AnggaNavieAvatar border
TS
AnggaNavie
YUKSRI #1: Trend Layar Lebar, Bikin Lebar Minat Beli, atau Sebaliknya?


Hallo juragan, di thread YUKSRI (Yuk Diskusi Ria) edisi pertama ini, topiknya tentang gadget HP ya. Nah ane mau tau dong pendapat para juragan tentang trend HP layar lebar.

Soalnya, saat ini kayaknya produsen HP baik dari negeri gingseng maupun negeri bambu lagi getol-getolnya bikin HP layar lebar. Contohnya yang baru-baru ini, ada HP yang layarnya dapat dilipat-lipat dan dibuka agar makin lebar.

Nah menurut para juragan gimana nih? Apakah para juragan suka dengan HP layar lebar? Atau justru malah suka yang layarnya kecil?

Btw ini thread yang uda ane keep 2 bulan lebih. Cuma baru sempet ane publish, tapi mudah-mudahan masih relevant. (Maklum, trend gampang banget berubah!)

. . . . .

Oke biar adil dimulai dari pendapat ane dulu deh ya. So, here is my opinion!


LAYAR LEBAR ITU NANGGUNG

Kalau ane pribadi sih jujur malah ga begitu tertarik dengan HP yang model-model layar lebar seperti itu, soalnya terkesan nanggung. Nanggung dalam arti dibilang tablet engga, dibilang HP ya... Ga sepraktis HP-HP jaman dulu yang enak digenggam (menurut ane). Mau dibilang pablet juga kayaknya produsen HP ga masang embel-embel pablet di produknya. *CMIIW

Kalau misal butuh layar lebar, mending ane beli tablet sekalian. Apalagi kalau misal ada pena-nya, beh bakal asik banget gambar-gambar kayaknya.

Ane sendiri pernah icip Galaxy Note punya temen. Asik sih, sekali cabut pena langsung ada opsi-opsinya. Cuma sayang buat gambar kayaknya kurang enak (menurut ane, maklum cuma pegang beberapa menit doang hehe). No offense buat pemilik Gal. Note ya.


LAYAR LEBAR ITU TIDAK PRAKTIS

Ane bayangin nih, seandainya punya HP yang layarnya segede gaban, pasti bakal butuh 'tas slempang' tuh kalau mau ngajak HP-nya jalan-jalan.

Nah sedangkan ane tipe orang yang plug and play alias ga mau ribet, jadi males aja kalau jalan kudu bawa aksesori tambahan. Belum lagi kalau kudu buka tutup resleting tasnya untuk ngambil atau naruh HP kembali. Hmm... meski ga butuh efford banyak, tapi tetep aja kayaknya ribet. Lebih praktis kalau ngeluarin dari saku, dan masukin ke dalam saku kembali.

Di tambah lagi, layar yang lebar tentunya juga pasti mempengaruhi ukuran HP. Entah kenapa, HP layar lebar gitu terkesan makan tempat. Kayak ngeri-ngeri sedap gitu kalau ditaruh di meja, hawa-hawanya pengen nyenggol.

Itu aja sih alasan kenapa ane ga suka HP layar lebar, yang intinya menurut ane ga praktis.


MINAT BELI?

Jika seandainya ada 2 HP dengan harga, spek, dan brand yang sama, namun beda ukuran layar, ane cenderung lebih memilih yang ukuran layarnya kecil.

. . . . .

Well, setidaknya ane ada alasan sendiri kenapa lebih suka HP dengan layar berukuran kecil. Here's why!


LAYAR KECIL ITU ENAK DIGENGGAM

Menurut ane, HP layar ukuran kecil itu pas aja digenggam. Sepengalaman ane, cuma HP berlayar 4.x sekian inch yang menurut ane paling enak digenggam.

Contohnya nih, ane sebut merek deh ya; iPhone 5S, atau Samsung A3 2016. Kedua contoh yang ane sebutin tadi merupakan gawai yang menurut ane paling enak digenggam, karena memiliki layar yang hanya berukuran 4 - 4.5 inch.


LAYAR KECIL ITU PRAKTIS & KEREN

Selain itu, HP dengan ukuran layar kecil mudah masuk ke kantong, pun ngetik pake tangan satu juga oke. Praktis lah ya.

Soal desain juga, meski biasanya lebih tebal sedikit, tapi masih keren kok. Lagian kalau ga keren, ga mungkin dong Apple bikin desain yang hampir sama dengan 5S buat produk terbarunya? Ya nggak?

Pokoknya HP dengan layar kecil itu sempurna buat ane.

. . . . .


BUT IN THE END

Tapi ya pasti produsen uda mikir mateng-mateng lah ya buat ngeluarin produknya ke pasar. So, sepertinya ane termasuk golongan minoritas nih, yang mana ga seperti 'kemauan pasar' pada umumnya.

Belum lagi jika dibandingkan HP dengan layar kecil, HP dengan layar lebar tentunya memiliki spek lebih tinggi. karena untuk ngasih makan layar lebar (apalagi jika ukuran pixel dan ppi nya gede) butuh processor yang enggak ecek-ecek. Pastinya, semakin canggih speknya, konsumen semakin suka!

Tapi kalau ane pribadi ga begitu butuh HP dengan spek tinggi sih. Pasalnya, HP ane mentok cuma buat main sosmed, browsing, dan ngaskus; yang penting bisa melampiaskan dahaga berinternet ria!

. . . . .

Harapan ane sih kelak produsen HP juga fokus buat bikin HP yang memiliki layar 4 inchian. Jadi 'konsumen minoritas' seperti ane ini ada opsi buat memilih produk sesuai seleranya. Soalnya kayaknya jarang banget HP keluaran terbaru yang memiliki ukuran layar segitu - atau sekarang uda ada ya?

Dulu ane inget banget, Samsung selalu ngeluarin versi 'mini' dari seri flagship-nya. Atau Apple yang sempat ngeluarin iPhone 5C dan SE. Meskipun nggak setenar atau sekeren versi aslinya, tapi entah kenapa HP versi mini gitu selalu jadi idaman buat ane.

Nah itulah pendapat ane tentang trend HP layar lebar, kalau pendapat dari para juragan sendiri gimana nih? Yuk Share!


Referensi:Otak sendiri gan | Gambar: Unsplash yang uda diedit.
Diubah oleh AnggaNavie 09-11-2020 12:08
japarina
Daniswara92
tien212700
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7.3K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.