Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
180
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb52088349d0f623e16d4f7/breaking-news-pfizer-mengumumkan-keberhasilan-uji-coba-vaksin-covid-19
Ada kabar menggembirakan dari Pfizer, perusahaan farmasi besar ini baru saja (Rabu, 18 November 2020) mengeluarkan pengumuman, uji coba vaksin covid-19 milik mereka sudah selesai.
Lapor Hansip
18-11-2020 20:24

Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
Gbr diambil dr NBCNews.com

Ada kabar menggembirakan dari Pfizer, perusahaan farmasi besar ini baru saja (Rabu, 18 November 2020) mengeluarkan pengumuman, uji coba vaksin covid-19 milik mereka sudah selesai.

Hasil dari uji coba itu juga sangat menjanjikan.

Menurut Pfizer, vaksin yang mereka produksi, memiliki tingkat efektivitas mencapai 95% dan aman untuk digunakan pada lansia.

Memang ada efek samping dari pemakaian vaksin tersebut, akan tetapi efek sampingnya ringan dan tidak membahayakan.

Untuk mereka yang berusia lanjut, hasil uji coba menunjukkan efektivitas 94% dan sekali lagi efek samping yang timbul relatif ringan dan tidak membahayakan.

Pfizer mengumumkan bahwa dalam beberapa hari ke depan, mereka akan mengajukan permohonan ke FDA (badan pengawas makanan dan obat-obatan Amerika Serikat) agar bisa mendapatkan persetujuan untuk mulai memproduksi dan mengedarkan vaksin mereka tersebut.

Jika Pfizer berhasil lolos dan mendapatkan persetujuan dari FDA, maka bisa dikatakan perusahaan farmasi ini telah menang dalam perlombaan untuk menciptakan vaksin Covid-19 ini.

Tentu saja kita masih juga menunggu bagaimana sikap WHO tentang vaksin produksi Pfizer ini.

Bagaimana pun juga, kabar yang dikeluarkan Pfizer merupakan sebuah angin segar di masa pandemi yang sudah berlangsung relatif sangat lama ini.

Selain memberikan harapan bagi kita semua, kabar dari Pfizer ini tentunya juga memacu perusahaan-perusahaan farmasi lain yang juga sedang berlomba menguji coba vaksin mereka.

Artinya, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat akan muncul pengumuman serupa dari perusahaan farmasi yang lainnya.

Di sisi lain, ada semacam kekhawatiran yang timbul di pikiran TS.

Harapan kita sebagai konsumen, tentunya adalah vaksin yang efektif dan aman. Moga-moga, meskipun ada semangat kompetisi yang ketat dan taruhan uang dalam jumlah besar, perusahaan-perusahaan farmasi yang sedang bersaing ini tidak menjadi gelap mata dan tetap mengutamakan faktor keselamatan.

Lepas dari semua itu, ada aspek lain yang juga perlu kita ketahui.

Apabila Pfizer terbukti berhasil menciptakan vaksin Covid-19 yang efektif dan aman (hanya waktu yang akan membuktikan), maka secara dunia keilmuan ada dua hal penting yang akan menjadi suatu catatan bersejarah:

1. Penemuan vaksin yang tercepat, yaitu dalam waktu kurang dari setahun.

2. Pertama kalinya vaksin dibuat menggunakan atau dengan bantuan teknologi rekayasa genetika.

Tentu saja catatan ini sangat penting dan besar pengaruhnya bagi perkembangan dunia ilmiah, khususnya di bidang obat-obatan, karena sampai saat ini masih cukup banyak virus yang belum ada vaksinnya.

Salam dan semangat! Semoga covid-19 segera kita kalahkan!


Sumber referensi:
1. https://www.nytimes.com/2020/11/18/h...d-vaccine.html

2. https://www.nbcnews.com/science/scie...virus-n1248054
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 10:24
Trus kok saham PFE 3 hari ini turun?
0 0
0
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 10:27
denger2 buatan jepang vaksin SOD lbh manjur...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 10:41
Jadi apakah setelah seseorang divaksin, dia akan kebal permanen thd covid 19?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 10:46
efek samping ringan???tapi ga ada penjelasan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 10:57
semoga bisa efektif mencegah virusnya
profile-picture
nawap memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:05
yang penting ada usaha....hasilnya urusan belakangan.

emoticon-Toast
profile-picture
nawap memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:14
say no to fu*ksin, mending rakit pc
profile-picture
nawap memberi reputasi
1 0
1
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:27
kalo disimpen suhu minus jauh dibawah 0c brarti bakal susah distribusinya, biayanya bakal gede banget pasti
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:51
Lalu vaksin Indonesia kmren?
profile-picture
profile-picture
nawap dan n.y.a memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:54
5 % nyaaaaa
0 0
0
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:55
@shinhikarugenji

adalah produk yang diciptakan oleh perusahaan China bukan yang cuma numpang karena gue yakin IPhone dibuat di negeria pun tetap berkualitas emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:55
ketimbang sinovac gw percaya pfizer emoticon-Big Grin
profile-picture
nawap memberi reputasi
0 1
-1
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:58
@akamamichi

IPhone dibuat di sri langka juga berkualitas bagus emoticon-Big Grin

karena kualitas bukan ditentukan oleh dimana perusahaan itu berdiri tapi darimana perusahaan itu berasal emoticon-Big Grin




profile-picture
profile-picture
n.y.a dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 11:59
Ayoolah...kangen masa2 sebelum pandemi, rutinitas n aktivitas tidak dibatasi. Hiks
0 0
0
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 12:01
Ah beneran nih? Kalau bener segera deh proses vaksin biar dunia normal lagi
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 12:21
Efek samping ringan tp ga dijelasin ringannya kek gimana emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 12:40
Wah keren juga nih kalo emang udah kebukti ampuh, segera produksi aja
emoticon-Bingung
0 0
0
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 12:51
Kabar gembira nih. Semoga bener2 aman dan secepatnya bisa dipakai di indonesia
0 0
0
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 12:59
Mudah2an badai cepar berlalu.... kangen kumpul2 bareng temen
0 0
0
Breaking News!!! Pfizer Mengumumkan Keberhasilan Uji Coba Vaksin Covid-19!
20-11-2020 13:32
Ko bisa cepet ya dapat vaksin ny🤔
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia