Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
10 Kota Terkaya Di Dunia, Benua Asia Ternyata Mendominasi

Survei tentang kekayaan kota di dunia telah dilakukan tahun lalu dengan studi skala penghasilan kota dan kemajuan, peringkat kota terkaya di dunia pada tahun 2019. Hasil seleksi itu dengan memperhitungkan keadaan ekonomi penduduk, bagunan real estate, bisnis, perusahaan dan pendapatan kota.

Meskipun masih banyak lagi kota-kota yang berkembang pesat di dunia, seperti Shenzhen, Yokohama, Moscow, Kopenhagen dan lainnya. Akan tetapi, review ini hasil survei New World Wealth.

10. New York, Amerika Serikat
Foto: pods.com

New York adalah pusat budaya dan ekonomi di Amerika. Perusahaan keuangan yang memiliki kantor di kota ini memegang kendali lebih dari 30-40% keuangan dunia.

Jalanan Manhattan, kawasan bisnis kota, adalah rumah bagi kantor pusat bank terkenal dunia dan lembaga keuangan lainnya. Selain itu, New York membanggakan kehadiran kantor pusat untuk perusahaan IT dan industri lainnya. Kota ini juga menjadi tuan rumah bursa saham terbesar di dunia.

Manufaktur tradisional memainkan peran penting dalam perekonomian New York. Industri utamanya adalah manufaktur tekstil, teknik mesin, industri makanan dan kimia, Industri baru juga mendapatkan momentum: eS E N S O Rmerce, pengembangan perangkat lunak.

9. Tokyo, Jepang
Foto: insider.com

Ibu kota Jepang ini kerap dianggap sebagai salah satu kota yang terbesar dan paling berkembang secara ekonomi di dunia. Markas besar perusahaan keuangan internasional, perusahaan asuransi dan bank investasi berpusat di kawasan bisnis ibukota ini.

Tokyo menjadi kota terkaya setelah berakhirnya Perang Dunia II, salah satu sektor utama ekonomi Tokyo adalah teknik mesin, yang meliputi produksi kendaraan listrik, serta produk berteknologi tinggi - jam tangan, lensa, kamera. Industri ringan juga memainkan peran penting serta Industri unggulannya adalah industri makanan, tekstil dan kulit hewan untuk keperluan bahan tas mahal dan sejenisnya.

Majalah The Economistmenempatkan kota Tokyo sebagai yang terkaya dalam hal biaya hidup penduduk survei dilakukan selama 14 tahun berturut-turut.

8. San Francisco, Amerika Serikat
Foto: global-news.com

Kota yang berada di negara bagian California di bagian barat Amerika Serikat ini menjadi pusat tujuan wisata dunia. Pariwisata telah lama menjadi tulang punggung perekonomian kota ini. Beberapa tahun lalu, San Francisco menduduki peringkat kelima dalam hal jumlah wisatawan asing di antara kota-kota di Amerika Serikat.

Bank of America yang terkenal didirikan di San Francisco pada awal abad ke-20, ada lebih dari 30 perusahaan keuangan internasional di kota ini. Perkembangan pesat pada ekonomi munculnya perusahaan Silicon Valley yaitu dunia komputer dan teknologi.

Sejumlah perusahaan besar bidang teknologi dan start-updi industri Teknologi informasi mendirikan perusahaan di kota ini, serta kota San Francisco juga menjadi pusat penelitian untuk kedokteran dan biologi dunia.

7. London, Inggris
Foto: visitlondon.com

Kota terbesar di Britania Raya juga merupakan pusat politik dan keuangan vital di Inggris. London dianggap sebagai salah satu pusat investasi paling menarik. Yurisdiksi perkotaan memiliki jumlah perusahaan perdagangan terbesar dari seluruh dunia serta investor dengan modal besar.

Perekonomian London menyumbang sekitar 20% dari total negara. Kota ini bersaing dengan New York untuk gelar pemimpin keuangan dunia. London adalah pusat industri penting di Inggris, di kota terdapat perusahaan industri yang bergerak dibidang teknik mesin, elektronik, peralatan mesin, pembuatan kapal, industri makanan, penyulingan minyak, dan pariwisata.

6. Beijing, Cina
Foto: china-briefing.com

Ibukota Cina ini adalah pusat transportasi terbesar, selain itu Beijing termasuk pusat politik, pendidikan, dan keuangan Kerajaan Tengah. Sejumlah besar perusahaan milik negara terkonsentrasi di Beijing serta sejumlah besar kantor pusat perusahaan di dunia.

Jenis kegiatan ekonomi berbeda-beda tergantung dari kota kabupaten. Distrik Shijingshan didominasi oleh pertanian, sedangkan Zhongguancun adalah pusat industri elektronik dan komputer.

Selama beberapa tahun terakhir, kota ini telah mengalami peningkatan jumlah perusahaan modal ventura nasional dan internasional. Inilah salah satu alasan mengapa Beijing diam-diam disebut sebagai pusat kewirausahaan.

5. Shanghai, Cina
Foto: agoda.com

Terletak di timur Cina, Shanghai adalah kota di bawah yurisdiksi pusat republik, salah satu pusat budaya dan ekonomi penting di kawasan Asia. Seperempat dari pendapatan pajak Cina berasal dari Shanghai, selain itu kota ini memiliki pelabuhan terbesar dalam hal perputaran kargo di dunia.

Juga di kota ini terdapat bursa berjangka, terkenal dengan sejumlah besar kontrak tembaga dan karet Shanghai Gold Exchangeadalah perusahaan perdagangan logam mulia terbesar di China.

Ada banyak perusahaan industri dengan modal asing yang berlokasi di Shanghai. Misalnya, pabrik mobil Volkswagen dan General Motors, produsen peralatan rumah tangga LG, perusahaan farmasi, medis, dan telekomunikasi.

4. Los Angels, Amerika Serikat
Foto: britannica.com

City of Angelsatau Los Angels yang terletak di pantai Pasifik Amerika dianggap sebagai pusat pendidikan dan ilmiah di dunia. Selain itu, Los Angeles adalah rumah bagi sejumlah besar perusahaan keuangan dan industri di Amerika Barat. Perusahaan yang menjamin perkembangan ekonomi tidak hanya di kota tetapi juga kawasan industri perdagangan internasional, militer, luar angkasa dan otomotif.

Los Angeles adalah rumah bagi aktor Hollywood kota ini juga sebagai pusatnya industri perfilman yang terkenal di dunia, yang juga mendatangkan pemasukan besar ke kota. Kota ini terdapat banyak kantor pusat perusahaan yang menempati posisi terdepan dalam peringkat dunia. Diantaranya: Twentieth Century Fox, Occidental Petroleum, Guess dan lainnya.

Kota ini sering menyelenggarakan sejumlah pameran internasional di bidang otomotif dan elektronik faktor ini juga dapat meningkatkan daya tarik ekonomi dari investor.

3. Hongkong, Hongkong (RRC)
Foto: biz.kompas.com

Daerah Administratif Khusus ini merupakan pusat keuangan tidak hanya di Asia, tetapi juga di dunia. Produk domestik bruto per orang di kota ini hanya di bawah $ 40.000, menjadikannya kota terkaya di RRC. Selain itu, Hong Kong berada di depan Jepang, Denmark dan Swiss dalam indikator ini.

Fitur utama yang memungkinkan kota ini menjadi jantung ekonomi Asia adalah wilayah lepas pantainya, serta pelabuhan besar yang tidak memungut bea masuk atas impor. Selain itu, tidak ada pajak pertambahan nilai di Hong Kong, kota ini terkenal dengan pajak yang rendah dan intervensi non-pemerintah dalam perekonomian.

2. Sydney, Australia
Foto: aussiespecialist.com

Sydney adalah ibu kota serta pusat budaya dan ekonomi Australia. Produk domestik bruto untuk setiap warga kota lebih dari $ 40.000, ini adalah angka tertinggi di negara ini. Sektor sentral ekonomi kota meliputi perdagangan, manufaktur, perawatan kesehatan, Sydney sendiri menyumbang sekitar seperempat dari seluruh perekonomian negara Australia.

Kota ini memiliki kantor lebih dari 500 perusahaan internasional besar diantaranya adalah bank dan lembaga keuangan lainnya dan juga kota Sydney merupakan pusat bursa terbesar di wilayah Australia dan Asia.

Termasuk 15 perusahaan bursa berjangka teratas di dunia seperti Fox Studios Australiatelah menduduki peringkat pertama dunia versi Forbes 2014, Sydney menduduki peringkat kedelapan dalam daftar kota di dunia dalam hal investasi jangka panjang.

1. Singapore, Singapore
Foto: travelingajadulu.com

Kota negara ini terletak di Asia Tenggara ini memiliki perekonomian yang sangat berkembang di dunia. Tingkat produk domestik bruto untuk setiap penduduk kota termasuk nominasi sepuluh tertinggi di dunia.

Di pertengahan abad terakhir Singapura adalah negara kecil yang miskin, di mana air tawar dan pasir bangunan pun masih kurang. Namun, setelah Lee Kuan Yewberkuasa, negara itu mulai berubah menjadi pusat perdagangan dan keuangan Asia Tenggara.

Tugas utama yang ditetapkan oleh perdana menteri baru adalah mengembangkan produksi dan menarik investor. Kondisi nyaman yang diciptakan untuk berinvestasi di negara ini telah membuahkan hasil yang jelas. Manufaktur elektronik, pembuatan kapal, dan sektor keuangan berkembang dengan baik di Singapura.

Sebagian besar kinerja ekonomi Singapura bergantung pada ekspor barang jadi. Peran penting juga dimainkan oleh perusahaan internasional yang telah membuka kantor perwakilan di negara ini. Pasalnya, perekonomian Singapura sangat transparan dengan tingkat korupsi yang sangat rendah membuat investor tertarik.

Referensi: 1. List top 10 richest cities in the world

2. 10 richest places in the world, residents have a combined wealth of at least $1 trillion
rizkifadhilah09
EriksaRizkiM
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.7K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.