News
Batal
KATEGORI
link has been copied
91
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fa8ba7088b3cb0b452886b2/ragam-artefak-ditemukan-di-jalur-proyek-mrt-fase-2-thamrin-kota
Temuan itu disampaikan Ketua Tim Ekskavasi untuk Pembangunan Stasiun MRT Thamrin dan Monas, R Cecep Eka Permana, dalam webinar pada Kamis, 5 November, lalu. Tim itu melakukan ekskavasi hingga kedalaman 2 meter dan menemukan beragam artefak.
Lapor Hansip
09-11-2020 10:41

Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota

Past Hot Thread
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota

Jakarta - Beragam artefak atau benda bersejarah ditemukan di jalur pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A. Artefak itu ditemukan di 14 titik penggalian di sepanjang jalur dari Jalan MH Thamrin hingga Kota.
Temuan itu disampaikan Ketua Tim Ekskavasi untuk Pembangunan Stasiun MRT Thamrin dan Monas, R Cecep Eka Permana, dalam webinar pada Kamis, 5 November, lalu. Tim itu melakukan ekskavasi hingga kedalaman 2 meter dan menemukan beragam artefak.

Berikut ini 14 titik yang diekskavasi:
1. Depan Kementerian Agama
2. Bagian selatan Jalan Kebon Sirih
3. Menara Jam
4. Depan Wisma Mandiri
5. Samping Kementerian ESDM
6. Depan Kementerian ESDM
7. Depan Gedung Indosat
8. Jalur hijau Pintu BD Monas
9. Taman BD Lapangan Merdeka Barat
10. Depan RSS Lapangan Merdeka Barat
11. Pelataran Air Mancur Menari
12. Pagar Barat Lapangan Merdeka Barat
13. Pelataran Air Mancur Menari
14. Sisi lain dari Pelataran Air Mancur Menari


Dalam presentasinya, Cecep menjelaskan, untuk kedalaman 100-150 cm, hanya ditemukan saluran dan kabel-kabel. Artefak ditemukan mulai pada kedalaman 150-190 cm.

"Kedalaman 150-190 cm tanah urukan terdapat artefak berupa fragmen keramik, tembikar, kaca, tulang sebagai bekas aktivitas masa lalu sebelum pembangunan area Thamrin atau sebelum 1960," demikian tertulis dalam bahan presentasi webinar dari Cecep seperti dikutip, Minggu (8/11/2020).

Setelah itu, disebutkan pada kedalaman 200 cm tidak ditemukan artefak lagi serta sudah mulai mengeluarkan air. Untuk ekskavasi di sekitar Monas disebutkan adanya temuan yang kemungkinan dari penataan taman Monas pada 1990-an.

"Sampai kedalaman 100-170 cm umumnya berupa tanah urukan, terdapat sisa struktur, temuan lepas fragmen keramik, logam, tanah liat, merupakan sisa aktivitas masa lalu sekitar lapangan Monas pra atau pasca-pembangunan Monas. Tidak ditemukan lagi struktur masif tinggalan bangunan sebelum penataan Monas 1960-an," imbuhnya.

Dari beragam temuan itu, tim yang dipimpin Cecep tersebut memberikan rekomendasi pembangunan MRT Jakarta Fase 2 tetap dilakukan. Menurutnya, tidak ada temuan arkeologi yang signifikan yang mengganggu proses pembangunan.

"Berdasarkan kotak yang telah digali hingga kedalaman 200 cm, tidak ditemukan struktur atau temuan arkeologis yang signifikan mengganggu proses pembangunan Stasiun MRT Jakarta Fase 2 CP201 Koridor Bundaran HI - Harmoni. Oleh karena itu, direkomendasikan pembangunan MRT Jakarta Fase 2 Stasiun Thamrin dan Monas dapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan kemungkinan adanya temuan arkeologis lainnya," ucapnya.

Sumur: https://news.detik.com/berita/d-5246...2-thamrin-kota


Watdefak Ada Artefak.emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 22 lainnya memberi reputasi
21
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 10:47
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota

artefak yang sudah disiapkan gabener untuk tahun 2050emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EvraeLeonheart dan 35 lainnya memberi reputasi
36 0
36
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 10:50
Pesan moralnya menarik sekali untuk ditunggu brp usia artefak2 ini..emoticon-Traveller
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 10:52
Wih menemukan harta karun nih. Penasaran kaya apa bentuknya
profile-picture
profile-picture
nandaps dan abau. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 10:56
artefak dari rumah warga jakarta yg kelelep banjir jaman dulu.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HadesManes dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 10:59
apakah ada bukti air dimasupin ke tanah? emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
androidiot dan abau. memberi reputasi
2 0
2
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 11:02
Quote:Setelah itu, disebutkan pada kedalaman 200 cm tidak ditemukan artefak lagi serta sudah mulai mengeluarkan air.Untuk ekskavasi di sekitar Monas disebutkan adanya temuan yang kemungkinan dari penataan taman Monas pada 1990-an.


Biar wan abud tolol baca.. emoticon-Malu (S)

Gimana caranya masukin air ke dalam tanah ??.. emoticon-Malu (S)

Vertikal drainase ??.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HadesManes dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 12:02
Air asin kah?
0 0
0
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 12:15
Ane kira artefaknya minimal dari kerajaan pada masa sunda kelapa emoticon-Ngakak
0 0
0
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 12:37
artefaknya periuk periuk. sejak jaman huruf Pallawa sampai tahun 1400 an pantai utara jawa didiami suku periuk. periuk masing masing untuk makan. kalau orangnya meninggal periuknya diletakkan di atas kuburannya karena kepercayaannya, sebelum negara api menyerang. tapi kebiasaan meletakkan periuk di atas kuburan lanjut terus sampai sekarang . Makanya di Jakut tanjung periuk ada makam Mbah Periuk . Itu tokoh masyarakat suku Periuk yg diaku aku pihak lain
Diubah oleh Wisliwatlahperg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anti.liberal dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
09-11-2020 13:37
awas nemu peti vampire
0 0
0
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:36
Aiiih... Tanah DKI Jakarta ternyata penuh harta karun...
emoticon-Wow
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:37
Gak tenggelam dah makasih
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
1 0
1
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:40
irigasi jaman londo banyak disana, kurang maen lu....

apalagi di sisi utara pulau itu yg ada terowongan bawah tanah katanya dulu buat nimbun emas voc..

emoticon-Cool
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:40
artefak warisan sunda empire itu emoticon-Ngakak
0 0
0
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:42
Wat de pak emoticon-Wow
0 0
0
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:45
Ini baru artefak yang berfaedah..

Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 07:58
Artefak tahun 1900an semua 😆 gw kira yg sebelum masehi
0 0
0
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 08:01
banyak bener yah korban masalalu ibukota
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 08:01
Peninggalan jaman dulu bisa menjadi bahan bahan penelitian mengenai sejarah.
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ragam Artefak Ditemukan di Jalur Proyek MRT Fase 2 Thamrin-Kota
10-11-2020 08:12
Ntar Jakarta dibuat balek lagi ke jaman purba, tenang saja
Diubah oleh converti
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia