• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Daftar Kegagalan 10 Tokoh Terkenal Ini Akan Menghapus Kata Menyerah di Kamus Hidupmu

serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Daftar Kegagalan 10 Tokoh Terkenal Ini Akan Menghapus Kata Menyerah di Kamus Hidupmu


HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Semua orang ingin untuk sukses. Namun, tak semua orang bisa meraih kesuksesan itu karena dihalangi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah rasa mudah putus asa ketika gagal melanda.

Banyak orang yang ketika mengalami kegagalan, bukannya kembali bangkit, tapi malah memilih mundur. Bahkan ada juga yang memutar haluan mereka.

Misal, yang awalnya ingin jadi pengusaha sukses, tapi karena gagal, mereka pun putar haluan ingin jadi petani saja. Padahal, jika saja mereka optimis dan kukuh pada mimpi tersebut, pasti suatu saat akan tercapai juga.

Hakikatnya, tidak ada orang yang disebut berhasil jika tidak mengalami kegagalan. Seandainya di percobaan pertama mereka langsung sukses, itu namanya disebut keberuntungan. Sebab, yang namanya kesuksesan atau keberhasilan dilihat dari proses atau perjuangan yang seseorang jalani.

Nah, di bawah ini ane menyajikan beberapa nama orang sukses dunia beserta kegagalan-kegagalan yang mereka alami. Jadi, simak threadane sampai habis, ya.

Cekidot!

emoticon-Selamat

1. Albert Einstein



Siapa, sih, yang tidak kenal dengan tokoh nan identik dengan kejeniusan ini? Sebelum dinobatkan sebagai penerima Nobel dan ditetapkan sebagai sosok tercerdas di dunia, rupanya dulu Einstein dianggap sebagai orang yang gagal.

Einstein pernah keluar dari sekolahnya. Ia juga tidak bisa berbicara dengan lancar hingga usia sembilan tahun. Sama seperti kebanyakan orang, si jenius ini juga pernah ditolak untuk masuk ke salah satu sekolah teknik.

Namun, lihatlah sekarang. Dirinya yang gagal dan seakan tak punya masa depan itu, kini terkenal dengan teori Relativitas Umum yang melampaui teori Newton, dan menjadi momok revolusi bidang sains dunia. Bahkan, ia jugalah yang menjadi tiang utama untuk diciptakannya bom atom oleh Amerika Serikat. Ya, walaupun kini bom atom dijadikan sebagai alat pembunuh, tapi bukankah itu termasuk ke dalam penemuan besar nan jenius?

***


2. Bill Gates



Berikutnya adalah salah satu orang terkaya di dunia. Bill Gates, si Bapak Microsoft. Siapa sangka, sebelum sukses dengan microsoft-nya, Gates pernah mengalami banyak kegagalan.

Pertama, Gates adalah orang yang putus kuliah. Ya, ia tidak berhasil menyelesaikan kuliahnya di Harvard University. Berikutnya, Gates juga pernah menjadi seorang yang bangkrut dan dicap sebagai pebisnis gagal. Bagaimana tidak? Bisnisnya--Traf-O-Data--harus ditutup karena rugi senilai $. 3.494.

Namun, lihatlah sekarang. Seandainya Gates tak berhasil bangkit setelah kebangkrutannya, mungkin ia tidak akan memiliki 12 digit kekayaan bersama Microsoft andalannya. Luar biasa, bukan?

***

3. Elvis Presley



Pecinta genre rock pasti sudah tidak asing dengan nama ini. Ya, Preley adalah The King of Rock pada masanya. Ia adalah ikon kebudayaan yang berpengaruh di dunia pada abad ke-20. Dirinya menjadi pusat perhatian, mode, trend, dan idola banyak orang. Mungkin bisa dibilang seperti trend Korea Selatan era ini. Booming!

Namun, di balik sinar terang namanya, dahulu ia adalah orang buangan. Ia gagal di kelas musik, tak populer di sekolah, dan dicap tak memiliki masa depan. Bahkan ia menghabiskan waktunya sebagai supir truk untuk mendapatkan uang.

Ketika ia ingin mengembangkan bakatnya di bidang musik, dan ingin melakukan rekaman untuk kali pertama, seorang manajernya pernah berkata, "Kamu tidak akan pergi ke mana-mana, Nak. Kembalilah dan kemudikan trukmu."

Hei, bukankah itu suatu penghinaan? Seandainya Presley langsung pesimis dan insecure dengan dirinya sendiri. Mungkin dunia tidak akan pernah memiliki Raja Rock-nya.

***

4. Thomas A. Edison



Betapa gelapnya dunia bila Edison menyerah ketika gagal menemukan lampu pijar. Ya, rata-rata semua orang tahu bahwa Edison mengalami hampir 1000 kali gagal hingga akhirnya bola lampu ciptaannya bersinar terang.

Tak hanya itu, ia juga pernah dipulangkan dari sekolahnya dan dicap idiot karena lemah di seluruh mata pelajaran. Edison juga pernah dipecat dari pekerjaannya karena dinilai tidak produktif dan menguntungkan. Tak hanya satu, tapi dari dua pekerjaan.

Dialah Edison, yang tak gemilang secara akademis, tapi cemerlang dalam menggali ide dan peluang. Luar biasa memang.

***

5. Michael Jordan



Jika Gansis bercerita tentang legenda bola basket, Gansis tidak bisa melupakan sosok ini. Dia adalah Michael Jordan, pemain basket terbaik sepanjang masa.

Sama seperti tokoh-tokoh sebelumnya, Jordan tidak berhasil secara instan. Ia harus menelan kegagalan dalam 300 pertandingan, dan membuat timnya gagal menang sebanyak 26 kali.

Jordan juga pernah menangis dan patah hati, ketika namanya tidak ada dalam daftar pemain basket gabungan antara sekolahnya dengan sekolah lain. Ia malah digabungkan untuk bermain di klub junior. Hal itu benar-benar memukul Jordan dan membuatnya merasa tidak dianggap.

Namun, hal itu malah membakar semangat Jordan. Setiap kali ia merasa ingin mundur, ia membayangkan peristiwa di mana namanya tidak tercantum dalam daftar pemain di dinding kamar ganti.

Sekarang apa yang kita lihat? Berkat semangat bajanya, Jordan menjadi pemain basket pemecah rekor dunia.

***

6. Stephen King



Gansis penikmat buku dan film fiksi, pasti sudah tidak asing dengan nama Stephen King. Ya, dia adalah salah satu penulis terbaik dunia. Baik untuk cerita fiksi, non-fiksi, juga skenario film. Salah satu film fiksi horor terbaik yang disadur dari novel King adalah, "Carrie". Ada yang sudah menontonnya?

Nah, tahukah, Gansis. Sebelum menjadi film yang banyak mendapat penghargaan, Novel Carrie rupanya sempat ditolak oleh penerbit buku dan produsen film. Mungkin ada sekitar 30 kali penolakan. Hal itu sempat membuat King putus asa dan membuang naskahnya ke tempat sampah.



Namun, berkat istrinya, King kembali meraih semangatnya dan kembali membawa naskah itu ke penerbit. Akhirnya, naskah itu diterima dan langsung menjadi novel best seller di cetakan pertama. Yaitu, sekitar satu juta eksemplar. Karena itu, King pun mulai memfokuskan karirnya di bidang menulis dan menjadikan itu sebagai pundi-pundi keuangan.

***

7. Walt Disney



Siapa, sih, yang gak kenal dengan sosok yang satu ini? Ya, walaupun gak kenal orangnya, seenggaknya tahulah, ya, dengan tokoh-tokoh kartun buatannya? Para princess dan si Mikey dan Minnie Mouse yang legendaris.

Disney memiliki masa lalu yang cukup suram. Di mana ia harus kabur dari rumah dan menjadi supir ambulans pada Perang Dunia I, untuk menghindari ayahnya yang pemarah dan kasar. Untuk melanjutkan hidup, Disney juga magang di sebuah studio seni komersial di Kansas City.

Dengan sedikit pengalaman magangnya, Disney pun mengajak sang kakak untuk membangun sebuah perusahaan kartun. Perusahaan itu bernama LaugS E N S O RGram Studios. Namun, sayangnya mereka malah gagal dan bangkrut.

Berikutnya, Disney mencoba merantau ke Los Angeles dan mengadu nasib sebagai seniman peran. Namun, lagi-lagi ia gagal. Saat itu Disney hidup dalam keadaan ekonomi yang sangat sulit.



Minat Disney yang tinggi akan dunia lukis dan kartun, membuatnya untuk kembali mendirikan studio animasi. Lagi-lagi ia mengajak sang kakak dan membuat studio animasi di California. Cukup beruntung, Oswald the Lucky Rabbit miliknya sukses besar di pasaran. Namun, keberuntungan itu tak berlangsung lama. Produser yang menaungi animasinya mencabut kontrak dan hak paten atas kartun tersebut sehingga secara hukum, Oswald the Lucky Rabbit tak lagi menjadi milik Disney.

Disney tak putus asa atau berusaha merebut hak peten itu kembali. Ia malah menciptakan tokoh baru yang kemudian membawanya ke kesuksesan besar. Tokoh itu adalah Mikey Mouse. Ya, walaupun tidak mudah, sebab tokoh itu sempat ditolak lebih dari 300 kali.

Meskipun Mikey Mouse sudah booming, hal itu belum melepaskan Disney dari masalah. Ia memiliki hutang finansial yang besar dan konflik dengan bos lamanya. Karena itu, para animator Disney pun mogok kerja dan beralih ke pihak rival. Peristiwa itu sempat membuat Disney terpukul dan menderita gangguan saraf hingga harus beristirahat dalam waktu yang lama.

Namun, lagi-lagi semangat menyala dalam sosok Disney. Setelah sembuh, ia membuat karakter Putri Salju dan Tujuh Kurcaci pada tahun 1937 dan sukses besar. Tokoh Mikey Mouse-nya pun menjalani kemitraan berbayar dengan acara TV, sehingga Disney kembali mengumpulkan uang dan dijadikan modal untuk berdirinya perusahaan ternama, Disney Land.


Disney land tempo dulu

Pembangunan Disney Land juga tak sepenuhnya mudah. Banyak penolakan dan rintangan. Namun, berkat keuletan Disney, Disney Land kini menjadi salah satu dari kerajaan bisnis tersukses di dunia. Disney Land benar-benar merubah hidup Disney menjadi orang sukses dari sokongan kegagalan.

***

8. Kolonel H. Sanders



Penikmat ayam KFC mana suaranya? Sebelum menjadi makanan satu miliar umat di dunia, sang pemilik KFC, Kolonel Sanders harus menelan ribuan penolakan dan kegagalan.

Sanders pernah bekerja sebagai kuli dan tukang parkir, anggota pemadam kebakaran kereta api, dan mendirikan stand servis mobil yang bisa dibilang tidak sukses.

Nasib yang tak selalu mujur memantik Sanders untuk memutar haluannya. Ia mulai tertarik untuk mendirikan sebuah restoran mengingat di Kentucky tidak ada rumah makan yang bagus. Ia berhasil! Rumah makannya ramai dikunjungi sehingga ia memutuskan untuk menutup stand servis mobilnya dan fokus pada restoran saja.



Namun, kesuksesan itu tidak berjalan lama. Perubahan tata letak Kota Kentucky membuat letak restorannya tak lagi strategis. Hal ini membuat dirinya kehilangan pelanggan dan akhirnya bangkrut. Setelah itu, Sanders kembali menjalani hidup yang serba kekurangan bersama istrinya.

Hingga kemudian, di usianya yang sudah tua dan rematik di tubuhnya, ia terpikir untuk membuat terobosan baru dalam memasak ayam goreng. Sanders menciptakan satu resep dan menjajakannya dari satu restoran restoran lain. Dari sekian banyak restoran yang ia datangi, hanya lima restoran yang mengatakan, "Ya". Sementara sisanya, menolak resep itu.

Namun, Sanders tak pernah putus asa. Ia terus menjajakan resepnya walaupun sudah mendapat 1000 penolakan. Hingga akhirnya, di usia ke-70 tahun, sukses kembali memeluk dirinya. Franchise KFC miliknya booming dan disukai banyak orang. Bahkan mencapai 600 cabang di USA dan Kanada.



Sanders membuktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk sukses. Kuncinya sederhana, yaitu pantang menyerah. Bahkan, setelah ia wafat pun, hasil keringatnya itu terus mengalami kemajuan. KFC sempat dibeli oleh perusahaan besar dan kemudian berakhir sebagai anak perusahaan Pepsi Cola. Hingga detik ini, KFC masih bersinar dan tersebar lebih dari 9000 cabang di seluruh dunia.

***

9. William Tanuwijaya



"Jangan pernah takut bermimpi", itu hal pertama yang ane dapatkan dari kisah perjalanan CEO Tokopedia ini. Bagaimana tidak? Di awal merintis karirnya, ia sempat diremehkan dan dianggap bermimpi terlalu tinggi. Ya, ia sudah 10 tahun bekerja sebagai karyawan biasa dan lahir dari keluarga yang tak ngerti bisnis pula. Lalu tiba-tiba ingin mendirikan sebuah perusahaan, bagaimana tidak diremehkan coba?

Namun, William membuktikan bahwa, "tidak ada mimpi yang terlalu tinggi bila kita membangun tangga untuk menggapainya". Salah satu tangga itu adalah; jangan putus asa.

Berbagai halangan dan rintangan dialami oleh William dalam usahanya. Terutama dirinya yang kesulitan mencari investor. Karena kesulitan inilah, beberapa orang menyarankan William untuk mengejar mimpi yang lebih "realistis".



Namun, sekarang apa? Dibantu modal 10% dari bosnya sendiri, William sukses mengembangkan Tokopedia sebagai toko online nomor satu di Indonesia. Ia bahkan tak lagi kesulitan untuk mendapatkan investor, sebab suntikan para investor asing sudah antri di belakangnya.

So, tidak ada yang tidak mungkin bukan?

***

10. JK. Rowling



Banyak orang yang belum bisa move on dan masih terpikat dengan kisah Harry Potter. Nah, itu semua tidak lepas dari kepiawaian sang penulis, JK. Rowling, dalam memainkan imajinasi.

Sebelum menjadi penulis fenomenal, Rowling hanyalah wanita biasa yang berjuang bertahan hidup bersama putrinya, Jessica. Ia pernah bekerja sebagai klerikal atau bagian pengarsipan di gereja, dengan membawa putrinya yang masih memakai kereta bayi ikut serta.

Karena keadaan ekonomi yang buruk, Rowling memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis naskah Harry Potter. Karena hanya menulislah kemampuan lain yang ia kuasai. Rowling berharap, tulisan yang ia buat akan diterbitkan dan dirinya menerima royalti.

Setelah tulisannya selesai, Rowling sangat kesulitan mencari penerbit yang mau menerbitkan naskahnya. Pesannya tak dibalas dan mendapat banyak penolakan. Harry Potter-nya ditolak karena dianggap tak laku di pasaran.

Hingga akhirnya publising Bloombsury menerima dan menerbitkan naskah itu. Namun, pihak editor menjelaskan bahwa Rowling tak bisa berharap banyak dengan novel 'anak-anak' karyanya. Sebab biasanya novel semacam itu kurang laku di pasaran.

Rowling juga diminta membuat nama pena yang terkesan laki-laki, sebab nama pena perempuan tak terlalu diminati. Itulah mengapa ia memakai J untuk singkatan Joanne dan K untuk singkatan Kathleen (nama neneknya). Jadilah JK. Rowling--nama yang dulu ane kira laki-laki, eh nyatanya perempuan.



Siapa sangka. Kekhawatiran editor Bloombsury tidak terbukti. Harry Potter booming di pasaran. Bukan hanya di Inggris, tapi seluruh dunia. Ceritanya pun diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Hal ini menarik semangat Rowling untuk menciptakan serial Harry Potter yang berjilid-jilid, dengan plot yang makin seru dan kualitas yang makin meningkat.

Karena kelihaiannya, Harry Potter pun diangkat menjadi seri film dan menjadi series film terlaris.

***

Nah, gimana tuh tadi, Gansis? Menginspirasi sekali, kan? Itu belum seberapa! Masih banyak kisah inspiratif lain dari para orang terkenal di dunia. Tentu saja kita tak bisa membahasnya satu-satu di thread ini. Jadi, ane sarankan Gansis untuk searching sendiri, ya.

So, bagaimana, Gansis? Siap untuk menggapai mimpi?

Salam damai

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Sumber : 1, 2, 3, 4, 5

emoticon-Cendol Gan

Thanks For Reading


Baca juga :
10 Skill Ini Hanya Dimiliki oleh Orang Hebat








Diubah oleh serbaserbi.com 18-11-2020 08:03
Junmai92
nohopemiracle
notagoodman
notagoodman dan 27 lainnya memberi reputasi
28
7.8K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.