• Beranda
  • ...
  • Jember
  • (COC Reg. Jember) Tradisi Ojung Di Jember, Ritual Meminta Hujan Dengan Cara Ekstrim

muyasyAvatar border
TS
muyasy
(COC Reg. Jember) Tradisi Ojung Di Jember, Ritual Meminta Hujan Dengan Cara Ekstrim


Assalamu'alaikum Gansis




Apa yang terlintas jika Gansis mendengar kata Jember? Kesenian, wisata, ataupun adat istiadatnya. Saat aku mendengar Jember, pikiranku langsung mengingat cerita saudara yang pernah tinggal bersama suaminya di sana.

Adat istiadat di sana masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Jember. Padahal zaman sudah berubah, ternyata yang menurut sebagian orang adalah mitos tetapi masyarakat Jember sangat percaya apa yang mereka lakukan itu adalah bentuk rasa syukur dan memang keharusan. Kalau tidak dijalankan, percaya tidak percaya, masyarakat Jember akan terkena musibah.

Tradisi ini biasa dinamakan oleh masyarakat Jember dengan nama Ojung. Tradisi Ojung sudah menjadi turun temurun dari nenek moyang mereka untuk meminta hujan. Biasanya ritual ini dilaksanakan di saat kemarau panjang dan tidak adanya sumber air sedikit pun.



Ritual Ojung dilaksanakan oleh 2 orang lelaki yang bertelanjang dada dan tangan mereka masing-masing membawa sebilah rotan. Bilah rotan tersebut digunakan untuk adu pukul kepada lawannya. Mereka saling berhadapan dan mereka diberi kesempatan saling sabet sebanyak 5 kali. Ada yang bilang saling sabet 3 kali.



Sasarannya adalah daerah punggung. Jika memukul dari depan, yang dipukul boleh menangkis dengan rotan yang dipegang. Ada penilaian siapa yang kalah dan siapa yang menang. Yang kalah dinilai jika banyak luka akibat sabetan tersebut.

Masyarakat Jember sangat antusias menggelar ritual Ojung ini. Apalagi yang datang untuk melihat ritual Ojung bukan masyarakat sini saja, ada juga dari wilayah lain yang sengaja datang untuk sekadar melihat ritual tersebut.



Mereka meyakini, jika setelah ritual Ojung dilaksanakan, beberapa hari kemudian akan turun hujan. Kebanyakan masyarakat di luar sana yang menganggap ritual Ojung hanyalah mitos belaka. Namun, para sesepuh sangat menyayangkan hal tersebut, namanya tradisi dari nenek moyang tidak akan bisa ditinggalkan.

Mereka pun juga beranggapan, jika tidak melaksanakan ritual Ojung ini, nanti masyarakat Jember terkena musibah. Maka dari itu, ritual Ojung sampai sekarang masih dilestarikan

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Bagaimana Gansis, apa pendapat kalian tentang ritual Ojung ini? Apa di daerah Gansis, juga ada ritual meminta hujan seperti ritual Ojung Ini?


emoticon-Rate 5 Staremoticon-2 Jempolemoticon-Rate 5 Star





Gresik, 11 November 2020
Sumber narasi : oppri
Sumber gambar : 1, 2, 3, 4

milsaka
kamilumarsyah
cheria021
cheria021 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
4.3K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Jember
Jember
icon
796Thread359Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.