Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fabdaa610d2950ade6c7961/awas-tertukar-ragam-kuliner-khas-sunda-dibungkus-daun-pisang-ini-sulit-dibedakan
Dalam keseharian ragam olahan ini dipakai dalam berbagai acara baik kenduri atau hajatan ataupun jajanan pasar. Jenis olahan ini semuanya memakai teknik rebus dan kukus. Kue basah ini masih bertahan hingga sekarang. Dari bentuknya bisa saja Agan dan Sista terkecoh, karena sama-sama dibungkus daun pisang. Namun, isinya ternyata berbeda loh!
Lapor Hansip
11-11-2020 19:35

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Cemilan sunda jadul, serupa tapi tak sama

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan

Daerah Jawa Barat dikenal dengan kebudayaan dan keramahan penduduknya. Provinsi yang didominasi oleh suku Sunda ini masih memiliki ragam hal unik yang ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Salah satunya memiliki ragam jenis kuliner yang khas. Diantara kearifan lokal masyarakat Parahiangan adalah kuliner turun temurun. Dari mulai rasa dan bentuk bahkan dari satu bahan bisa diolah menjadi aneka olahan yang mengenyangkan dan sehat. Sudah tak dipungkiri jika kuliner tradisional memang tak diragukan kealamian bahan dan pengolahannya.

Dalam keseharian ragam olahan ini dipakai dalam berbagai acara baik kenduri atau hajatan ataupun jajanan pasar. Jenis olahan ini semuanya memakai teknik rebus dan kukus. Kue basah ini masih bertahan hingga sekarang. Dari bentuknya bisa saja Agan dan Sista terkecoh, karena sama-sama dibungkus daun pisang. Namun, isinya ternyata berbeda loh!

Yuk kenali cemilan khas Sunda yang dibungkus daun pisang dan masih lestari hingga saat ini.


1. Leupeut

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Leupeut sampeu: Dokpri

Olahan singkong parut atau beras yang dibungkus pipih memanjang ini biasanya dibalut daun pisang yang dipasangkan tali pengikat dari rapia atau pun rami. Ciri khasnya leupeut sampeu ini dicampur dengan kacang tanah yang membuat rasanya begitu enak. Sedangkan leupeut beras, tidak dicampur apapun. Teksturnya kenyal mirip dengan ketupat.

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Leupeut dari beras

Leupeut semuanya dibuat dengan cara direbus. Sehingga tekstur yang dihasilkan dan aroma daun pisang menyatu menghasilkan ciri khas yang tak akan terlupakan.

2. Bugis

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Bugis ketan: Dokpri

Nama bugis seperti nama suatu suku ya, entah ini ada kaitan dengan kehadiran orang bugis di Sunda atau bukan. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diadoni dan diisi oleh unti atau dalam bahasa Sunda "anten". Unti ini terbuat dari parutan kelapa dan gula aren yang diaduk hingga kalis. Bugis dimasak dengan cara dikukus.

Soal rasa jangan ditanya lagi, bugis ini primadona dalam setiap acara orang Sunda. Apalagi sebuah hajatan tak lengkap jika tak dilengkapi kehadiran kue bugis.

3. Papais

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais sampeu
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais tipung amis
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais cau
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Papais tipung asin: Dokpri

Papais dalam kuliner sunda ada beberapa macam, yakni papais sampeu, papais tipung bodas, dan papais tipung amis, kemudian papais cau.

Bahan dasar papais hampir semua adalah tepung beras lalu variannya sesuai nama jenis papais, kecuali papais sampeu yang isinya singkong parut yang diaduk bersama gula merah. Sedangkan papais cau adalah tepung beras dengan adonan pisang yang dihaluskan, papais tipung bodas: tepung beras dengan parutan kelapa dan garam rasanya asin gurih. Papais tipung amis: tepung beras yang dimasak dengan gula putih dan santan hingga kental, lalu dibungkus dan dikukus.

3. Buras

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Buras: Dokpri

Buras adalah kudapan dari beras atau beras ketan yang dimasak setengah matang dengan cara direbus dan ditambah garam juga santan. Setelah dibungkus agak bulat kedua ujungnya dilipat segitiga pendek.

Buras ada yang polos dan ada yang diisi oncom tumis, atau isi abon ayam atau sapi yang disebut bacang. Rasanya lembut kenyal dan gurih. Biasanya dipakai untuk sarapan atau penganan sore hari ditemani bakwan goreng.

4. Bagejrot

Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
Bagejrot: Dokpri

Kuliner yang satu ini namanya memang unik. Bagejrot bermakna kalau dimakan lumer di mulut. Berbahan dasar singkong parut dan kelapa parut yang diaduk jadi satu adonan diisi irisan gula merah. Lalu dibentuk segitiga daun pisang. Setelah itu dikukus hingga matang.

Sensasi lumeran gula merah hangat berpadu lezatnya singkong dan kelapa parut menjadikan bagejrot banyak diminati. Bagejrot biasanya disajikan bersama teh hangat di saat istirahat siang atau sore. Pada acara kenduri pun sering dijadikan suguhan untuk para tamu.

Itulah jenis-jenis penganan khas Sunda yang terlihat mirip dari segi tampilan tapi isinya beragam dan bercitarasa unik. Hingga saat ini kami masih bisa menikmati kuliner tradisional yang telah diturunkan resepnya sejak nenek moyang. Semoga kekayaan kuliner daerah ini tetap bisa lestari hingga kelak.

Sekian dulu thread ane kali ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di thread berikutnya🥰.

Jangan lupa mampir dan komen di kolom bawah👇. Cendolin juga ya, Gansis🤗.

Opini pribadi
Gambar: Dokumentasi pribadi
Gambar: FB Lestari Sahidin
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 14:52
bugis ama papais gua pernah makan, yg lain ga pernah nemu
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 15:27
Ahahaha hampir sama sih dengan di jawa juga, ane kalau mau makan pasti tanya dulu bungkusan nih isinya apa haha
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 17:11
Penasaran sama buras isi oncom tumis, kata temen ane enak tuh
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 17:51
Enak pisan karesep
Abdi
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 18:10
Enak nih pernah makan semua
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 18:31
belum pernah nyoba jajanan pasar khas sunda.. dari segi bentuk sih gk beda jauh ama jajanan pasar khas jawa.. tp gatau deh dari segi rasa gimana..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 19:03
Makan bugis enak kayaknyaaa, lapisan ketannya yg tipis lembut, isiannya gula merah mix kelapa muda parut 🤤
Belum makan niiih jam seginiiiii
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 22:16
Banyak ya jenisnyaaa hehehee
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 22:39
ngiler gan.. enak tuh kalo dimakan masih anget2 baru aja mateng, ditemani kopi/teh plus dimakan pas ujan sore2 gitu emoticon-2 Jempol
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
13-11-2020 23:17
aku belom pernah cobain semuanya ini. soalnya di sini jarang ada, atau mungkin aku yg gak tau emoticon-Ngakak
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 11:18
Buras isi oncom pedas sama kue Bugis paporit ane tuh, nagih gila sampai mau mati rasanya. #SelatanModeOffemoticon-Matabelo
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 13:55
Makanan tradisional sama kek ditempat ane nih gan 😅, bungkusnya sama tapi isinya beda 😁
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 14:54
Tau nya pais pisang atau babongko
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 15:57
Leupeut plus gorengan di pagi hari bisa membuat mu semangat seharianemoticon-Cool
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 17:44
Emang paling bener deh makanan dibungkus pake daun pisang tuh. Bikin tambah enak.
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 17:45
Kalo ane sih di antara makanan-makanan di atas paling suka leupuet nggak tau kenapa hahaha. Kayaknya ane suka gurih kacangnya deh.
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 21:45
Enak nih kayanyaaa hehehehe...
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
14-11-2020 22:29
leupeut by Nazareth emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
16-11-2020 06:11
kecuali bagejrot
kalo diliat sekilas sih emang bentuknya hampir sama ya
0 0
0
Awas Tertukar! Ragam Kuliner Khas Sunda Dibungkus Daun Pisang Ini Sulit Dibedakan
17-11-2020 18:45
kirain bugis.. pas dibuka malah leupeut
emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
jawadah-dodol-khas-sunda-selain-dodol-garut
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia