lonelylontong
TS
lonelylontong
Terrible Twos Masa Tumbuh Kembang Yang Kritis Dan Perlu Perhatian Tiap Orang Tua

gbr diambil dari : womantalk.com

Istilah terrible twos digunakan oleh para ahli di bidang tumbuh kembang anak, untuk menandai masa anak berusia sekitar dua tahun. Bagi mereka yang sudah menjadi orang tua dan dekat mengamati perkembangan buah cinta-nya, tentu akan menyadari ada perubahan pada perilaku anak ketika memasuki usia sekitar dua tahun.

Pada periode ini, anak yang sebelumnya penurut dan mudah diatur, akan tiba-tiba menjadi "nakal", suka membangkang dan bertingkah macam-macam.

Apa yang sebenarnya terjadi di sini?

Menurut ilmuwan, pada periode ini, anak-anak mulai menyadari bahwa dirinya adalah satu individu tersendiri. Mereka mulai membentuk konsep "aku". Jika di periode sebelumnya, mereka lebih pada mengikuti naluri biologis mereka, seperti mencari rasa aman, kehangatan, kenyang, dan sebagainya.

Maka pada periode ini, dari sisi kejiwaan mereka sudah mulai berkembang dan mengenali bahwa dirinya itu adalah individu yang unik dan terpisah dari orang tua. Sehingga mulai timbul pemikiran, "Mama papa ingin aku begini, tapi aku ingin begitu."

Yang bukan sekedar timbul dari kebutuhan biologis, seperti merengek karena lapar atau menangis karena kedinginan. Sekarang mereka bisa menangis jika pilihan pakaian yang anda berikan tidak sesuai dengan seleranya.

Atau marah-marah ketika disuruh duduk menemani anda membaca koran, karena dia ingin melakukan hal yang lain.

Periode ini adalah periode yang normal pada pertumbuhan kejiwaan anak-anak. Namun bukan berarti orangtua bisa menganggap ringan periode ini, karena pada periode inilah nilai-nilai positif dan negatif, dari dua kutub yang berbeda, akan dipelajari oleh anak-anak dan menjadi dasar perkembangan mereka di usia berikutnya.


gbr diambil dari : republika.co.id


Yang saya maksudkan di sini adalah, bila orang tua terlalu mengekang anak pada usia ini, maka anak-anak bisa kehilangan keberanian, rasa percaya diri dan kreativitas-nya. Sebaliknya bila orang tua terlalu mengikuti keinginan anak, maka anak-anak bisa tumbuh menjadi sosok yang manja, kurang ajar, tidak tahu sopan santun dan tidak mengenal toleransi.

Ada dua hal di sini yang perlu diperhatikan, kebebasan anak ber-ekspresi, sekaligus pemahaman anak bahwa dirinya hidup bersama dengan orang lain, di mana hal itu membutuhkan toleransi, disiplin dan taat peraturan.


gbr diambil dari : www.nutriclub.co.id


Tidak mudah untuk menyeimbangkan dua hal ini dan inilah tugas berat orang tua untuk menanamkan dasar-dasar yang benar pada anaknya. Sehingga anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang pemberani, percaya diri, kreatif, tahu toleransi dan memahami pentingnya adat dalam berkehidupan sosial.

Pada usia inilah orangtua harus mulai memiliki konsep yang jelas tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh anak-anak mereka. Tidak cukup hanya peraturan-nya saja, orang tua juga harus bisa menyampaikan alasan mengapa mereka memberlakukan aturan itu secara sederhana, sesuai kemampuan anak berpikir di usianya yang masih dini.

Penerapan aturan juga harus konsisten, agar anak tidak bingung, atau yang lebih buruk lagi, mempelajari sifat-sifat yang mudah terombang-ambing atau pragmatis, sehingga tumbuh sebagai pribadi yang tidak memiliki prinsip dan oportunis.

Di saat yang sama orang tua juga harus memberi ruang bagi anak untuk ber-eksplorasi dan mendukung keinginan mereka yang positif.

Mudah dikatakan dan dituliskan, namun hanya mereka yang sudah menjadi orang tua yang benar-benar sadar, betapa sulit untuk dipraktekkan.

Selamat untuk ayah dan bunda yang baru memiliki buah hati, semoga tulisan ini bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi anda sekalian.

Salam.

Sumber referensi :
1.https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/terrible-twos/faq-20058314
2. https://www.parents.com/toddlers-pre...terrible-twos/
3. https://www.goodtherapy.org/blog/psy.../terrible-twos
4. https://www.psychologytoday.com/intl...an-and-cant-do
nohopemiracleJunmai92erina79purba
erina79purba dan 22 lainnya memberi reputasi
23
5.1K
59
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.