• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cara Meningkatkan Minat Belajar Para Pelajar di Masa Pandemi Covid-19

nabilasya.aAvatar border
TS
nabilasya.a
Cara Meningkatkan Minat Belajar Para Pelajar di Masa Pandemi Covid-19
            Belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan atau menguasai suatu ilmu pengetahuan. Belajar memiliki arti dasar akan adanya aktifitas atau kegiatan dan penguasaan tentang sesuatu. Belajar merupakan segenap rangkaian kegiatan atau aktifitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya barupa penambahan pengetahuan atau kemahiran bersadarkan alat indera dan pengalamannya. Kualitas belajar seseorang ditentukan oleh pengalaman-pengalaman yang di perolehnya saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
            Hasil belajar siswa itu adalah kemampuan yang diperoleh pelajar itu sendiri melalui kegiatan belajar. Hasil belajar pelajar ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu dari dalam diri sendiri dan lingkungannya. Dari dalam itu sendiri adalah kemampuan pelajar dalam berpikir, motivasi, minat dan kesiapan siswa. Sedangkan lingkungan yang mempengaruhi hasil belajar pelajar meliputi sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas gutu, sumber belajar, metode belajar serta dukungan keluarga dan masyarakat.
            Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi hasil belajar yaitu minat belajar dari pelajar itu sendiri. Minat itu suatu kekuatan motivasi yang menyebabkan seseorang memusatkan perhatian terhadap sesuatu atau kegiatan tertentu. Minat belajar adalah perhatian, rasa suka, ketertarikan seseorang terhadap proses belajar yang dijalaninya dan kemudian ditunjukkan melalui keantusiasan partisipasi dan keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran yang ada. Dengan hal ini minat belajar jadi aspek penting terhadap prestasi pelajar. Karena sesuatu yang dilakukan tidak sesuai dengan minat akan menghasilkan prestasi yang kurang menyenangkan dan dengan terpenuhinya minat seseorang akan mendapatkan kesenangan atau kepuasan batin yang dapat menimbulkan motivasi.
            Dengan terus meningkatnya jumlah positif yang disebabkan oleh virus corona, Indonesia mengalami hambatan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, Sebelum datangnya virus ini, negara kita aman-aman saja, situasi berubah total ketika virus ini datang pada tahun 2019 dan menyebar luas di Indonesia pada tahun 2020. Tidak hanya Indonesia negara lain pun mengalami hal sama karena pandemi Covid-19 ini hampir menyebar ke seluruh dunia. Salah satunya dalam proses belajar mengajar. Seperti yang kita telah ketahui di jaman seperti ini perkembangan teknnologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan begitu pesat. Dengan hal itu pemerintah meneruskan proses belajar mengajar ini melalui pembelajaran online atau pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). Karena upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ini dan juga untuk menahan menyebaran virus corona ini.
             Pembelajaran online ini menimbulkan banyak pengaruh terhadap pelajar, termasuk minat pelajar untuk belajar. Ada dua faktor yang menyebabkan menurunnya minat belajar para pelajar ini. yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal itu sendiri bisa dari dalam diri pelajar itu sendiri yaitu kecerdasan atau tingkat kemampuan pelajar dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapinya serta kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara terarah untuk mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. Kecerdasan suatu pelajar dapat berpengaruh terhadap minat belajarnya. Maka dari itu pelajar harus bisa memilih metode pembelajaran yang tepat karena setiap individu memiliki metode belajar yang berbeda-beda dan terkadang juga pembelajaran online ini dapat membuat pelajar menjadi kurang aktif dalam meyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Karena kejenuhan ini dapat membuat hasil belajar atu kecerdasan para pelajar ini tidak memperoleh kemajuan.
             Faktor eksternal ini yaitu bisa dari lingkungan keluarga. Karena lingkungan keluarga ini adalah lingkungan pertama yang dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan seseorang, lingkungan keluarga itu awal seorang anak mengenal orang lain dan dirinya sendiri, keluarga memiliki pengaruh besar terhadap meningkatnya minat belajar pelajar, dalam terutama peran orang tua mempunyai peranan yang sangat penting, oleh karena itu orang tua harus mampu untuk memberikan bimbingan yang terbaik agar dapat menimbulkan minat belajar yang baik dalam diri seorang anak, dengan itu proses belajar akan lebih mudah serta pelajar ini mendapatkan semangat dan dorongan dalam hatinya untuk belajar secara baik dan sungguh sungguh. Apalagi di keadaan pendemi Covid-19 ini, pelajar melakukan rutinitas produktif belajar hanya dengan dirumah saja.
             Selain dari lingkungan keluarga serta pentingnya peran orang tua untuk memberikan dorongan dan semangat seorang anak, guru juga memiliki pengaruh dalam minat belajar para pelajar. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik juga. Guru juga dapat menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran online, seperti pada saat proses penyampaian materi pelajaran sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan lebih menarik. Guru juga dapat menyampaikan materi dengan tidak terlalu serius, bisa dengan memberi lelucon atau contoh-contoh yang sering terjadi dalam kehidupan remaja pada jaman sekarang ini supaya dapat menarik perhatian para pelajar dan kembali memperhatikan pembelajaran tersebut. Karena sesuatu yang disukai akan mudah diingat dan dipelajari.
0
378
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.