• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bakal Lebih Panas, Kini Proyek Matahari Buatan China Bakal Di Uji Coba Tahun Ini

Guinessha
TS
Guinessha
Bakal Lebih Panas, Kini Proyek Matahari Buatan China Bakal Di Uji Coba Tahun Ini


emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

Baru saja usai meluncurkan roket uji coba 6G, kini china kembali mengejutkan dunia dengan penemuannya. Sudah direncanakan dari tahun lalu kini matahari buatan china bakal mulai diaktifkan ditahun ini.

China  sedang menyelesaikan pembangunan "matahari buatan" sebelum akhir tahun. Diberitakan bahwa struktur luar biasa itu akan mampu mencapai 100 juta derajat Celcius enam kali lebih panas dari pusat Matahari kita. Ilmuwan China mencoba untuk menciptakan "matahari buatan" yang cukup kuat untuk memulai reaksi fusi nuklir. Para ilmuwan berharap "matahari buatan" akan membantu memanfaatkan kekuatan fusi nuklir.


emoticon-Wow

Ini akan membawa umat manusia selangkah lebih dekat untuk menciptakan "energi bersih tak terbatas", dengan meniru reaksi yang secara alami terjadi di dalam Matahari. "Matahari buatan" pertama kali diumumkan oleh para peneliti China November lalu, tetapi proyek tersebut baru saja mencapai tonggak penting.

Perangkat HL-2M baru akan memiliki kemampuan seperti itu, dan diharapkan akan meningkatkan level arus listrik plasma perangkat saat ini yang akan sangat meningkatkan parameter plasma dengan memberikan dukungan teknis utama untuk partisipasi China dalam percobaan dan pengoperasian Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional (ITER).

ITER adalah proyek ilmiah internasional besar yang merupakan kolaborasi global 35 negara, termasuk China, Rusia, dan AS


Suhu plasma di dalam Expiermental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) di laboratorium di Provinsi Anhui China telah mencapai 100 juta derajat Celcius. Para peneliti menggunakan alat yang disebut "tokamak", yang menggunakan medan magnet kuat untuk menjebak plasma panas. Matahari kita mencapai suhu sekitar 15 juta derajat Celcius pada intinya.

Jadi rencananya sekarang adalah menaikkan suhu ion hingga 100 juta derajat juga. Suhu ion biasanya lebih rendah dari suhu elektron, jadi ini mungkin sulit. Selain tekanan tinggi, fusi nuklir membutuhkan suhu yang sangat tinggi  yang dapat dihasilkan oleh matahari buatan. Jika berhasil, China akan dapat memberikan bantuan besar kepada ITER, Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional.

emoticon-WakakaApa nanti akan ada bacaan "Made In China" juga?

Sumber Referensi : Dari Sini 
Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca



dhinyzfrndsttralalaanthony305
anthony305 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
12.2K
183
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.