munarmansh
TS
munarmansh
Soroti Kerumunan Massa Habib Rizieq, Epidemiolog: Pemprov DKI Tak Konsisten


Jakarta - Epidemiolog menyoroti kerumunan massa simpatisan Habib Rizieq Syihab baik di Jakarta maupun di wilayah penyangga, seperti Bogor, Jawa Barat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai tidak tegas dan tidak konsisten dalam menerapkan aturan terkait adanya pandemi COVID-19.

Kerumunan pertama yang disorot adalah saat massa menjemput kedatangan Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa (10/11), hingga di kediaman Habib Rizieq di Petamburan. Massa juga diketahui memadati kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/11) dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri Habib Rizieq Syihab.

Epidemiolog Dikcy Budiman menyebut banyaknya massa yang berkumpul pada masa PSBB transisi sebagai bentuk ketidaktegasan Pemprov DKI mengintervensi aturan PSBB. Menurutnya, ketidaktegasan itu dapat merugikan masyarakat luas.

"Ketidaktegasan dan ketidakkonsistenan dalam menerapkan intervensi sosial, physical distancing. Jelasnya, tidak tegas dan akan merugikan masyarakat luas," ujar Dicky saat dihubungi, Sabtu (14/11/2020).

Dicky mengatakan Pemprov DKI Jakarta seharusnya tidak boleh pandang bulu dalam menegakkan aturan terkait adanya pandemi COVID-19. Jika kasus positif kembali melonjak, masyarakat luas akan semakin dirugikan.

"Tidak boleh pandang bulu, tidak boleh juga kendur, karena ini untuk kesehatan masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut Dicky juga menyarankan kepada Habib Rizieq untuk memberi contoh kepada pendukungnya dengan cara melakukan karantina mandiri selama dua minggu. Menurutnya, selama masa karantina, Rizieq sebaiknya membatasi kegiatan bertemu dengan banyak orang.

"Saran saya untuk beliau, karena beliau tokoh besar, banyak pengikutnya, ini kesempatan baik untuk beliau, selain pertama pulang ke Indonesia menerapkan, memberi contoh penerapan karantina secara mandiri dengan baik dan benar. Artinya, tetap di rumah, membatasi mobilitas, interaksi. Jadi, kalaupun ada aktivitas, secara online, virtual dulu, sampai dua minggu," katanya.

"Kemudian menjelaskan ini kepada pendukungnya, bahwa dulu pun ketika zaman Umar pun istilah karantina pun datangnya dari Islam, dari zaman Umar. Artinya, ini kesempatan untuk terutama yang masih abai, yang merasa belum serius untuk bersikap. Nah, ini sangat pas untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan bisa jadi beliau bisa membantu edukasi, memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam melandaikan kurva, dengan cara kegiatan 3M, terutama membatasi kegiatan massa banyak," imbuh Dicky.

Habib Rizieq menikahkan putri keempatnya hari ini. Simak penjelasan lengkapnya di halaman berikutnya.

Diketahui, hari ini Habib Rizieq berencana menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW malam ini di Petamburan, Jakarta Pusat. Putri Habib Rizieq yang akan menikah adalah Syarifah Najwa Syihab. Dia akan menikah dengan Sayid Irfan Alaidrus.

"Insyaallah pada hari Sabtu, tanggal 14 November tahun 2020 malam, bakda salat Isya, kita akan langsung bersama-sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di markas besar Front Pembela Islam di Petamburan, Jakarta Pusat, sekaligus insyaallah saya akan menikahkan putri saya yang keempat, yaitu Syarifah Najwa Syihab, dengan tunangannya, insyaallah, Sayid Irfan Alaidrus," ujar Habib Rizieq di akun YouTube Front TV, Rabu (4/11).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta kepada siapa saja yang hadir dalam acara tersebut untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Kita minta kepada panitia, pimpinan semuanya, untuk agar apabila membuat kegiatan agar memperhatikan protokol COVID, protokol kesehatan, harus hati-hati," ujar Riza saat dihubungi, Jumat (13/11/2020).

Riza meminta kepada panitia untuk mengadakan petugas pengawasan PSBB. Selain itu, petugas dari Pemprov DKI Jakarta juga akan dikerahkan untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan.

"Kami sudah mengimbau, menyampaikan kepada setiap panitia kegiatan juga mempersiapkan petugas pengawas PSBB di internal masing-masing kegiatan. Kami juga sendiri akan menyiapkan petugas untuk membantu memantau, mengawasi," katanya.

Lebih lanjut Riza mengatakan Pemprov DKI Jakarta senantiasa mendorong semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menggelar kegiatan. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi penularan COVID-19.

"Ya sejauh ini kita terus minta, mengimbau, mendorong, agar semua kegiatan, termasuk FPI, termasuk kegiatan Habib Rizieq, kegiatan acara-acara Maulid Nabi, acara-acara keagamaan, acara budaya, acara sosial, acara lain-lainnya maupun acara pendidikan, semua. Apa pun acaranya, kami minta untuk melaksanakan protokol COVID, protokol kesehatan," ucap Riza. 

Komen TS:

Epidemolog ini nampaknya kagak tahu , kalau Rizieq itu bebas melakukan apa saja di negeri ini. Bahkan, Sang Gubernur aja sowan buat cium tangan Rizieq.

Masalah Covid-19, emang pernah dipikirin sama mereka. Mereka semua merasa sudah dijamin kebal oleh covid-19. Yg penting Jokowi segera dilengserkan & Anies bisa nyalon Presiden 2024, itu aja. Kalau bisa Anies dipercepat menjadi Presiden , demi Indonesia berkhilafah.

Bentar lagi, puluhan ribu undangan pernikahan anak Rizieq juga akan berduyun-duyun ke markasnya. Emang ada yg berani menegur mereka? Gubernur DKI & Jabar aja udah cium tangan ke Rizieq kok.

Tai kucing lah himbauan pemerintah tentang Covid-19. Pemerintah dari daerah ke pusat memang terbukti kalah dengan ormas pengusung Khilafah ini.

Obyek vital seperti bandara Internasional aja bisa dikuasai oleh mereka. kalau ormas ini mah bebas aja melakukan apa saja.

Keberadaan pemerintah dalam melindungi hajat hidup orang banyak tidak terlihat sama sekali. Pemerintah Jokowi melempem & gagal dalam memberikan perlindungan kepada sebagian besar hajat hidup rakyat Indonesia serta melindungi obyek vital milik negara. 

Semoga saja istana & DPR sekalian juga segera dikuasai mereka. Biar semua tahu bahwa pemerintah Jokowi benar-benar tidak punya nyali sama sekali. Saran gw, silahkan segera Jokowi lengser & serahkan kekuasaan kepada Rizieq CS.
Diubah oleh munarmansh 14-11-2020 04:11
xneakerzjoesan1899DuaLapanSatu
DuaLapanSatu dan 10 lainnya memberi reputasi
9
1.9K
43
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.