partaioliang
TS
partaioliang
Amankah Laptop di Charger Terus Sambil Dipake?

Laptop dengan daya tahan baterai yang lama pasti akan menjadi salah satu faktor kenapa orang membeli laptop tersebut. Baterai yang tahan lama akan membantu mereka untuk selalu bisa standby tanpa harus melakukan pengisian daya. Namun, jika ditengah aktivitas baterai low bat, pasti pengguna akan langsung mengisi daya. Namun, terkadang ada pengguna yang tetap nyolokin laptop meskipun baterai udah penuh. Aman gak ya tindakan tersebut?

Dengan semakin berkembangnya teknologi, menggunakan laptop sambil di charger ternyata bukan menjadi masalah besar lagi GanSis. Saat ini mayoritas laptop menggunakan baterai jenis lithium – polymer atau lithium – ion. Kedua jenis baterai ini mampu menghentikan proses pengisian daya ketika baterai sudah penuh. Namun, hal ini gak menjamin laptop tidak akan overheating GanSis.

Ketika laptop tetap dicolokin meski udah penuh, listrik yang harusnya masuk ke baterai akan langsung memberikan daya ke laptop. Nah, inilah yang akan menjadi masalah GanSis. Listrik yang terus dialirkan akan menghasilkan panas yang berlebih. Akibatnya laptop mengalami overheating atau suhunya akan menjadi terlalu tinggi. Jika ini dilakukan terus menerus, maka akan mengakibatkan penurunan fungsi baterai. Dan, overheating pada laptop juga akan berdampak tidak baik.

Makanya sangat disarankan untuk menghentikan proses charging ketika baterai udah penuh. Hal ini tentunya akan memperlama usia baterai. Selain itu, untuk memaksimalkan kapasitas baterai, para peneliti menyarankan untuk mencabut charger ketika baterai sudah terisi 75%. Dan kemudian lakukan pengisian lagi ketika baterai tersisa 20% - 25%.



ladies.hunter01alfidangertien212700
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
20
14.9K
253
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.