KkunyukAvatar border
TS
Kkunyuk
Ini Riwayat Jenderal Sudirman Panglima TNI Pertama yang Disinggung FPI


Ketua DPP FPI Slamet Ma'arif menyebut Panglima TNI pertama, Jenderal Sudirman, adalah seorang ulama. Jenderal Sudirman dikenal sebagai pahlawan nasional yang memiliki latar belakang priyayi.

Dikutip dari situs Perpusnas, Jenderal Sudirman merupakan salah satu pahlawan Indonesia, jasa-jasanya sangat dikenang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Jenderal Besar Sudirman merupakan salah satu orang yang memperoleh pangkat bintang lima selain Soeharto dan AH Nasution. Jenderal besar Indonesia ini lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916.

Ayahnya bernama Karsid Kartawiuraji dan ibunya bernama Siyem. Namun ia lebih sering tinggal bersama pamannya yang bernama Raden Cokrosunaryo setelah diadopsi. Ketika Sudirman pindah ke Cilacap pada 1916, ia bergabung dengan organisasi Islam Muhammadiyah dan menjadi siswa yang rajin serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.


Kemampuannya dalam memimpin dan berorganisasi serta ketaatan dalam Islam menjadikan ia dihormati oleh masyarakat. Jenderal Sudirman merupakan salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi. Saat usianya masih 31 tahun, ia sudah menjadi seorang jenderal.

Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan.

Dia selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara. Hal tampak ketika Agresi Militer II Belanda.



Sementara itu, sebagaimana yang dijelaskan oleh Connie Rahakundini Bakrie dalam buku 'Pertahanan Negara dan Postur TNI Ideal', pembentukan TNI berawal dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 22 Agustus 1945 oleh para pendiri bangsa. Pembentukan BKR ini dirasa perlu karena waktu itu Belanda masih berniat menjajah Indonesia.

Kemudian, baru pada 3 Juni 1947 namanya diganti menjadi TNI. Sebelumnya mengalami pergantian nama dua kali, yakni dari Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945 dan Tentara Keselamatan Rakyat (TKR) pada 1 Januari 1945.

Namun nantinya kelahiran TNI diperingati setiap 5 Oktober.

Berdirinya TNI ini disahkan oleh Presiden Sukarno pada 3 Juni 1947. Jabatan Panglima TNI pertama itu diamanatkan kepada Jenderal Sudirman.

Fisabilillah

Ana abu kunyuk al Kaskusi akan meluruskan sejarah supaya antum melek ya akhi


emoticon-Request

Antum bisa bernarasi beretorika apapun tentang Jendral Soedirman sebagai panglima cikal bakal TNI, tapi antum harus  tahu kalau gambar kagak akan bohong

Antum lihat busana Beliau

1. yang dipakai Beliau adalah BLANGKON HITAM bukan sorban

2. bukan gamis tapi blazer selutut yg dipakai Beliau untuk menahan dingin saat bergerilya dalam keadaan sakit2an

3. yang nongol dari balik blazer itu adalah KERIS, iya keris yang sering diharamkan ikhwan adalah teman setia Beliau dalam berjuang

Without doubt, mungkin Beliau adalah seorang Muslim tapi bisa juga Beliau adalah seorang KEJAWEN, ajaran luhur Nusantara yang mengedepankan TEPA SALIRA dan ASTA BRATA sebagai seorang pemimpin

Rahayu

emoticon-Nyepi

agandamai
ramma1986
tien212700
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
3.8K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.