riandyoga
TS
riandyoga
7 Tahun Setelah Internet Cepat Dipertanyakan


Hai GanSis semuanya!! Kemarin saya ada baca Hot Thread Kaskus yang membahas Teknologi 6G, yang sudah mulai dikembangkan, digadang berkecepatan 1 Tbps dan 2030 nanti sudah lazim digunakan oleh warga dunia. Wagelaseh! Cepat banget dunia ini berkembang.

Bagi saya yang baru ngerasain koneksi internet 4G, rasanya udah surga banget. Ini apalagi, 5G aja belum merata. Memangnya internet cepat mau buat dipakai apa sih?

Eits, jadi teringat sesuatu apa gitu ya setelah baca kalimat diatas? Internet cepat buat apa?

Benar sekali, buat kamu yang suka mengikuti berita seputar IT dan punya ingatan kuat. Kemungkinan ingat sama tweet Menkominfo Tifatul Sembiring pada saat menjabat.

Quote:


Ketika "internet cepat" dipertanyakan,  Saya pikir pertanyaan demikian akan menjadi mustahil kalau ditanyakan pada saat ini. Wong pada saat kejadian (cuitan) pada 2014 itu saja sudah bikin geger. Apalagi sekarang, ketika kebutuhan internet sudah sangat besar dan vital. Koneksi lelet, buffering, 1mbps? Apa itu. Yakali kita masih tanya internet cepat buat apa?



Kini 7 tahun berlalu setelah kebutuhan akan koneksi internet cepat dan mumpuni dipertanyakan. Oia sebelumnya saya ada baca artikel Tirto.idberjudul demikian (2,5 Tahun Setelah Internet Cepat Dipertanyakan - Agustus 2016). Yah, memang thread ini terinspirasi dari artikel tersebut dan saya pikir sesuai dengan keadaan Pandemi seperti sekarang.

Rasanya Pandemi Covid-19 ini sudah sangat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait kegunaan dari internet cepat. Gak usah diperjelas lagi saya pikir. Kita sekarang butuh internet buat WFH, belanja, belajar, hiburan, berjualan, berobat, bersosialisasi dan banyak lagi. Sudah sangat tidak relevan menanyakan internet cepat buat apa aja.

Bagaimanapun saya pikir cuitan yang menanyakan internet cepat buat apa tersebut tidak sepenuhnya salah. Karena kondisi demikian pada masanya memang begitu.

Meski hanya 7 tahun berlalu, namun yang saya rasakan pada masa itu dan sekarang memang sudah sangat berubah keadaannya. Ya ini yang saya rasakan ya, bahwa dulu orang-orang menggunakan koneksi internet (kebanyakan hanya) untuk mengunduh sesuatu yang tidak berfaedah. If you know what i mean.

Dulu main game masih dianggap perbuatan malas-malasan, tidak ada prestasi. Untuk belanja online juga orang-orang masih ragu. Begitupun dengan belajar online, telemedicine, streaming dan lain sebagainya belum sepopuler dan selazim sekarang. Setidaknya begitulah yang saya rasakan dulu.

Kini, meski konten pornografi masih merajai konten negatif di jejaring maya dalam negeri. Namun Pandemi Covid-19 sedikit banyaknya telah menyadarkan banyak orang betapa pentingnya internet kencang, lebih dari sekedar menonton yang begitu dan begitu.

Pada 2013 menurut data Akamai Technologies Inc kecepatan internet rata-rata Indonesia hanya 1.5 Mbps. Kini, Berdasarkan riset yang dirilis Hootsuite, pada Januari 2020, kecepatan Internet Indonesia rata-rata hanya 20,1 Mbps atau jauh di bawah rata-rata dunia (worldwide) yang mencapai 73,6 Mbps.

Perkembangan koneksi internet di Indonesia terbilang cukup signifikan. Namun perkembangan dunia ternyata lebih cepat, sehingga Indonesia termasuk terbawah dalam adu cepat koneksi internet. Terlebih kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, sehingga tidak apple to apple membandingkannya dengan Singapura ataupun Korsel.

Ya saya gak tahu mau seperti apa menyimpulkan ini semua. Bagi yang saya rasakan perkembangan koneksi internet di Indonesia sudah lumayan bagus.

Namun nyatanya akselerasi teknologi dunia lebih cepat lagi dan kebutuhan digital semakin banyak & besar. Dan Pandemi seolah mempercepat kemajuan teknologi berkali lipat. Jadi GanSis simpulkan sendiri saja, jika saat ini dan setelah Pandemi kita masih gitu-gitu aja dan tidak bisa manfaatkan momentum, ya bye.

riandyoga @riandaprayoga
Binjai, 11 November 2020


Spoiler for sumber & referensi:
Diubah oleh riandyoga 11-11-2020 13:07
noekoe19Daniswara92Azmikkun
Azmikkun dan 25 lainnya memberi reputasi
26
8K
159
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.