kartu.prakerjaAvatar border
TS
kartu.prakerja
Hasil Tes Swab PCR: Lurah Petamburan Positif Corona

Lurah Petamburan Setiyanto dinyatakan positif Covid-19

Lurah Petamburan, Setiyanto dinyatakan positif terpapar virus corona. Hasil ini keluar usai yang bersangkutan dilakukan tes swab PCR di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Hasil Swab PCR laboratorium RS Kramat Jati hari Rabu tanggal 18 November 2020, saudara Setiyanto dinyatakan positif COVID-19. Untuk hasil sudah ditembuskan ke Puskesmas Petamburan,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangannya, Rabu (18/11).

Setiyanto sedianya akan dimintai klarifikasinya terkait insiden kerumunan yang dihadiri oleh Habib Rizieq pada Selasa (17/11) kemarin di Polda Metro Jaya. Namun, saat dites swab antigen dia dinyatakan reaktif corona.

“Selanjutnya Tim Dokkes dan Anggota Subdit Kamneg, membawa yang bersangkutan ke RS Kramat Jati untuk dilakukan Swab PCR,” kata dia.

Camat Petamburan Yassin Pasaribu saat ditemui mengaku jika Setiyanto memang banyak melakukan aktitivas di sekitaran Markas FPI sebelum dinyatakan positif Corona. Namun, Yassin belum bisa menyimpulkan apakah penyebab Setiyanto terpapar Corona karena acara hajatan Habib Rizieq.

"Iya semingguan dia kegiatan di sini aja nih (Petamburan markas FPI dan kediaman Rizieq) . Tapi kan belum tentu karena ada acara ini dia Covid gitu," tandasnya.

Sebelumnya selain Setyanto, polisi juga memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jakarta Pusat, hingga Kasatpol PP DKI Jakarta.

Sejak kepulangan Rizieq ke Indonesia, ada sejumlah kerumunan yang terjadi. Sebut saja saat penjemputan di Bandara Soetta, penyambutan di Markas FPI Petamburan, Maulid di Pondok Ranggon, Maulid di Tebet, Maulid dan salat Jumat di Megamendung Bogor, dan kerumunan 10 ribu orang di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq di Petamburan.

Imbasnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya.


https://www.google.com/amp/s/m.kumpa...na-1uc498crZeo

emoticon-Cendol Gan



Satgas Covid-19: Klaster Hajatan Rizieq Bisa Terlihat Dua Pekan Lagi

Setiap kerumunan massa yang mengabaikan protokol kesehatan pasti berpotensi menimbulkan lonjakan kasus positif Covid-19.


Suara.com - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan bahwa kerumunan di acara maulid nabi dan pernikahan putri pentolan FPI, Rizieq Shihab berpotensi menimbulkan peningkatan kasus positif corona di DKI Jakarta.

Menurut Dewi, setiap kerumunan massa yang mengabaikan protokol kesehatan pasti berpotensi menimbulkan lonjakan kasus positif Covid-19.

"Jadi sebenarnya peningkatan kasus bisa terjadi ketika, satu ketika terjadi mobilitas penduduk, kedua terjadi kerumunan, dan ketiga tidak ada kepatuhan 3M. Disanalah muncul potensi penularan covid-19," kata Dewi dalam diskusi dari Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Namun, lanjut Dewi hasilnya tidak akan terlihat dalam satu dua hari melainkan butuh waktu sekitar dua sampai tiga pekan untuk mengetahui lonjakan kasus dampak kerumunan tersebut.

Baca Juga:Berani Hadapi Habib Rizieq Shihab, Nikita Mirzani Dapat Karangan Bunga

"Karena butuh waktu untuk terjadinya masa inkubasi di dalam tubuh sampai dengan muncul gejala lalu diperiksa, jadi akan butuh waktu sekitar 2-3 minggu untuk melihat efek dari kerumunan yang terjadi," terangnya.

Oleh sebab itu, Dewi berharap semua orang yang telah hadir dalam kerumunan tersebut untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat karena ditakutkan menjadi penderita Covid -19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Atau jika muncul gejala Covid-19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan agar tak menulari orang sekitar.

Diketahui, setidaknya ada tiga kerumunan besar pasca kepulangan pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab dalam satu pekan terakhir, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten; Masjid di Megamendung, Bogor; hingga Masjid di Tebet, Jakarta Selatan dan acara pernikahan di Petamburan, Jakarta Pusat.


emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh kaskus.infoforum 18-11-2020 11:49
daniadi123
ogengen
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6.9K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.