Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb4d1ba7e3a725e6814ce61/iklan-iklan-bermasalah-dan-kontroversial-di-indonesia-apa-saja
Iklan adalah sesuatu yang penting bagi perusahaan untuk memasarkan setiap produknya. Dengan iklan tentunya sebuah produk bisa terkenal ke semua orang. Dengan cara penyampaian yang baik dan benar bukan tak mungkin bila banyak orang yang membeli produk tersebut.
Lapor Hansip
18-11-2020 14:48

Iklan-Iklan Bermasalah di Indonesia, Apa Saja

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Iklan adalah sesuatu yang penting bagi perusahaan untuk memasarkan setiap produknya. Dengan iklan tentunya sebuah produk bisa terkenal ke semua orang. Dengan cara penyampaian yang baik dan benar bukan tak mungkin bila banyak orang yang membeli produk tersebut.
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : ytimg.com

Iklan yang dibuat tentunya harus dikemas dengan menarik dan kreatif, namun tak semua iklan pada akhirnya diterima di masyarakat dan tak sedikit iklan-iklan bermasalah muncul. Di negeri ini tentunya ada beberapa iklan yang bermasalah dan kontroversi muncul, apa saja iklan-iklan yang bermasalah dan kontroversial di indonesia? berikut paparannya...

Quote:1. Iklan Mie Sedaap Ayam Spesial Versi Ayamku Mana
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : history1978.files.wordpress.com

Mie Sedaap bisa dibilang cukup gencar mengiklankan produknya termasuk iklan mie sedaap yang satu ini cukup lucu dimana saat seorang anak bilang "ayamku manaa?". Namun dibalik kelucuan itu ternyata terselip hal kontroversi dimana saat akhir iklan menampilkan seorang guru memegang produk mienya dan diatas kepalanya ada ayamnya. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri dimana iklan tersebut dianggap melecehkan profesi guru dan mendapat teguran dari KPI.


Quote:2. Iklan Cat Avian
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : ryan-feriandi666.blogspot.com

Iklan yang satu ini merupakan iklan sebuah brand cat yang terkenal yaitu avian. Dalam penayangannya iklan ini diliputi kontroversi dimana saat adengan wanita menyingkapkan gaunnya malah memperlihatkan bagian paha dari wanita tersebut dan ujungnya iklan tersebut di tegur oleh KPI karena melanggar norma kesopanan. Iklannya pun masih berlanjut tayang saat itu namun pas adegan wanita tersebut menyingkap gaunnya di sensor. Entah disengaja atau tidak tentunya iklan tersebut telah memicu kontroversi.


Quote:3. Iklan Mie Sedaap Ayam Krispi
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : thewillion.files.wordpress.com

Iklan mie sedaap yang satu ini ada di tahun 2014 dimana bintang iklannya adalah Saykoji, namun iklan yang satu ini dipemasalahkan oleh sebagian orang karena iklannya tidak layak ditonton oleh anak-anak dengan sebab para penarinya memakai baju yang kurang sopan dan melakukan goyangan yang terlihat erotis.


Quote:4. Iklan Bintang Tujuh Biji Selasih
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : ytimg.com

Iklan yang satu ini dibintangi oleh cita citata yang saat itu sedang heboh di tahun 2014-2015, iklan ini juga mengundang kontroversi dimana di salah satu kalimat iklannya ada kata "biji" yang multitafsir. Hal ini membuat iklan tersebut terkena teguran dari KPI dan kata-katanya tersebut diubah dari kata "Bijinya digoyang, panas dalam hilang !" menjadi " Selasihnya di goyang, panas dalam hilang!".


Quote:5. Iklan 3 Indie Plus
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : selular.id

Iklan dari penyedia layanan seluler three atau dikenal dengan 3 ini bisa dibilang unik dan kreatif, namun iklan yang satu ini mendapat teguran dari KPI terkait iklan yang versi anak laki-laki dan versi anak perempuan karena berkaitan dengan perlindungan anak.


Quote:6. Iklan Hago
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : rancahpost.com

Game yang satu ini memang sempat booming, iklannya pun tak jarang menjadi perbincangan. Namun diantara banyaknya iklan yang ada tentunya ada iklan hago yang mengundang kontroversi dimana sang guru yang seharusnya bisa digugu dan ditiru di iklan tersebut seakan tiada kharismanya. Wajar bila iklan ini pun diprotes banyak kalangan karena dianggap melecehkan profesi guru. Pihak Hago pun membuat klarifikasi meminta maaf atas kasus iklan tersebut.


Quote:7. Iklan Shopee Blackpink
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : tribunnews.com

Demam K-POP memang sedang menggejala di indonesia hingga menginspirasi para pengiklan dengan menggunakan artis K-POP seperti yang dilakukan oleh shopee di tahun 2019 dengan menjadikan Blackpink sebagai brand ambassador. Iklannya yang hadir di mana-mana menimbulkan protes dari sebagian kalangan karena tak sesuai dengan norma dan etika di negeri ini hingga akhirnya penayangan iklan shopee blackpink ini dicekal oleh KPI.


Quote:8. Iklan Sido Susu
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : ytimg.com

Sido Susu adalah produk dari sido muncul, iklannya sendiri memang cukup menarik namun ada satu iklan yang mengundang kontroversi dimana iklan yang dibintangi cupi cupita ini dianggap melanggar norma kesopanan hingga akhirnya kena tegur KPI.


Quote:9. Iklan New Era
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : solopos.com

Iklan dari brand  yang satu ini juga tak luput dari kontroversi dimana di salah satu iklannya ada tayangan perempuan yang berpakaian minim dan menari erotis serta adegan laki-laki yang bertelanjang dada menggerakkan dadanya, alhasil iklannya pun kena tegur KPI karena dianggap melanggar norma kesopanan.


Quote:10. Iklan Mie Sedaap Versi Papa Hidup Lagi
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : ytimg.com

Iklan yang satu ini menuai kontroversi, meskipun lucu namun karena iklan tersebut mengajarkan anak berbohong tentunya membuat iklan tersebut mendapat kritikan banyak orang karena mengajarkan sesuatu yang tidak baik.


Quote:11. Iklan Tongfang
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Credit : republika.co.id

Iklan yang satu ini pernah hits pada masanya di tahun 2012, iklannya sering wara-wiri di televisi hingga banyak orang membicarakan hingga muncul meme dari klinik tongfang ini. Iklan ini dianggap menyesatkan karena adanya menjanjikan kesembuhan dan promosi penjualan dalam iklannya hingga akhirnya iklan ini pun mendapat teguran dari KPI.


Demikian paparan tentang iklan-iklan yang bermasalah dan kontroversial di indonesia, bagaimana pendapat agan dan sista? Adakah yang ingin menambahkan? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin


Sumber :
Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber 6
Sumber 7
Sumber 8
Sumber 9
Sumber 10
Sumber 11
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:16
Kayaknya yg tongfang legend bgt yak wkwkwkwkwkwwk masih inget aja ane
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:17
Lucu juga sih
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:19
Setelah ane cek satu persatu iklannya di youtube. maka kesimpulannya KPI yang pemikiran cenderung kadrun sumber permasalahannya. emoticon-Betty (S) emoticon-Ngacir
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
1 0
1
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:25
Lah norak KPI mah, dulu juga banyak iklan jenis kya gtu biasa aja, iklan permen keluar dari toket, "dingin2 empuk" pas ngomong empuknya ngeliat bagian toket, sekarang iklan shopee 11 juga sekarang cwe nya joget2 gak jelas dengab baju minim
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:26
Klinik tongfang sihh legend banget wkwk
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:28
iklan shoop* untung g di sensor..mayan cuci mara
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:32
Minyak rem Jumbo...
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:48
tongfang paling mantab emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:53
dapet aja agan ini ya
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:54
Iklan susu bearbrand
Susu nya susu sapi,gambar nya beruang,iklannya naga
emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:56
Emang iklannya blackpink kenapa dah?? Sampai di larang sama kpi segala?? Jadi penasaran emoticon-Matabelo
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:58
Kenapa blackpink ilkannya dicekal ya dulu?
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:59
dodo, aku mau dodoooooooo
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 20:59
No.4 emoticon-Ngakak
lagian pake slogan  "Bijinya digoyang, panas dalam hilang",
emoticon-Ngakak

No.8 pas banget,,produknya susu,bintang iklannya punya susu setandon emoticon-Leh Uga
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 21:00
Wow...
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 21:00
Yg iklan cat aja cuma keliatan sedikit paha sampe diributin?! Jaman ane dulu, film Baywatch diputar di RCTI malah aman2 aja. Malah Bpk ane selalu ngajakin nonton Baywatch emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 21:01
Iklan cat itu, dulu ane semoet mikir si, habis dicat langsung diduduki, ape ga masih basah tuh catnya
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 21:02
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 21:12
Wakakak paling legend nih yang terakhir, klinik tongfang emoticon-Ngakak
0 0
0
Iklan-Iklan Bermasalah dan kontroversial di Indonesia, Apa Saja?
19-11-2020 21:25
KPI mah orang orangnya ngacengan makanya apa apa dianggap ga baik emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
xandernathaniel memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia