• Beranda
  • ...
  • Gorontalo
  • [Coc Reg. Gorontalo] Tradisi Unik dan Menarik di Gorontalo, No 4 Ekstrim Gan!

anna1812Avatar border
TS
anna1812
[Coc Reg. Gorontalo] Tradisi Unik dan Menarik di Gorontalo, No 4 Ekstrim Gan!




Beragam tradisi unik dan menarik yang tersebar di seluruh nusantara, merupakan warisan budaya leluhur yang harus tetap dilestarikan. Bahkan jika perlu, sebagai pemilik, kita harus memperkenalkannya kepada dunia. Tujuannya supaya Indonesia makin dikenal oleh dunia karena ragam tradisi unik yang dimiliki.

Salah satu tradisi unik dan menarik itu ada di Gorontalo, Gansis. Ada bermacam tradisi masyarakat sana yang masih dilestarikan hingga kini. Pastinya kita bangga, karena hidup di negara yang memiliki banyak ragam budaya, tradisi, dan lain-lain.

Di antara tradisi unik itu, antara lain :

1. Tradisi lisan Tahuli dan Tahuda

Ini adalah salah satu warisan sastra yang ada di Gorontalo. Warisan budaya ini, tanpa disadari akan membentuk karakter bangsa, meskipun dalam lingkup lokalitas kedaerahan. Tujuan dari kajian ini untuk menunjukkan bahwa sastra dan tradisi lisan dapat menjadi salah satu alternatif wadah untuk pembentukan karakter bangsa. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil dari kajian ini menujukkan bahwa sastra dan tradisi lisan menjadi salah satu pendukung pembentukan karakter bangsa di masyarakat Gorontalo.



2. Lohidu

Tradisi ini merupakan salah satu ungkapan rasa dari seseorang dalam bentuk dendang rakyat, atau lagu tradisional Gorontalo. Lohidu bisa dikatakan pantun yang dilagukan. Bahasa yang digunakan dalam lohidu adalah bahasa Gorontalo. Pelakunya hanya 1 orang saja, bisa laki-laki maupun perempuan. Tradisi ini biasa dilakukan siang maupun malam hari di saat sedang menjaga kebun, sawah, memancing di sungai, danau maupun laut. Penuturannya pun tidak dituntut harus berpendidikan tinggi, asal dia tahu berbahasa daerah dan bisa melagukan lohidu dengan baik. Melantunkan lohidu bisa juga diiringi alat musik, yaitu gambus. Jika memakai alat musik pengiring, biasanya tempatnya menyesuaikan situasi, misalnya panggung. Sekarang ini Lohidu ditampilkan dalam acara-acara HUT Provinsi kabupaten kota.



3. Langga dan Longgo

Ini adalah tradisi dari jenis seni bela diri di Gorontalo. Longgo adalah tarian memakai senjata tajam, sedangkan Langga tanpa memakai senjata tajam. Seiring perkembangan zaman, seni bela diri Langga dan Longgo, menginspirasi lahirnya adat tradisional yang kerap dipentaskan saat upacara penyambutan tamu kebesaran adat di Gorontalo. Kedua tarian ini memiliki makna filosofis yang dalam. Setiap simbol dalam tarian Langga atau Longgo, sangat dipengaruhi oleh sistem sosial dengan berbagai kebudayaan di sekitarnya.

Manfaat dari kedua tradisi ini selain sebagai tarian, juga menjadi olahraga tradisional untuk mengadu ketangkasan dalam mengunci atau membuka kuncian gerakan.

Spoiler for tarian Longgo:


Spoiler for tarian Langga:


4. Tari Dayango

Ini adalah salah satu tradisi ekstrim yang ada di Gorontalo. Bagaimana tidak? Menari lazimnya dilakukan di atas panggung atau tanah. Namun tidak dengan salah satu tarian di Gorontalo ini. Tari Dayango dilakukan di atas bara api yang menyala-nyala dengan bertelanjang kaki, sambil memegang anyaman janur kuning. Nah, membayangkannya saja ngeri ya, Gansis. Namun jangan salah. Di sana, tradisi ini dipercaya sebagai bentuk rasa syukur, penghalau bala/penyakit dari kejadian alam, dan bisa untuk mengobati orang sakit.

Entahlah korelasinya ada di mana. Akan tetapi, masyarakat Gorontalo mempercayainya dapat bermanfaat seperti yang sudah ane sebut di atas. Saat ini, tradisi tersebut sudah jarang dilaksanakan.



5. Paiya lo hungo lo poli

Menyebut tradisi ini kelihatannya susah ya, Gansis. Namun, tradisi ini unik, loh. Tradisi ini merupakan tradisi berbalas pantun yang dilakukan secara spontan. Biasanya memakan waktu lama,tergantung pada kemampuan orang untuk menyusun kata-kata secara cepat.

Pa'iya lo hungo lo poli adalah satu ragam sastra lisan daerah yang berhubungan dengan pergaulan muda-mudi. Syair-syairnya mengandung makna dalam, seperti kasih sayang, kebahagiaan hidup, keindahan, kecantikan, kegagalan, nasehat dan lain-lain. Tradisi unik ini biasanya dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti pada sosialisasi keluarga berencana, kegiatan pada musim panen, syukuran, jamrah tradisional dan festival-festival.



Beragam tradisi di Gorontalo di atas, memang patut dilestarikan ya, Gansis. Selain supaya adat budaya warisan leluhur tidak punah, juga untuk mempupuk rasa cinta kepada ragam tradisi daerah. Sebab, tradisi yang diwariskan leluhur tersebut memiliki makna yang sangat dalam.

Selain 5 tradisi yang sudah ane sebut di atas, masih banyak lagi adat tradisi masyarakat Gorontalo yang unik dan menarik. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, secara tidak langsung ikut membentuk pola pikir masyarakat sekitar.

Menurut ane, upaya pelestarian adat tradisi suatu daerah, akan berjalan dengan baik apabila ada kerja sama antara masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Segala usaha pun bisa dilakukan secara bersama demi memupuk rasa cinta terhadap adat budaya dan tradisi itu sendiri.

Oke, Gansis, itulah sekelumit ulasan mengenai adat tradisi masyarakat Gorontalo yang unik dan menarik. Semoga menambah pengetahuan kita semua. Apabila ada yang salah, silakan dikoreksi. Terima kasih dan sampai jumpa di trit ane selanjutnya.




Penulis : @anna1812
Referensi : di sini


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia
deeazz
nirankara
eyefirst2
eyefirst2 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
3.8K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gorontalo
Gorontalo
icon
346Thread79Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.