Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
198
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fade2bac0cad77ff8707d67/bagaimana-jika-indonesia-menggunakan-bentuk-pemerintahan-monarki-kerajaan
Kali ini gue bakalan bahas tentang bentuk pemerintahan Indonesia. Indonesia sekarang menggunakan bentuk pemerintahan Republik yang pemimpin negaranya bergelar seorang presiden. Bagaimana jika pemerintahan Indonesia berbentuk Monarki/kerajaan?.
Lapor Hansip
13-11-2020 08:34

Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

Kali ini gue bakalan bahas tentang bentuk pemerintahan Indonesia. Indonesia sekarang menggunakan bentuk pemerintahan Republik yang pemimpin negaranya bergelar seorang presiden. Bagaimana jika pemerintahan Indonesia berbentuk Monarki/kerajaan?.

Yang pertama kita akan bahas apa itu monarki/kerajaan. Monarki adalah bentuk pemerintahan yang kekuasaannya dipegang oleh seorang raja atau kaisar. Monarki atau sistem pemerintahan kerajaan adalah sistem tertua di dunia. Pada awal kurun abad ke-19, terdapat lebih 900 tahta kerajaan di dunia, tetapi menurun menjadi 240 dalam abad ke-20.  Ada tiga jenis bentuk pemerintahan monarki yaitu monarki absolut, monarki konstitusional, dan monarki parlementer. 


Monarki absolut adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh raja, syah, ratu atau kaisar sedangkan Monarki konstitusional adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang raja, tapi kekuasaannya dibatasi oleh UUD atau konstitusi tertentu. Monarki parlmenter adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang raja, tapi kekuasaan tertinggi ada di tangan parlemen.  

Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?

Oke begini, jika pemerintahan Indonesia bebentuk kerajaan hal yang paling terlihat yaitu dari pemimpin negaranya, pemimpin Indonesia tidak akan disebut Presiden lagi melainkan raja, ratu, atau kaisar. Perbedaan antara keduanya adalah dari masa jabatan, jika presiden memiliki batas masa jabatannya biasanya selama 5 tahun lain halnya dengan raja yang tidak memiliki batas masa jabatan artinya jabatannya seumur hayatnya.



Kemudian bagaimana jika rajanya sakit atau meninggal dunia?. Jika rajanya meninggal jabatannya akan diteruskan ke keturunannya yaitu anaknya, itupun selanjutnya secara terus menerus artinya selama keluarganya memiliki keturunan, maka jabatan raja akan diteruskan secara turun menurun.

Kemudian ada beberapa kelebihan sistem pemerintahan monarki yaitu kepala pemerintahannya mempunyai kekuasaan yang tidak bisa diganggu gugat dan dipengaruhi oleh pihak lain, jarang terjadinya penyelewengan di dalam pemerintahan karena hanya dipimpin oleh satu pihak.

Namun bentuk pemerintahan ini mempunyai kekurangan yaitu pemerintahannya terpusat pada satu pihak, pemerintahan hanya dipegang oleh keturunan penguasa dan munculnya ketidakadilan karena perbedaan kasta.

Itulah yang bakal terjadi jika seandainya bentuk pemerintahan Indonesia adalah Monarki atau Kerajaan. Bagaimana ada yang kepingin bentuk pemerintahan Indonesia menjadi Monarki? 

Sumber referensi : Dari Sini dan Dari Sini
Sumber gambar : Google Image


emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca




profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukhorigan dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:10
Yah bakal pecah2 negaranya. Kan banyak rajanya di kita hehehe
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:14
nampaknya menarik jika Indonesia jadi kerajaan.
yah asalnya rajanya cakap, tapi kalo dibayangin ya susah susah gampang
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:21
Serem gan, satu orang perintahnya kaga ada lawan wkwkwk
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:25
Mana bisa begitu, indonesia ini terbentuk dari kerajaan2 di nusantara. Mau diganti kerajaan ya harus ada kesepakatan dulu, kalo nggak ya jadi kerajaan jawa aja. Orang dr dulu jawa terus kok yang jadi presiden. Kepemerintahan harus digilir. Tapi lebih bagus sih ya Indonesia jadi negara federal, jadi masing2 wilayah punya raja sendiri di bawah naungan sistem parlementer.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:27
Yang terjadi di Indonesia adalah ada sistem monarki di dalam Republik, yaitu Keraton Yogyakarta. Mirip Monaco di Prancis, beda nya Monaco di Prancis di akui oleh negara lain sehingga bisa punya bendera sendiri, untuk hubungan luar negeri di urus oleh Prancis
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:36
Knp sih msh pd mikirin nation-state menjadi model yg relevan di hr gini. Coba diskusinya digeser ke alternatif pemegang kewenangan koersif. Barang gagal udh waktunya diganti.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:42
dalam sejarahnya monarki itu udah gagal coeg, kenapa lu tanyain lagi kalau gagal hasilnya nanti gagal atau berhasil? set dah emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:45
Kalau bentuk kerajaan mah, nanti dikuasai 1 keluarga saja ..
ane mana bisa nyapres lagi emoticon-Wakaka
Diubah oleh smaffiliate
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:46
Quote:Original Posted By wahgila
Dulu kita udah 32 tahun gak pernah ganti pemimpin sampai anak SD nanya langsung ke pemimpin negara nya. Dan dijawab...


Knp kamu brtanya begitu...? Siapa yg ngajari kamu..??? emoticon-Smilie


Hmmm.... emoticon-Smilie








































emoticon-Takut (S).........................................emoticon-army
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hhendryz memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:53
Bukannya kita make ya, tapi gak terang2an, coba dah cek emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 10:53
Ijin nyimak sambil ngupy gans
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:00
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Dari Raja Joko, nanti ke Raja Gibran, trus Raja Ethes...
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?


Ehm... Kalau di urut² dari RAJA SOEKARNO...??? mestinya saat ini sudah dipimpin sama KANJENG RATU MEGAWATI dong pak... emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan adolfsbasthian memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:07
Indonesia kaga cocok monarki gan bakal auto bubar, indonesia menurut ane lebih cocok jadi negara serikat bre kaya amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:09
Jogja lho damai, ga ada ribut2 dan ngabisin duit buat pilkada gubernur. Orang-orangnya juga lebih tau diri.

Menurut ane kalo mau monarki yg kyk malaysia gitu bagus, kerajaan federal. Ganti2an berkuasanya, jadi kalaupun zalim ga lama2..haha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:22
naah ini permasalahannya kalo misal Indonesia mau dijadiin negara Monarki
padahal kan disini banyak banget peninggalan kerajaan dan keturunan raja yang masih hidup, terus terdiri dari berbagai suku juga
bakalan susah nentuin raja mana yang berkuasa
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:24
Jadi monarki.presiden jadi raja terkaya sedunia.harta negara juga milik raja
Aset BUMN Rp 6000trillyun milik raja dan keluarga
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:26
udah ada kan raja dan ratunya
agung sejagat nama kerajaannyaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
pria.3601s dan thebavarian.90 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:42
Lebih cocok natsoc
0 0
0
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:45
Status 32 tahun jadi presiden aja korupsi dimana mana. Apalagi jadi monarki, seumur hidup memperkaya anak, cucu dan cicitnya sendiri emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Indonesia Menggunakan Bentuk Pemerintahan Monarki/Kerajaan?
15-11-2020 11:53
Raja kodok, rakyat cebong
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia