anaoctariana
TS
anaoctariana
Setiap Wanita harus Paham Mengenai “Usia” Sel Telur

Sista, seiring perkembangan zaman, banyak perempuan dengan kesibukan dan tingkat produktivitas tinggi sehingga lupa mengenai urusan asmara. Banyak juga pasangan yang sudah menikah memutuskan untuk menunda kehamilan, dengan alasan pekerjaan sampai belum siap untuk punya anak. Semua hal itu sebenarnya sah saja kok, asal kamu tetap menjaga kesehatan diri.
Kalau bicara tentang kesehatan, ternyata ada yang kerap terabaikan dari kita sebagai wanita. Ya, sel telur. Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan, Konsultan Fertilitas dr. Marinda Suzanta., D.Mas.,F.ART, Sp.OG (K-Fer) dari RS EMC Tangerang menjelaskan bahwa ternyata, sel telur juga punya 'usia'.

Perjalanan Pembentukan Sel Telur
Tahukah kalan kalau sejak masih dalam kandungan, janin perempuan sudah memiliki sel telur?
Menurut dr. Marinda yang akrab disapa dr Manda saat dalam kandungan, ketika berusia 16-20 minggu, janin sudah memproduksi sel telur. Selama kandungan, janin memiliki 6-7 juta sel telur.
Nah ketika bayi perempuan lahir, jumlahnya berkurang sekitar 300-500 sel telur. Berkurangnya sel telur yang belum matang ini terjadi karena adanya proses apoptosis atau kematian sel. Jangan khawatir, ini adalah yang normal terjadi kok. Lalu ketika memasuki masa pubertas dan seterusnya, sel telur akan berkurang setiap bulan, melalui proses yang disebut menstruasi.
"Setiap bulan saat menstruasi, sel telur akan berkurang 15-20. Dengan kata lain, sel telur akan terus menurun seiring bertambahnya usia," jelas dr Manda saat berbincang dengan tim Liputan6.com. Meski kehilangan sel telur adalah proses alami yang pasti dialami setiap wanita. Nah disinilah saat kita memahami bahwa sel telur juga punya 'usia' produktif.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa sel telur diproduksi hanya sekali seumur hidup, yaitu saat masih dalam kandungan. Kualitas sel telur pun akan berkurang seiring dengan waktu. Ketahui cara pencegahan selengkapnya di artikel ini. 
cheria021nohopemiracletien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.3K
23
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Women’s Health
Women’s Health
icon
1.4KThread4.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.