News
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5faca24f349d0f126b5b269f/setop-pekerja-indonesia-taiwan-akan-rekrut-pekerja-negara-lain
Bisnis.com, TAIPEI — Taiwan berpegang teguh pada pendiriannya untuk tidak boleh berbagi biaya perekrutan untuk pekerja migran Indonesia oleh majikan, seperti yang diminta oleh Pemerintah Indonesia. Kementerian Tenaga Kerja akan mempertimbangkan kemungkinan untuk mendatangkan pekerja dari negara lain sebagai gantinya. Kementerian menanggapi surat yang diterima pada Oktober dari kantor perwakilan
Lapor Hansip
12-11-2020 09:47

Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain

Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain

Bisnis.com, TAIPEI — Taiwan berpegang teguh pada pendiriannya untuk tidak boleh berbagi biaya perekrutan untuk pekerja migran Indonesia oleh majikan, seperti yang diminta oleh Pemerintah Indonesia.

Kementerian Tenaga Kerja akan mempertimbangkan kemungkinan untuk mendatangkan pekerja dari negara lain sebagai gantinya.

Kementerian menanggapi surat yang diterima pada Oktober dari kantor perwakilan Indonesia di Taipei, yang menyatakan bahwa mulai 1 Januari 2021, majikan Taiwan akan diharuskan membayar 11 jenis biaya untuk pekerja Indonesia sebelum mereka berangkat ke Taiwan, termasuk tiket pesawat. dan biaya pemprosesan paspor dan visa.

Sebelas jenis biaya yang diminta untuk ditanggung Taiwan termasuk biaya perantara tenaga kerja di Indonesia untuk pengasuh, pekerja rumah tangga dan nelayan; dan biaya verifikasi kontrak kerja, sertifikat catatan kriminal, premi jaminan sosial luar negeri, dan pemeriksaan kesehatan di luar negeri, serta transportasi dan akomodasi di Indonesia sebelum keberangkatan.

Surat tersebut mengikuti keputusan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah pada 29 Juli yang mengizinkan dimulainya kembali perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia, setelah terhenti 8 bulan karena pandemi Covid-19.

Ketika mengomentari masalah tersebut, Menteri Tenaga Kerja Taiwan Hsu Ming-chun kepada wartawan Rabu (11/10/2020) seperti dikutip dari https://focustaiwan.tw/, mengatakan bahwa kementeriannya sedang memetakan tindakan balasan, tetapi sampai negosiasi dengan Indonesia selesai karena tidak pantas untuk membicarakannya di depan umum.

Meskipun Jakarta telah meminta majikan Taiwan membayar 11 jenis biaya yang terlibat dalam perekrutan pekerja migran Indonesia, menurut Hsu, tidak disebutkan berapa banyak tambahan yang harus dibayar oleh majikan di Taiwan.

Kemenaker Taiwan telah meminta informasi lebih terperinci tentang istilah yang diperkenalkan secara sepihak oleh Jakarta dan akan membahas masalah tersebut dengan pemerintah Indonesia.

Hsu menyebutkan bahwa kantor perwakilan Taiwan di Indonesia telah diminta untuk membantu mengatur pembicaraan bilateral.

Dia mengungkapkan bahwa pada Konferensi Ketenagakerjaan Taiwan-Indonesia ketujuh pada 2013, kedua negara bersepakat bahwa mereka harus saling memberi tahu jika mereka memutuskan untuk mengubah kebijakan atau sistem ketenagakerjaan mereka dan harus mencapai konsensus melalui negosiasi sebelum kebijakan atau sistem baru diberlakukan.

“Kami tidak bisa menerima ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa jika Indonesia tetap melanjutkan perubahan sepihak pada ketentuan ketenagakerjaan, Taiwan akan mengingatkan agar Indonesia mematuhi kesepakatan yang dicapai pada Konferensi Perburuhan tersebut.

Sementara itu, Kemenaker Taiwan sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan perekrutan pekerja migran dari negara lain dan akan meminta Kementerian Luar Negeri untuk memberi daftar negara-negara tersebut, berdasarkan penilaiannya terhadap keamanan dan diplomasi nasional.

SUMBER


Maksud pemerintah indo sih baik.. biar (calon) TKI ga keluar duit banyak dan ada jaminan saat bekerja d luar negeri (khususnya taiwan).. emoticon-Malu (S)

Tapi ya taiwan ga mau rugi jugalah.. emoticon-Malu (S)

Kasus ini bisa jdi contoh buat buruh2 yg suka demo minta ini itu ke perusahaan.. kalo yg butuh tuh siapa sebenarnya.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
opb4 dan 19 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 12:41
halahh ujung ujungnya di nego terus taiwan luluh hatinya kek es mencair emoticon-Wkwkwk
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 13:31
tki taiwan banyak tu tiktoknya

gw ja liat ampe geleng2, semoga aja ga bcanda juga lah pas kerja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 13:37
baguslah kalau taiwan sudah tau bahaya di balik tipu daya itu.
sekarang bola panas ada di Indonesia. mau warganya bisa kerja di ln, harus benar-benar dulu pemerintah
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 13:43
intinya, aturan macam itu harus disepakati karena yang bayar pemberi kerja di negara lain. apa susahnya ajak pemerintah taiwan bicara?
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 13:47
pemerintah sama aja kek buruh KSPI
buruh disini minta naikin UMP gak kira kira
pemerintah juga ternyata mirip2 kek buruh, tapi terhadap sama negara lain, minta ini itu banyak banget, sampai taiwan ngambek kek gitu

pesan moralnya, sebelum minta ini itu, ngaca dulu, yang butuh itu siapa sih sebenarnya?
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 14:06
Masih bnyk lowongan di malay.. saudi..dll ngapain ke tw bnyk chinany.. ntar nape2.. ujung2ny china indo jg yg salah
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 15:12
kata pemerintah taiwan mungkin "gile mau impor ART aj biayanya kayak mau ngimpor tenaga kerja ahli"
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan valkyr1 memberi reputasi
2 0
2
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 15:38
TKI yang keluar negri berkurang semoga jangan jadi nambah pengangguran.
Ato lebih parah, jangan malah jadi nambah barisan Manusia Gratisan alias Free Man.
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 16:02
"Bayar 11 biaya" udah kerja tempat orang nuntut macam2 yah auto bye. Biar buruh yang nampung jadi pendemo aja.
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 16:23
weleh... padahal taiwan tempat nenek moyang indon berasal
emoticon-Bingung
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 16:45
disana gunung disini gunung
ditengah tengahnya pulau jawa
disana bingung disini makin bingung
yang penting bisa berdemo ria
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 16:47
Kebiasaan palak di dalam negri, dicoba ke luar ga mempan
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 17:22
maka dari itu udah lah kaga usah yang aneh aneh mintanya
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 19:25
Yakin mau pindah rekrut tenaga kerja Filipina?

Gw sih ga yakin.. TKI Indonesia di Taiwan itu di bawah Filipina tapi di atas Bangladesh, dll..

Kalo ama Filipina lebih ribet persyaratan nya.. Orang Indonesia itu masih manut di suruh apapun.. Kalo Filipina, kalo ga ad di kontrak, dia ga mau..

Contoh : suruh Bersihin jendela apartemen di lantai 17.. Orang Filipina pasti ga mau.. Karena itu ga ada di kontrak.. Ada hitung - hitungan nya lagi.. Kalo Indonesia, di kerjain tuh.. emoticon-Malu
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 20:00
Pake buruh dari sodaranya di daratan lbh murah gajinya, kalopun dituruti dilapangan tetep aja tki dimintai duit ama agensi kalo mau berangjat
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Setop Pekerja Indonesia, Taiwan Akan Rekrut Pekerja Negara Lain
12-11-2020 21:15
slamat jalan taiwanemoticon-Leh Uga
profile-picture
valkyr1 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia