbc.com

Jika ketersediaan vaksin tidak perlu terlalu dikhawatirkan, maka pertanyaan kedua tentunya adalah, berapa harganya?

Ada berbagai macam variasi perkiraan harga vaksin :
1. Vaksin Pfizer yang sudah lolos semua uji klinis, dihargai sekitar 20USD/dosis, dan dibutuhkan dua kali injeksi, artinya 40USD untuk tiap orang, atau sekitar 566ribu rupiah.

2. Vaksin Moderna diperkirakan akan dijual dengan harga yang lebih mahal, yaitu 32 s/d 37USD/dosisnya. Sama seperti Pfizer, butuh dua kali injeksi agar vaksin ini efektif.

Artinya sekitar 70USD/orang atau sekitar 990ribu rupiah

3. Johnson & Johnson, perusahaan ini sudah memberi janji untuk menjual vaksinnya tanpa mengambil keuntungan sedikitpun, vaksin Johnson & Johnson rencananya akan dijual seharga 10USD/dosis.

Jika butuh 2 kali injeksi, sama seperti dua vaksin sebelumnya (TS belum dapat informasinya), maka artinya 20USD/orang atau sekitar 280ribu rupiah "saja".

Melihat harga yang siap diberikan oleh perusahaan Johnson & Johnson, sepertinya harga vaksin bisa dikatakan masih cukup terjangkau untuk kantong sebagian besar masyarakat dan dengan bantuan subsidi dari pemerintah untuk mereka yang tidak mampu, harapannya tentu semua orang bisa mendapatkannya.

Namun sayangnya, ceritanya belum berhenti di situ.

Untuk vaksin buatan Moderna, butuh penyimpanan pada suhu -7 s/d 4 derajat Celcius, agar bisa bertahan selama 30 hari dan pada suhu -40 derajat Celcius agar bisa bertahan selama 6 bulan.

Sementara vaksin buatan Pfizer bahkan lebih ketat lagi, vaksin mereka harus disimpan pada suhu -70 derajat celcius untuk menjamin agar vaksin mereka tidak rusak, dan hanya bisa bertahan beberapa hari di lemari pendingin biasa.

Maka bisa dilihat dari perlakuan yang sedemikian rupa ini, betapa sulit dan mahalnya pendistribusian vaksin covid-19 ini dari tempat produksi, menuju ke konsumen yang membutuhkan.

Ini menjadi tantangan yang berat, terutama bagi negara Indonesia yang bukan saja negaranya adalah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas, tapi kita juga terkendala dengan infrastruktur yang belum menjangkau seluruh wilayah di negara kita dengan baik.

Infrastruktur dalam hal penyediaan energi (butuh listrik untuk penyimpanan), juga infrastruktur dalam hal transportasi.

Pemerintah harus mulai memikirkan hal ini sejak dari sekarang.

Jangan sampai vaksin yang sudah dibeli, kemudian jadi sia-sia karena rusak saat penyimpanan, atau saat pengiriman ke daerah-daerah.





Sumber referensi
1. https://www.theguardian.com/world/20...estrict-access
2. https://www.cnbc.com/2020/11/17/covi...re-stored.html
3. https://observer.com/2020/08/covid19...n-astrazeneca/
4. https://www.marketplace.org/2020/11/...id-19-vaccine/
5. https://www.pfizer.com/news/press-re...government-600
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nbaw dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 10:41
harganya masih masuk akal
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 10:49
Akhirnya vaksin covid udah mulai terealisasi juga.. mantap
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 10:52
itu mins 70o nga akan beku itu vaksin :dingin:
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 11:00
buset -70 derajat celcius ? serem amit, siapapun yang produksi freezer khusus vaksin itu dijamin auto sultan bro
Diubah oleh jerrystreamer1
profile-picture
profile-picture
jurumudi75 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 11:02
Sinovac apa kabar? Udah di-DP pulak
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan jazzcoustic memberi reputasi
2 0
2
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 11:03
Vaksin Pfizer buat program mandiri saja.jadi buat yang mampu beli.sehubungan juga butuh penyimpanan dan penanganan khusus dan waktu simpan juga kabarnya terbatas pula
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 11:09
Kadrun gak usah pake vaksin , haram haram babi babi 🐷
Diubah oleh terjengkang
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 11:17
500rban itu udah ama untung apa blm ya? Klo memang dah berhasil di share lah formulanya, demi kemanusiaan emoticon-Malu
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 11:31
Ujung ujungnya duit yang bicara
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:03
Wew udh ajib aja, makin banyak yg berhasil
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:06
Sedia pesawat dengan fasilitas freezer..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:09
vaksin sekali seumur hidup...kalo emang berkhasiat , gpp lah harga sgitu .... ntar minta pak pemerintah nanggung biaya nya pakai uang pajak
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:11
Semog lekas berlalu pendemi ini ya, aamiin
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:22
Tentara allah menggelinjang nihemoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan PiranH.Jr memberi reputasi
2 0
2
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:39
Apakabat sinovac?
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan jazzcoustic memberi reputasi
2 0
2
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:56

Bukan Nya Apa, Kalian Tu Kerja Keras Keluar Keringat Trus Setiap Hari Pasti Tahan Kok

Jangan lupa mampir thread terbaru gw ya click ini
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan darklight89 memberi reputasi
2 0
2
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 12:57
Wawa harga vaksin nya mahal juga yah gan 😅, bagaimana klo orang yg kalangan tidak mampu mau beli vaksin ntuh
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 13:45
Gimana kabarnya yg katanya uji coba vaksin harus ke dokter, tenaga medis, guru, dan anak ?
Kenapa ga wakil rakyat dulu aja yg nyoba. 😂
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 14:08
Semoga perusahaan farmasi dalam negeri juga cepet berhasil produksi vaksin deh biar gak tergantung dengan perusahaan luar yang udah kontrak duluan sama negara maju
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
22-11-2020 14:16
Nice info
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia